Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

banner-pnb-galungan_1600206690.jpeg

Selamat Hari Raya Galungan dan Kuningan 2020

belasungkawa_sutama_1598186725.jpg
belasungkawa_suda_1597318137.jpg
banner_-_pnb_zona_integritas_rev_1602030320.jpg

Politeknik Negeri Bali - Zona Integritas, wilayah bebas dari korupsi

wbk_1591601430.jpg
BIPA_PNB_1588953854.jpeg

BIPA PNB

Banner_PTN_PNB_1511581987.jpg

Sampaikan Aspirasi dan Pengaduan Untuk Politeknik Negeri Bali

politeknik_1491092008.jpg
stepForwardEL_1489956711.jpg

Situs Kuliah PNB

Situs kuliah ini hadir sebagai media pembelajaran berbasis ICT. Aktivitas penyediaan materi digital, tugas online, kuis online, dan monitoring kelas pun dapat dilakukan melalui situs kuliah PNB.

Baca Selengkapnya

Selamat Datang di Website PNB

Politeknik Negeri Bali (PNB) yang lebih dikenal dengan nama Poltek Bali merupakan lembaga pendidikan tinggi bidang vokasi yang lebih mengedepankan praktik daripada teori. Pembelajaran di PNB menerapkan pola praktik sesuai dengan tuntutan industri (60%-70%) dan teori (30%-40%) agar lulusan mampu mengisi kebutuhan industri baik dalam negeri maupun luar negeri.

Pelayanan Administrasi tetap buka Senin - Jumat Pukul 08.00 - 15.00 Wita  

Pengumuman Bantuan UKT-PNB 2020 (NEW)

Pengumuman Lelang Bongkaran Rumah

Pengumuman Proses Belajar Mengajar di Lingkungan Politeknik Negeri Bali

Data Pendukung Zona Integritas :

1. Dokumen Pembangunan Zona Integritas
2. SK Direktur tentang Standar Pelayanan Publik
3. SK Direktur tentang Maklumat Pelayanan

PERKUAT PROGRAM LINK & MATCH PNB GANDENG POLNES DAN DUDI KALIMANTAN TIMUR

Samarinda, 22-23 November 2020.

PERKUAT PROGRAM LINK & MATCH PNB GANDENG POLNES DAN DUDI KALIMANTAN TIMUR

Sejak didirikan tahun 1987, Politeknik Negeri Bali (PNB) secara terus menerus selalu berupaya untuk memperkuat Program Link & Match yang merupakan ciri khas pendidikan vokasi. Direktur PNB I Nyoman Abdi menyampaikan bahwa Program Link & Match ini sangat penting untuk terus dikembangkan dan dikuatkan sehingga tujuan pendirian Politeknik di Indonesia yaitu terciptanya lulusan dengan kompetensi yang selaras dengan kebutuhan industri sehingga angka pengangguran terdidik dapat ditekan. Program ini sudah digemakan sejak tahun delapanpuluhan dan secara konsisten dan berkelanjutan PNB terus mengembangkan dan menguatkannya melalui berbagai pola kerjasama. Hingga saat ini PNB sudah memiliki lebih dari 400 Mitra strategis nasional dan internasional dengan berbagai bentuk kerjasama sesuai dengan potensi dan keunggulan yang dimiliki.  Dengan adanya Direktorat Jenderal Vokasi dibawah Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadhim Makarim, kembali program Link & Match ini didengungkan secara luas dengan mengusung Pernikahan Masal antara Perguruan Tinggi Vokasi dengan Dunia Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DUDI). Tentu saja hal ini menambah semangat PNB untuk mengepakkan sayapnya lebih kuat lagi, tidak hanya di Bali, tetapi juga di luar Bali seperti dengan Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dan DUDI di Kalimantan Timur, bahkan juga dengan DUDI yang berskala Internasional, tambahnya.

Sementara itu Wakil Direktur Bidang Kerjasama I Wayan Arya didampingi Kepala Pusat Kerjasama, Pemberdayaan Aset, dan Hubungan Internasional Lilik Sudiajeng menyampaikan bahwa berbagai pola kerjasama telah dikembangkan oleh PNB dengan tujuan utamanya untuk menyesuaikan dengan pergerakan DUDI dan perkembangan teknologi. Pola kerjasama pertama yang dikembangkan adalah pembentukan Dewan Penyantun PNB dimana secara ex-officio di ketuai oleh Gubernar Bali, Wakilnya adalah Bupati Badung dan anggotanya adalah para ketua asosiasi profesi di berbagai bidang serta praktisi industri. Selanjutnya pembentukan Professional Advisory Council & Quality Assurance yang melibatkan world class industries seperti Hilton World Wide, dan Pola yang dikembangkan di awal tahun 2020 ini adalah Tetra Helix Forum dengan menghadirkan 416 DUDI di Kampus PNB, tepatnya pada tanggal 17 Januari 2020 yang ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas bersama untuk membangun SDM unggul Indonesia Maju. 

PERKUAT PROGRAM LINK & MATCH PNB GANDENG POLNES DAN DUDI KALIMANTAN TIMUR

Untuk pengembangan kemitraan dengan Polnes dan DUDI Kaltim, Ketua Unit Kerjasama dan Pemberdayaan Aset PNB Putu Hermawati didamping oleh Ketua  Pelaksana I Gusti Agung Mas Krisna Komala menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu kegiatan Hibah Kampus Pendamping Kemitraan dari Direktorat Kemitraan dan penyelarasan DUDI Kemendikbud RI. PNB diberikan kepercayaan untuk menularkan praktik baik dalam membangun kemitraan dengan DUDI. Dalam pelaksanaannya, PNB menggandeng 5 Satuan Pendidikan Vokasi, yaitu Polnes, Politeknik Nasional Denpasar, SMKN 1 Tejakula, SMKN 1 Sukasada, dan SMK 4 Denpasar. Khusus untuk kegiatan di Samarinda, hadir unsur DUDI Ketua IHGMA Indonesian Hotels General Managers Association IHGMA Kaltim Adith Raharjo didampingi seluruh GM Hotel di area Samarinda, diantaranya GM swiss-belhotel, aston hotel, bumi senyiur resort, mercure-ibis hotel, dan grand kartika hotel. Dari Bali hadir GM The One Legian Hotel dan Branch Manager Golden Rama Tour and Travel. Puncak acara kegiatan ini adalah penandatangan Perjanjian Kerjasama (MoA) di bidang magang industri untuk mahasiswa maupun dosen, dosen tamu serta penguatan kurikulum dan bahan ajar.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

PNB Menggandeng The St. Regis Villa Hotel Bali, Gelar Gathering Branding & Marketing

Jumat (20/11/2020) PNB mnggelar gathering Branding & Marketing bersama manajemen St Regis Bali.

PNB Menggandeng The St. Regis Villa Hotel Bali

Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., dalam acara tersebut menyampaikan sekarang ini saatnya PNB belajar membranding seperti apa  yang sudah dilakukan The  St. Regis, karena PNB dengan St. Regis telah  bekerja sama sejak lama. Baik dalam hal perekrutan staf, pengembangan staf, dan juga banyak manajemen St Regis yang terlibat langsung  mengajar di PNB

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi MoU yang sudah ditandatangani antara PNB dengan St Regis pada 16 Oktober 2020 di Mandalika Lombok yang disaksikan langsung oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kemendikbud RI.

PNB Menggandeng The St. Regis Villa Hotel Bali

Marcel Kloet selaku Hotel Manager The St. Regis Bali sangat menyambut baik tim dari PNB. Pihaknya mengaku sudah sejak lama bekerjasama dengan PNB, yakni sejak 13 tahun. "Kami selalu mempertahankan hubungan kerjasama dengan pihak PNB. Bahkan PNB menyediakan SDM yang mampu bersaing di pasar kerja dengan kualitas yang menjanjikan. Terlebih lagi di era Covid-19 seperti sekarang ini penting untuk memiliki reputasi yang kuat, pasar yang kuat," ucapnya.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Membangun Kemitraan Mewujudkan Kemandirian: Program Kemitraan PNB dan Desa Bongkasa Pertiwi

Program Kemitraan yang diinisiasi oleh Mitras DUDI adalah wujud nyata untuk mendorong satuan pendidikan vokasi (PTV) membangun pola kerja sama yang mengutamakan konsep mutual benefit. Pengayaan secara komprehensif kerjasama IDUKA dengan PTV juga perlu dilakukan. Dalam hal ini, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan berperan sebagai interfacing atau facilitator dalam pengembangan kerjasama antara industri, dunia usaha dan dunia kerja (IDUKA) dengan PTV.

Politeknik Negeri Bali adalah salah satu manifestasi bagaimana pelaksaan program kemitraan terlaksana dengan sinergis. Bukan hanya tentang menjalin kemitraan dengan IDUKA yang mutualis, tetapi menciptakan kemajuan khas dengan dukungan teknologi terapan yang baik.

Karena membangun kemitraan yang konsisten, tidak hanya menciptakan kerjasama yang kolaboratif tetapi ada nilai-nilai yang lahir di sana.

---------

Ikuti informasi mengenai Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) melalui kanal berikut:

Facebook: https://www.facebook.com/mitrasdudi.kemdikbud

Facebook Page: https://www.facebook.com/mitrasdudikemendikbud/

Instagram: https://www.instagram.com/mitrasdudi/

Twitter: https://twitter.com/mitrasdudi

YouTube: Mitrasdudi Kemdikbud

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Donor Darah Sukarela

Jadwal Kegiatan :
1. Di Parkir Bajra Sandhi - Renon: 23, 24, 26, 27 Nop. 2020 (15.00 - 16.00 Wita)
2. Di Parkir Belakang (Nakula) Trans Studio Mall Bali, tgl. 25 Nop. 2020 (15.00 - 18.00 Wita).
3. Di Gd. Serba Guna KOREM 163 Wirasatya - Dps, tgl. 28 Nop. 2020 (08.00 - 13.00 Wita)

Link Pendaftaran Donor Darah :

Senin https://bit.ly/donordarahsenin
Selasa https://bit.ly/donordarahselasa
Rabu https://bit.ly/donordarahrabu
Kamis https://bit.ly/donordarahkamis
Jumat https://bit.ly/donordarahjumat
Sabtu https://bit.ly/donordarahsabtu

 

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

PNB Menggelar Workshop Sistem Penilaian Kinerja dan Remunerasi

PNB Menggelar Workshop Sistem Penilaian Kinerja dan Remunerasi

Gedung Widya Guna, Politeknik Negeri Bali - Rabu, 11 Nopember 2020, dilaksanakan Kegiatan Workshop Sistem Penilaian Kinerja dan Remunerasi. Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom menyatakan bahwa, Usulan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) PNB sudah berada di Biro Umum dan Keuangan Kemdikbud, sebelumnya sudah dilakukan revisi usulan PK-BLU sebanyak tiga kali oleh  Tim BLU dalam waktu yang tidak begitu lama sesuai dengan hasil review dari Tim Reviewer BLU Kemdikbud. Dan semoga usulan PK-BLU PNB segera berproses ke Kementerian Keuangan untuk mendapatkan penetapan menjadi Satuan Kerja dengan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.

Harapannya melalui pelaksanaan Workshop Sistem Penilaian Kinerja dan Remunerasi ini yang dilaksanakan dua hari Rabu dan Kamis peserta mendapat pemahaman yang benar dan jelas terkait dengan indikator-indikator pembentuk Kinerja sebagai dasar dalam penyusunan Rubrik Kinerja Dosen dan Tenaga Kependidikan. Sehingga dengan Ber-BLU maka visi dan misi Politeknik Negeri Bali yaitu Menjadi Lembaga Pendidikan Vokasi Terdepan Penghasil Lulusan Profesional Berdaya Saing Internasional pada Tahun 2025 dapat tercapai.

PNB Menggelar Workshop Sistem Penilaian Kinerja dan Remunerasi

Workshop dihadiri oleh Jajaran Pimpinan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, Tim BLU, Perwakilan Tenaga Kependidikan dari berbagai unsur, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di dalam pelaksanaannya. Sebagai Narasumber dalam Workshop ini Bapak Dr. Ir. Tundung Subali Patma, MT, Ketua Tim BLU sekaligus Ketua Senat Politeknik Negeri Malang, serta Bapak Imam Mulyono, SE., Msi,Ak,CA. AAPB selaku Ketua SPI. Motivasi dari Narasumber terkait Strategi Penyiapan Satuan Kerja menjadi PK-BLU sangat baik, sehingga peserta yang semula mempunyai keragu-raguan menjadi tercerahkan dan bahkan mulai semangat dan optimis menuju BLU, karena esensi BLU adalah meningkatkan kinerja lembaga dan kesejahteraan.

Kegiatan Worshop berjalan lancar, dan ditutup oleh Bapak Direktur dengan ucapan terimakasih kepada narsumber yang telah berbagi ilmu dan pengalaman terkait BLU, dan antusias peserta workshop yang luar biasa mengikuti acara sampai selesai.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Eksistensi Program Kampus Pendamping Melalui Kemitraan PTVP Politeknik Negeri Bali

Eksistensi Program Kampus Pendamping Melalui Kemitraan PTVP Politeknik Negeri Bali

Selasa, 10 November 2020 telah dilaksanakan Foccus Grup Discussion Mapping kerjasama SPVA (Satuan Pendidikan Vokasi Aviliasi) dan PTVA (Perguruan Tinggi Vokasi Aviliasi) dengan IDUKA (Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja) di Gedung Mice, Politeknik Negeri Bali.

Kegiatan ini merupakan program hibah kampus pendamping kemitraan, yang mana dana tersebut disalurkan oleh Direktorat Penyelarasan Hubungan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Politeknik Negeri Bali dalam membangun pusat kerjasama untuk mendampingi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Politeknik agar bisa bekerja sama dengan industri.

Eksistensi Program Kampus Pendamping Melalui Kemitraan PTVP Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Bali mendampingi SMK N 4 Denpasar, SMK N 1 Tejakula, SMK N 1 Sukasada, Politeknik Nasional Denpasar dan Politeknik Negeri Samarinda dan adapun beberapa industri yang menghadiri kegiatan ini yaitu: The One Legian, Swiss-Belhotel, Bali Taman, Taco Casa Villa, Sanctoo Villa, Lila Travel & Tour, Golden Rama dan Bali Village. (Reds: Redaksi Mandiri PNB).

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

WORKSHOP PENYELARASAN IKU/IKK RENSTRA PNB DENGAN IKU KEMDIKBUD PERIODE 2020-2024

PNB, Senin 26 Oktober 2020 dilaksanakan Workshop Pneyelarasan IKU/IKK Renstra PNB dengan IKU Kemendikbud Periode 20020-2024.

WORKSHOP PENYELARASAN IKU/IKK RENSTRA PNB DENGAN IKU KEMDIKBUD PERIODE 2020-2024

Kegiatan yang dilaksanakan secara olnine/Daring di buka oleh Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi SE., MeCom. Dengan menghadirkan dua Nara sumber yaitu: Ibu Cyti Daneela Aruan dari Biro Perencanaan Kemdikbud dan Bapak I Gede Iwan Suryadi SE., MM Ketua Unit Perencanaan PNB.

Direktur PNB dalam sambutannya menyampaikan jajaran pimpinan sangat mendukung kegiatan yang dilaksnakan oleh Unit Perencanaan PNB dalam mewujudkan dan penyelarasan rancangan IKU/IKK Renstra PNB dengan IKU Kemdikbud untuk periode 20202-2024 dan kedepannya setelah kegiatan ini PNB bisa bergerak lebih cepat seperti harapan mas menteri disetiap kesmpatan mas mentri selalu menyampaikan dunia pendidikan hurus bisa bergerak cepat selarah dengan dunia industri utnuk kemajuan bangsa "Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia:.

Ibi Cyti Daniela Aruan dari Biro Perencanaan Kemdikbud RI mengakatakan dalam Worshop ini banyak memberikan materi materi pembelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita di Politeknik Negeri Bali sebagai penyelenggaga pendidikan Vokasi sesuai dengan sosialisasi Kepmendikbud No. 754 tahun 2020 tentang IKU Perguruan Tinggi (PT) vokasi. Dalam penyelarsan dari ditekankan pada 3 sasaran IKU dan 8 Indikator yang harus di capai.

Salah satu IKU (Indikatot Kinerja Utama) untuk PT Vokasi di tahun pertama yang harus dicapai sebanyak 20 Sks dilur kampus, kualitas basicdetail yang nanti ada dalam indikator-indikator seperti yang ditekankan berapa jumlah Dosen yang mencapai keberhasilan seperti yang memilki sertifikasi kompetensi., berkualifikasi, yang terjun ke dunia industri, yang sudah punya pendidikan S3, punya penelitian internasional (jurnal-jurnal ilmilah yang sudah dipublikaikan di jurnal internasional).

WORKSHOP PENYELARASAN IKU/IKK RENSTRA PNB DENGAN IKU KEMDIKBUD PERIODE 2020-2024

IKU  yang salah satunya yang menjadi target seperti yang di kemukakan oleh bapak direktur PNB adalah Tata kelola di lingkungan PNB, Sararan sasaran dan indikator-indikator yang juga merupakan satu kesatuan dari Bapak Menteri (mas Menteri) yang harus Suport karena PT (perguruan tinggi ) merupakan satu kesatuan kementrian yang sudah masuk ke indikator nasional, karena setiap indikator terdefinikan dengan baik, ada sumber data dari kementrian , baik yang di daead lock dari beberapa sistem yang sudah lama ada dan bisa terintergrasi dan akuntable yang bisa dilakukan secara bersama-sama seperti bagaimana perhitungan-perhitungan dan target-target tersebut bisa di capai dengan baik.

Belakangan ini dengan digaungkannya Kampus Merdeka oleh Bapak Menteri seperti yang tercantum dalan indikator yang ke-2 yaitu banyak kegiatan yang dilakukan di luar kampus seperti magang ke industri, Praktek kerja diluar kampus dsb.

Ketua Unit Perencanaan PNB I Gede Iwan Suryadi,SE,MM pada kesempatan ini mengatakan Workshop ini banyak hal yang disampaikan salah satunya adalah: Pengembangan Pnb tahun 2020 -2024

  1. Penguatan mutu layanan pendidikan vokasi
  2. Relevansi berkelanjutan
  3. Peningkatan kualitas pembinaan kegiatan kemahasiswaan.
  4. Penguatan mutu penelitian terapan pengembangan budaya inovatif,instritusi berbasis kearifan lokal.

Disamping itu juga ditekankan juga oleh Ketua Unit Perencanaan PNB dalam IKU ini adalah sasaran strategis PNB, tujuan strategis PNB, visi dan misi PNB dan terakjir adalah Roadmap Pengembangan PNB.

Harapan dari ke dua nara sumber berharap workshop ini dapat memberikan manfaat bagi lembaga Politeknik Negeri Bali, dan IDUKA serta masyarakat tentunya.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Wisuda 1426 mahasiswa Politeknik Negeri Bali di Tahun 2020

Wisuda 1426 mahasiswa Politeknik Negeri Bali di Tahun 2020

Selasa 27/10/2020 bertempat di gedung Widya Padma Politeknik Negeri Bali dilaksanakan wisuda dengan mengambil tema "Era Transformasi Digital, Politeknik Unggul Indonesia Maju" ini digelar secara terbatas yakni melalui Luring dan daring.

Jumlah lulusan yang diwisuda  sebanyak 1426 dengan rincian,  Teknik Sipil 73 orang, Manajemen Proyek Konstruksi 107 orang, Teknik Mesin 105 orang, Teknik Pendingin dan Tata Udara 66 orang, Teknik Listrik 100 orang, Manajemen Informatika 74 orang, Akuntansi 134 orang, Akuntansi Manajerial 160 orang, Administrasi Niaga 140 orang, Manajemen Bisnis Internasional 134 orang, Usaha Perjalanan Wisata 58 orang, Perhotelan 157 orang, Manajemen Bisnis Pariwisata 107 orang, RPL Pariwisata 11 orang.

Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., mengatakan,  wisuda PNB kali ini kita laksanakan secara luring dan daring  Akibat pandemi Covid-19.

Wisuda 1426 mahasiswa Politeknik Negeri Bali di Tahun 2020

Direktur PNB berharap kepada semua wisudawan, agar bisa cepat terserap di dunia kerja. Meski saat ini masih dalam kondisi pandemi, yang tentunya akan sedikit menghambat dalam mendapat pekerjaan. Agar lulusan cepat terserap di dunia kerja, PNB akan terus menjalin kerjasama dengan Hotel Kempinski, PLN, Pemprov Bali, Kementerian ESDM, Hotel St Regis, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) untuk membuka kelas kerjasama.  "Kelas kerjasama ini merupakan kunci dari keberhasilan dalam rangka mengantisipasi pengangguran dari lulusan PNB"

Selamat dan Sukses kepada wisudawan jaga nama baik alamamater, amalkan ilmu dan teknologi kepada masyarakat..."Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia"

#pnb #politekniknegeribali #wisuda #kamivokasi #politeknikahlinya #vokasikuatmenguatkanindonesia

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

MENANGKAN BERBAGAI HIBAH DIRJEN VOKASI, PNB PERKUAT PROGRAM LINK AND MATCH DENGAN DUDI

MENANGKAN BERBAGAI HIBAH DIRJEN VOKASI, PNB PERKUAT PROGRAM LINK AND MATCH DENGAN DUDI

Program link and match sudah lama digemakan sejak adanya fakta kesenjangan antara kompetensi lulusan perguruan tinggi dengan kompetensi SDM yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) di tahun tujuhpuluhan, namun sempat mati suri dan saat ini kembali digemakan secara luas sejak adanya Direktorat Jenederal Vokasi di bawah Kemendikbud RI yang diantaranya memayungi Direktorat Perguruan Tinggi Vokasi dan Profesi dan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI. Melalui kedua direktorat ini, berbagai hibah kompetitif diluncurkan yang kesemuanya bertujuan untuk memperkecil kesenjangan tersebut sehingga program link and match benar-benar terwujud.

Terkait dengan program hibah kompetitif 2020, Politeknik Negeri Bali (PNB) berhasil memenangkan 5 hibah unggulan yaitu hibah Program Peningkatan Perguruan Tinggi Vokasi (P3TV) Jurusan Pariwisata dan Jurusan Administrasi Niaga, Program Penguatan Kemitraan dengan UMKM, Program Penguatan Bursa Kerja Khusus, dan Program Kampus Pendamping Kemitraan antara Satuan Pendidikan Vokasi dengan DUDI dengan total nilai hampir 3 M. Disamping itu, PNB juga mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi bagi calon alumni 2020 dengan biaya sepenuhnya dari Kemendikbud RI. Melalui 5 hibah dan beberapa program tersebut, Politeknik secara intensif terus mengembangkan kemitraan dengan DUDI termasuk didalamya kerjasama dengan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota se-Bali, baik dari segi jumlah maupun kualitas kemitraan, sehingga kompetensi lulusan PNB benar-benar menjadi idaman DUDI. Menyusul keberhasilan program kelas kerjasama PNB-The Apurva Kempinski Bali, saat ini PNB tengah bersiap meluncurkan Kelas kerjasama Bidang Teknologi Properti Manajemen yang digarap intensif dengan St. Regis Bali & Resort; dan kelas kerjasama bidang perpajakan bekerjasama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Perjanjian Kerjasama (MoA) sudah ditandatangani di Novotel Mandalika – Lombok Tengah pada tanggal 16 Oktober 2020, dihadiri oleh Learning & Development manager St. Regis Bali Resort Dewa Putrayadnya; Ketua IKPI Bali I Made Sujana, SE, M.Si., Ak, CA. BKP; Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M.eCom yang didampingi oleh Wadir IV Ir. I Wayan Arya, MT. dan Kepala Pusat Kerjasama, Pemberdayaan Aset dan Hubungan Internasional (PKPHI) Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg. Penandatanganan  MoA juga disaksikan oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Bapak Ahmad Saufi. Tahap berikutnya adalah menyiapkan perangkat pembelajaran mulai dari penyelarasan kurikulum, penyiapan kolaborasi pengajar antara dosen PNB dengan praktisi DUDI (Team Teaching), penyusunan bahan ajar, dan diharapkan mulai tahun ajaran baru 2021-2022 sudah bisa menerima mahasiswa baru. Program kemitraan ini merupakan implementasi dari komitmen bersama yang dibangun melalui pakta integritas Forum Tetra Helix PNB yang dibentuk pada tanggal 17 Januari 2020 dan dihadiri oleh lebih dari 400 peserta DUDI Bali.

MENANGKAN BERBAGAI HIBAH DIRJEN VOKASI, PNB PERKUAT PROGRAM LINK AND MATCH DENGAN DUDI

Selanjutnya Direktur PNB menyampaikan bahwa kemaren, 21 Oktober 2020 Pimpinan PNB mendapatkan kesempatan untuk beraudiensi dengan Bapak Gubernur Bali sebagai Ketua Dewan Penyantun PNB untuk melaporkan kinerja dan capaian berbagai prestasi tersebut serta melaporkan tindaklanjut beberapa tugas yang percayakan oleh Bapak Gubernur kepada PNB, diantaranya pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) pengolah arak Bali yang diharapkan mampu menghasilkan arak dengan rasa khusus yang berhasil menyentuh hati para wisatawan Bali sehingga mempunyai ikatan yang kuat dengan Pulau Dewata ini. TTG lainnya yang juga sedang digarap oleh PNB adalah Pengolah Sampah terpadu untuk menangani berbagai masalah persampahan dalam rangka mewujudkan visi Bali yaitu “NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI”.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Politeknik Negeri Bali Menuju Zona Integritas (ZI WBK)

Politeknik Negeri Bali Menuju Zona Integritas (ZI WBK)

PNB, jumat 23 Oktober 2020, bertempat di Gedung widya Graha, Politeknik Negeri Bali telah dilakukan evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi oleh evaluator dari KemenPan dan RB. Kegaitan evaluasi Pembangunan ZI WBK dipimpin oleh Direktur I Nyoman Abdi, SE., M.eCom didamping oleh Tim RBI Politeknik Negeri Bali, diawali dengan penyampaian  paparan terkait capaian hasil Pembangunan Zona Integritas pada 6 (enam) area Perubahan yang telah dilakukan terutama pada penguatan integritas  dan inovasi sistem pelayanan (before and after) pengusulan ZI-WBK ke MenPan.

Dampak Pandemi covis19 terhadap capaian kinerja dan pemberian pelayanan publik dengan menyertakan tautan/link bukti data dukung dan video Pembangunan Zona Integritas yang diunggah pada Sosial Media/Website Politeknik Negeri Bali. (kanal Youtube Politeknik Negeri Bali - Official).

Politeknik Negeri Bali Menuju Zona Integritas (ZI WBK)

Evaluasi didampingi oleh Tim Penilai Internal TPI Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Proses evaluasi berjalan dengan lancar, Potret pembanguan ZI WBK dipaparkan secara nyata oleh pimpinan dengan mendapat respon positif dari evaluator Menpan.

Closing statement dari Direktur, bahwa Politeknik Negeri Bali sangat siap menyongsong era Zona Integritas dalam mewujudkan peningkatan kualitas pelayan publik serta membangun budaya anti korupsi dan menjunjung tinggi nilai-nilai integritas.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Pemilihan Duta Mahasiswa Berprestasi Nasional 2020

Pemilihan Duta Mahasiswa Berprestasi Nasional 2020

Segenap sivitas akademika Politeknik Negeri Bali mengucapkan selamat kepada Christy Kamaruddin mahasiswi Jurusan Pariwisata atas terpilihnya sebagai Grand Finalist dalam Pemilihan Duta Mahasiswa Berprestasi Nasional tahun 2020, membawa nama kampus Politeknik Negeri Bali dalam ajang pemilihan Mahasiswa-siswi terbaik tanah air tingkat nasional yang diselenggarakan oleh The Platinum Skills.

Ajang pemilihan Duta Mahasiswa Berprestasi Nasional tahun 2020 ini diikuti oleh putra-putri terbaik Indonesia yang berpartisipasi kurang lebih 5.000 mahasiswa terbaik yang masih aktif di bangku kuliah, dari seluruh penjuru nusantara. Setelah melalui proses seleksi yang panjang mulai dari seleksi administrasi, seleksi prestasi, Introduction dan Soft Skill Digital Campaign, proposal program kerja, sampai interview. Christy dinyatakan lulus menjadi salah satu Grand Finalist PDMBN 2020 sebagai salah satu mahasiswi terbaik yang mewakili provinsi Bali.

Mari bersama kita mendukung Christy Kamaruddin dalam acara Grand Finalist PDMBN 2020 yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada tanggal 29-31 Oktober 2020 dengan memberikan like dan komentar positif pada postingan voting finalist melalui Instagram https://www.instagram.com/p/B9LbA2vFRGm/?igshid=fbnlq81pcrb2

Semoga dengan ini lebih banyak lagi mahasiwa/wi Politeknik Negeri Bali yang terus membawa nama baik kampus baik tingkat nasional maupun internsional untuk terus mencetak mahasiswa/wi lulusan terbaik yang Terdepan, Profesional dan Berdaya Saing Internasional.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

33 Mahasiswa PNB Ikuti Kegiatan Table Manner di Hotel NEO+ Kuta Legian

33 Mahasiswa PNB Ikuti Kegiatan Table Manner di Hotel NEO+ Kuta Legian

Unik dan beda, kegiatan Table Manner dan Career Path Development Program yang berlangsung di Hotel NEO+ Kuta Legian, Bali pada akhir pekan lalu. Sebanyak 33 orang mahasiswa Diploma IV didampingi 3 dosen Jurusan Manajemen Bisnis Pariwisata Politeknik Negeri Bali itu tak hanya lihai dalam urusan tata cara dan etika makan diatas meja, tetapi juga tertib dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Wajar, karena ajang ini digelar dimasa pandemi yang wajib mengikuti tatanan kehidupanan era baru atau new normal

Para mahasiswa itu tampak cekatan dalam mempratekan serta menjelaskan etika dan sikap yang sebaiknya dimiliki saat menghadiri jamuan di sebuah tempat makan. Mulai dari mengambil sendok, memegang lalu mengambil menu yang ada di atas meja. Mereka juga menjelaskan tata cara makan yang baik, cara duduk yang sopan, dan cara menggunakan peralatan yang beretika. Dalam kegiatan itu, para peserta ditekankan untuk mengetahui jenis jamuan makan, lalu mengatur posisi duduk, menggunakan peralatan makan, menempatkan serbet serta saat makan

General Manager, I Made Astika Parwata, CHA. mengatakan, kegiatan Table Manner dan Career Path Development Program ini merupakan kerjasama dan kolaborasi antara dunia industri dan dunia pendidikan, khususnya bidang pariwisata.

Sumber : @bali_Travel_News
#pnb #politekniknegeribali #kamivokasi #vokasikuat #menguatkanindonesia #politeknikahlinya
#tablemanner #kuta #legian @disparda_badung @disparbali @phri_bali @baliismylife @politeknik_negeri_bali @neopluskutalegian"

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Direktur PNB Menolak Tegas, Selebaran Aksi Menolak Omnibus Law

PNB, Kamis 22 Oktober 2020.

Direktur PNB Menolak Tegas, Selebaran Aksi Menolak Omnibus Law

Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., e.Com Menolak TEGAS menyatakan bahwa Institusi PNB (BEM-PNB) tidak ikut dalam aksi tersebut, seperti yng tercantum dalam Pamflet Aksi Nasional Tolak Omnibus Law dengan nada provokatif yg beredar dan di tempel di bebrapa tempat strategis, dimana nama PNB tertera di Pamflet tsb.. Direktur dengan Tegas Menolak dan mengklarifikasi bahwa PNB tdk terlibat dalam aksi tersebut. Terkait dengan Pamflet yang mengajak unjuk rasa terhadap pemerintah dengan nada-nada provokatif, kami membantah institusi PNB ikut terlibat tegas Direktur PNB.

Setelah berkoordinasi dengan BEM KBM-PNB, dengan nada sama menyatakan menolak tegas dan tidak ikut terlibat dalam aksi tersebut, apalagi menghibau/mengajak pihak-pihak lain untuk dalam aksi tersebut, Ketua BEM-PNB Windu Wicaksana menyatakan hal yang sama, bahwa BEM PNB tidak ikut terlibat seperti narasi selebaran tersebut. Jadi memang ada oknum yang tidak bertanggungjawab membuat pamflet ajakan aksi yang mengandung pesan seolah-olah mengajak rusuh dan membenturkan masyarakat dan masa yang ingin aksi damai, kemarin saya sudah klarifikasi dengan teman" ketua BEM lainnya dengan cara press conference lewat temen" wartawan dan pers tegas Windu Wicaksana.

Dari sana sudah ketahuan jelas bahwa oknum tersebut tidak bertanggungjawab, tidak mungkin kita mengajak aksi rusuh dan menjelekkan nama instansi sendiri. Kami menegaskan bahwa nama lembaga PNB di selebaran tsersebut tidak benar. Direktur PNB menyampaikan bahwa sivitas akademika PNB saat ini sedang fokus pada bidang untuk mempersiapkan mahasiswa agar bisa belajar dengan baik SDM unggul, tentu dengan harapan, bisa menghasilkan SDM unggul, Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

PDD Politeknik Negeri Bali Jembrana Mewisuda 206 Mahasiswa Secara Daring dan Luring

PDD Politeknik Negeri Bali Jembrana Mewisuda 206 Mahasiswa secara daring dan Luring

PNB, Jembrana Rabu 21 Oktober 2020, wisuda VI mahasiswa PDD Jembrana di Gedung Auditorium Jembrana jln mayor Sugianyar, Civic Center Jembrana, kelurahan Dauh Waru.

Wisuda yang juga dihadiri Bupati Jembrana I PUTU ARTHA, SE, MM.  Dalam sambutannya, hari ini merupakan hari yang istimewa, Wisuda bukan akhir dari sebuah proses tapi awal dari titian untuk berkarir menerapkan ilmu & ketrampilan yg di perolehan selama menempuh pendidikan diharapkan nantinya dapat menjadi generasi Jembrana yg berperan aktif dlm proses pembangunan untuk kemajuan Kabupaten Jembrana.

Jumlah wisudawan tahun ini adalah 206 ornag teridiri 21 orang Prodi Front Office, 127 orang Prodi Food and Beverage Service, dan 58 orang House Keeping.

PDD Politeknik Negeri Bali Jembrana Mewisuda 206 Mahasiswa secara daring dan Luring

Tahun 2020 merupakan wisuda terakhir utk Program Studi Diluar Domisili (PDDD) Kab. Jembrana, tahun depan PDD Jembrana beralih dari D1 Perhotelan menjadi D3 Perhotelan dlm bentuk Kampus Cabang Jembrana PNB

Wadir I Bidang Akademik A.A. Ngurah Bagus Mulawarman, ST., MT. mewakili Direktur PNB Mengapresiasi pelaksanaan Wisuda terakhir PDD, yg mengedepankan protokol kesehatan, wisuda di masa pandemi Covid-19 kali ini hanya dihadiri oleh perwakilan wisudawan sebanyak 30 orang, sisanya wusuda mengikuti secara daring & mengucapkan selamat serta sukses untuk wisudawan/wisudawati, jaga nama baik almamater dengan menonjolkan green etik, yg harus memiliki etika yg baik, jujur, desiplin & ramah.

semoga keberhasilan yg d raih saat ini menjadi pembuka jalan untuk meraih cita-cita masa depan.
SELAMAT DAN SUKSES.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Green Tourism International Seminar (GTIS) Matrappar PNB Diselenggarakan 18 November 2020

Program Magister (S2) Terapan Perencanaan Pariwisata (Matrappar), Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali menyelenggarakan event besar tahun 2020, yakni Green Tourism International Seminar, Rabu, 18  November 2020, mulai pukul 14.00 Wita. Event akbar ini dilangsungkan secara online (Zoom) dengan menghadirkan para keynote speaker dari dalam dan luar negeri serta pakar dari Politeknik Negeri Bali sendiri. Seminar dengan genre unik dan tergolong pertama di Indonesia ini direncanakan diberikan opening speech oleh Direktur Politeknik Negeri Bali (PNB) I Nyoman Abdi SE MeCom dan dibuka Wakil Gubernur Bali Prof Dr Ir Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati MSi.

Tujuan umum kegiatan ilmiah ini adalah mengejawantahkan paradigma green tourism dan sekaligus membudayakan green living di segenap stakeholder kepariwisataan baik di aras nasional maupun internasional. Kenyataannya, selama ini, apa yang terjadi di dunia lebih pada kehidupan bisnis pariwisata yang cenderung masif, kapitalistik, dan tidak ramah lingkungan.

Erika Sedana Ketua Panitia GTIS menandaskan, pesan moral green tourism sangat perlu didengar dan diteladani tidak saja oleh kalangan akademisi dan mahasiswa tetapi juga bagi para pelaku bisnis di mana pun hingga publik seluas-luasnya. Menurutnya, seminar ini sangat dibutuhkan ketika semakin disadari lingkungan begitu menderita akibat egoisme antroposentris dan keserakahan kapitalisme. “Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, pemahaman, sikap, dan perilaku ramah atas lingkungan menjadi semakin krusial. Makanya, pembahasan green tourism dan green lifestyle dalam industri dan masyarakat sangat dibutuhkan”, tutur Direktur Utama Moritz Logistics Indonesia ini.  

Sejalan dengan terobosan Pemerintah Provinsi Bali saat ini yang menggelorakan “Nangun Sat Kertih Loka Bali menuju Bali Era Baru” yang sangat pro-lingkungan, Program Studi Matrappar, Jurusan Pariwisata, PNB berkomitmen mewujudkan green tourism hingga ke ranah-ranah praktis di dunia nyata. Dalam banyak hal, green tourism yang di PNB dikembangkan dalam bentuk kurikulum pendidikan, proses pembelajaran, penelitian, publikasi, dan pengabdian kepada masyarakat berjalan bergandengan tangan tidak saja dengan “Nangun Sat Kertih Loka Bali” tetapi juga dengan gerakan-gerakan global seperti Pembangunan Berkelanjutan dalam rangka  memperbaiki keadaan planet bumi dan isinya ini. Karenanya, green tourism harus dimplementasikan senyatanya dalam konteks kehidupan masa kini.

            Dengan ini, Panitia GTIS mengundang para peminat dan pencinta lingkungan dan pariwisata di seluruh dunia untuk berpartisipasi dan mengirimkan paper terkait. Abstrak bisa dikirimkan ke matrappar-event@pnb.ac.id (Mr Krishna Arya WA +6285935022255). Abstrak tidak lebih dari 500 kata berformat: Purpose; Research methods; Results and discussion; Implication; dan Keywords. Sementara paper berformat: Judul; Nama (para) penulis; Instansi/perusahaan/organisasi (para) penulis; Alamat email (para) penulis; Abstract; Introduction; Research Methods; Results and Discussion; Conclusion; Acknowledgement; References. Contoh dan template abstrak maupun paper dapat disimak di International Journal of Green Tourism Research and Applications (ojs.pnb.ac.id/index.php/IJOGTRA). Paper-paper yang memenuhi persyaratan mekanisme GTIS dan sudah menyelesaikan proses review/edit ulang (bila diperlukan) akan dimasukkan di IJOGTRA 2021 dan diupayakan di jurnal-jurnal lainnya, seperti International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events (ojs.pnb.ac.id/index.php/IJASTE, Terakreditasi Sinta 3) dan Journal of Applied Sciences in Travel and Hospitality (ojs.pnb.ac.id/index.php/JASTH, Terakreditasi Sinta 5) selain GTIS 2020 Proceeding.

            Diperoleh informasi, sebelum dilangsungkan GTIS 2020, Panitia yang merupakan mahasiswa Matrappar angkatan 2020/2021 terlebih dahulu menggelar webinar Global Emerging Tourismpreneurship Trends 2021 pada Selasa, 03 November 2020, pukul 14.00-16.00 Wita, juga melalui Zoom. Para pembicara juga berasal dari dalam dan luar negeri serta speaker dari PNB sendiri.

            Informasi lebih jauh tentang GTIS 2020 maupun Webinar TPT dapat diperoleh di website matrappar.pnb.ac.id dan media-media sosial (FB, IG, Youtube) matrappar atau bisa menghubungi Miss Fajar Yualida WA +6285792606788 atau Miss Irene WA +6281585839398 [m].

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Politeknik Negeri Bali Menggelar Focus Group Discussion Ke 3 Penyusunan Masterplan Penyediaan Air Bersih di Provinsi Bali

Widya Guna-Politeknik Negeri Bali, Senin 19 Oktober 2020

Politeknik Negeri Bali Menggelar Focus Group Discussion Ke 3

Gealaran Focus Group Discussion (FGD) Ke 3 Penyusunan Masterplan Penyediaan Air Bersih di Provinsi Bali merupakan FGD terakhir yang dilakukan oleh team peneliti dari Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Bali atas prakarsa Badan Riset Dan inovasi Daerah provinsi Bali.

Kegiatan FGD ke 3 yang berlangsung  hari senin 19 Oktober 2020 Pkl : 09.00-15.00 Wita di hadiri oleh sejumlah kalangan ; Badan Riset Dan Inovasi Daerah Provinsi Bali, Politeknik Negeri Bali, PDAM Seluruh Bali, PUPR Seluruh Bali, Bappeda Bali, Balai Wilayah Bali Penida, penekanan penting yang disampaikan meliputi :

  • Sistem penmgembangan air regional berdasarkan potensi dan ketersediaan air pada masing-masing wilayah
  • Rencana program penyediaan infrastruktur air bersih
  • Sistem Kelembagaan
  • Sistem tarif berwawasan konservasi lingkungan

FGD ke 3 Penyusunan Masterplan Penyediaan Air Bersih di provinsi Bali dihadiri oleh Wadir IV Bidang Kerjasam I Wayan Arya, ST., MT, menyampaikan ucapan terima kasih terhadap kepercayaan Pemprov Bali yang sudah mempercayakan kajian yang luar biasa ini kepada team peneliti PNB, kita mengharapkan masukan dari para nara sumber dan peserta FGD untuk menyempurnakan kajian yang sedang dibuat.

Politeknik Negeri Bali Menggelar Focus Group Discussion Ke 3

Wadir IV berharap hasil kajian ini berupa road map air bersih Bali dapat bermanfaat bagi masyarakat. Karen ini adalah salah satu peran PNB dalam pembangunan daerah Bali. Acara yang di buka oleh Kepala Badan Riset Provinsi Bali Ir. I mAde Duaja, M.Si. juga menghadirkan pembicara Guru Besar Unud Prof. Dr. Wayan Budiarsa Suyasa, M.S.  yang memaparkan materi tentang Model Konservasi Sumberdaya Air yang di pandu moderator bapak Ida Bagus Lanang Suardana, ST., MT. (red;ins)

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

PDD POLITEKNIK NEGERI BALI LOMBOK BARAT GELAR WISUDA ANGKATAN V

PNB – Lombok, Sabtu 17 Oktober 2020

PDD POLITEKNIK NEGERI BALI LOMBOK BARAT GELAR WISUDA ANGKATAN V

Dengan mematuhi secara ketat protokol kesehatan Covid-19, Bertempat di kampus PDD Politeknik Negeri Bali Lombok Barat yang merupakan Rintisan Akademi Komunitas Negeri Lombok Barat, Direktur PNB yang diwakili Wadir 1 Bidang Akademik A.A.Ngurah Bagus Mulawarman, ST.,MT mewisuda 128 mahasiswa  yang tersebar di tiga program studi antara lain: 58 orang Prodi Akomodasi Perhotelan, 35 orang Prodi Tata Boga dan 35 orang Prodi Hotel Engineering.

Wisuda yang dihadri unsur pimpinan PNB, Pengelola PDD serta unsur pemerintah daerah Lombok Barat, wadir I dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan/wisudawati serta menekankan pentingnya merubah pola pikir untuk lebih kreatif dan diharapkan setelah lulus mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Lombok Barat.

PDD POLITEKNIK NEGERI BALI LOMBOK BARAT GELAR WISUDA ANGKATAN V

Wadir I juga menyampaikan tentang keberlanjutan PDD (program studi di luar domisili) menjadi PDSKU (Program Studi Diluar Kampus Utama) sesaui dengan Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Pembukaan, Perubahan, dan Penutupan Program Studi di Luar Kampus Utama Perguruan Tinggi. Sebanyak 19 orang sudah d rekrut oleh Dunia iIndustri, Selamat dan sukses. (red:ins)

#MitrasDudi #MitraVokasi #VokasiKuat #MenguatkanIndonesia
#pnb #PoliteknikNegeriBali #KamiVokasi #wisudapdd #wisuda #Akn #PDD

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT), dengan tema - Memperkuat Arah Kebijakan Pendidikan Vokasi

PNB – Lombok, 16 Oktober 2020.

Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT), dengan tema - Memperkuat Arah Kebijakan Pendidikan Vokasi

Dalam rangka menindak lanjuti Nota Kesepahaman bersama antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan pihak Kamar Dagang dan Industri (KADIN) yang telah ditandatangani pada tanggal 15 Juli 2020, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  mengadakan kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT), dengan tema “Memperkuat Arah Kebijakan Pendidikan Vokasi”,  diselenggarakan pada hari, Kamis s.d Sabtu, 15 s.d 17 Oktober 2020 di Hotel Novotel Lombok Resort & Villas Mandalika Resort Pantai Putri Nyale, Kuta, NTB.

Pelaksanaan DKT ini bertujuan untuk mendorong terwujudnya Link and Match antara Satuan Pendidikan Vokasi dengan Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA) yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekosistem ekonomi daerah.

Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT), dengan tema - Memperkuat Arah Kebijakan Pendidikan Vokasi

Politeknik Negeri Bali pada kesempatan ini menandatangani MoU dengan IDUKA yaitu St. Regis dengan kerja sama berupa membuka kelas kerjasama Prodi baru yaitu Teknologi Properti Manajemen, dan IKPI (Ikatan Konsultan Pajak Indonesia) yang bekerja sama dengan PNB khususnya jurusan Akuntansi dalam hal peningkatan kompetensi SDM Perpajakan dan Sertifikasi Kompetensi.

Penandatangan ini di saksikan oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), DR. AHMAD SAUFI, S.SI., M.SC. Dalam Sambutan nya mengatakan bahwa PNB harus  siap untuk berkerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka memperkuat pendidikan vokasi Indonesia, karena pendidikan vokasi harus dekat dengan DUDI dan  masyarakat, penguatan kemitraan dilakukan tidak hanya dengan nota kesepahaman, tetapi juga dengan menjamin implementasinya di lapangan mengakhiri kata sambutannya.

Pada kesempatan tersebut hadir Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M.eCom, Wadir IV Bidang Kerja Sama, Ir. I Wayan Arya, M.T., Ketua PKPHI: Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg, Dewa Gede Putra Yadnya, Learning & Development Manager The St. Regis Bali Resort, serta I Made Sujana, SE,  Ketua IKPI cabang Bali.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

PELATIHAN ASESOR KOMPETENSI LSP PNB

Pnb, 12 Oktober 2020.

PELATIHAN ASESOR KOMPETENSI LSP PNB

LSP Politeknik Negeri Bali menyelenggarakan Workshop Pelatihan Asesor Kompetensi sekaligus Assesment Calon Asesor pada tanggal 12-16 Oktober 2020. Dalam proses sertifkasi, LSP PNB membutuhkan banyak asesor. Asesor adalah seseorang yang berhak melakukan asesmen terhadap suatu kompetensi, sesuai dengan ruang lingkup asesmennya. Pelatihan ini berlangsung selama 40 jam yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Bali dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid 19. Pelatihan Asesor Kompetensi kali ini adalah Angkatan ke V yang diselenggarakan oleh LSP PNB.

Materi pembelajaran bagi calon asesor kompetensi untuk kompetensi metodologi asesmen ini dibuat mengacu pada pelatihan asesor kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai satu-satunya badan sertifikasi profesi di tanah air. Dan dalam workshop ini akan diajarkan bagaimana Menyiapkan Uji Kompetensi Bagi Asesor serta Teknik Menguji Kompetensi Mahasiswa Politeknik Negeri Bali. Pada akhir sesi pelatihan akan diadakan Real Asessmen untuk menilai kompetensi peserta dan Proses Sertifikasi Asesor Kompetensi.

PELATIHAN ASESOR KOMPETENSI LSP PNB

Manfaat bagi peserta:

  1. Berhak melakukan assessment di lingkungan LSP PNB yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang merupakan satu-satunya badan sertifikasi profesi di Indonesia.
  2. Memberikan keahlian dalam uji kompetensi di perusahaan maupun diluar perusahaan
  3. Mampu membuat materi uji.

(Red; ins)

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Beasiswa Uji Kompetensi Bahasa Inggris (UK-BIG)

Di sela penerapan kehidupan normal baru atau new normal di ranah pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi Vokasi, UPT Lab Bahasa Pusat PNB selaku satu-satunya Tempat Uji Kompetensi Bahasa Inggris (TUK BIG) di Bali dibawah naungan LSK BIG Jakarta tengah melangsungkan beasiswa Uji Kompetensi Bahasa Inggris kepada mahasiswa PNB. Dalam penerapannya kegiatan ini dilakukan secara offline atau tatap muka, akan tetapi tetap dengan mengedepankan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat seperti: cek suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun, penggunaan masker dan pelindung wajah, serta jaga jarak atau physical distancing. Uji Kompetensi Bahasa Inggris ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur sejauh mana kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa di level Survival English (SE) mengingat bahasa Inggris sangat penting kedepannya di dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Tes Uji Kompetensi Bahasa Inggris ini dibagi menjadi dua jenis yaitu tes tulis atau written test dan tes berbicara atau spoken test dengan alokasi waktu sekitar 120 menit. Kegiatan ini dilaksanakan pada September-Oktober 2020 bertempat di Gedung Widya Padma PNB. Beasiswa UK BIG ini akan diikuti oleh 147 (seratus empat puluh tujuh) orang peserta yang terbagi 3 termin, yakni termin pertama tanggal 29 September 2020 yang telah berlangsung tempo hari, termin kedua yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2020, dan termin ketiga akan dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2020 mendatang. Uji Kompetensi Bahasa Inggris yang dibagi menjadi 3 termin ini masing-masing  diikuti sekitar 49 (empat puluh sembilan) orang peserta. Peserta Uji Kompetensi Bahasa Inggris ini berasal dari jurusan Akuntansi, program studi Diploma 4 Akuntansi Manajerial.

Kegiatan Uji Kompetensi Bahasa Inggris termin pertama pada 29 September 2020 lalu sekaligus juga diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Wakil Direktur 4 PNB  Ir. I Wayan Arya, M.T. selaku wakil direktur bidang kerja sama dan Ketua Unit Lab Bahasa Pusat PNB Dr. I Made Rai Jaya Widanta, S.S.,M.Hum. Pada kesempatan ini tampak mahasiswa begitu antusias dan serius dalam mengikuti jalannya Beasiswa UK BIG ini dari awal hingga akhir acara.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

SOSIALISASI PROGRAM KEMITRAAN PNB – Mitra IDUKA

Badung, Sabtu 10 Oktober 2020

SOSIALISASI PROGRAM KEMITRAAN PNB – Mitra IDUKA

Unit P3M Politeknik Negeri Bali melaksanakan Sosialisasi Program Kemitraan Perguruan Tinggi Vokasi dengan Industri, Dunia Usaha dan  Dunia  Kerja  (IDUKA) di  Desa Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.  Pelaksanaan kegiatan hibah kemitraan PTV-IDUKA ini PNB berkolaborasi dengan mitra IDUKA, Desa Bongkasa Pertiwi, BPD Bali dan PT. TIRTA INVESTAMA AQUA MAMBAL.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M.eCom, dalam sambutan nya Direktur PNB di setaip waktu dan kesempatan beliau selalu menenkankan tentang pentingnya PNB bermitra dengan IDUKA, bahwa PNB bisa berbuat lebih banyak dan Lebih riil buat masyarakat dan kedepannya supaya PNB sealalu terdepan dalam hal kemitraan dengan IDUKA sesuai dengan visi kita Terdepan, Profesional dan Berdaya Saing Internasional, dan kegiatan-kegiatan seperti ini harus kita dengungkan bahwa PNB bisa melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat tentunya melalui program kemitraan.

Kepala P3M PNB I Putu Mertha Astawa, SE,.MM, lebih jauh menmbahkan program ini adalah program Hibah Kemitraan yang dimenangkan PNB dari Direktorat Jenderal Mitras Dudi Kemendikbud, dan bagi P3M kegiatan ini sebagai Hilirisasi hasil riset dan pengembangan Teknologi Tepat Guna dalam mendorong pengembangan UMKM dan BUMDES berbasis kepariwisataan. Harapan semua pihak kedepannya PNB bisa lebih banyak lagi melakukan program serupa bermitra dengan IDUKA untuk kemajuan serta bermanfaat masyarakat. (red ; ins)

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II angkatan 37

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II angkatan 37

PNB, sebanyak 5 orang Teknisi Laboratorium Politeknik Negeri Bali telah mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II angkatan 37 yang dilaksanakan mulai tanggal 17 September 2020 dengan pembelajaran dilaksanakan secara virtual menggunakan metode Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh), dengan memanfaatkan teknologi informasi Learning Management System (LMS) dan aplikasi online video meeting/conference. Memasuki masa akhir diklat, metode klasikal (on campus-1) yang ditandai dengan pelaksanaan seminar rancangan aktualisasi Latsar CPNS yang bertujuan untuk menguji sampai sejauh mana ide kreatif yang dibuat oleh peseta untuk mengatasi permasalahan di tempat kerjanya sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II angkatan 37

Seminar tersebut dilaksanakan pada hari Kamis 8 Oktober 2020 melalui Live Video Conference via Cisco Webex Meeting yang dilaksanakan di Laboratorum Komputer Pusat Politeknik Negeri Bali.

Masing masing peserta memaparkan rancanganya didampingi oleh I Made Suryadana, SE, selaku mentor yang memperkuat argumen peserta, sedangkan coach dan penguji dari Pusdiklat Kemdikbud memberi masukan dan saran terhadap rancangan yg dibuat  oleh Peserta.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

PEMBUKAAN SEMARAK DIES NATALIS XXXIII POLITEKNIK NEGERI BALI

Hari ini, Rabu 7 Oktober 2020 di Kampus PNB dilaksanakan pembukaan Dies Natalis PNB ke XXXIII, Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 7 sampai dengan 9 Oktober 2020 dengan metode daring mengingat pandemi covid-19 di Bali masih terus mengalami peningkatan.

PEMBUKAAN SEMARAK DIES NATALIS XXXIII POLITEKNIK NEGERI BALI

Direktur PNB I Nyoman Abdi, S.E., M.eCom dalam sambutannya menyampaikan tema dies natalis tahun ini “ Kuat Bersama Dalam Kemitraan Pentahelix”. PNB memiliki komitmen yang tinggi untuk menjalin kerjasama dengan: Pemerintah, Perguruan Tinggi (akademisi) IDUKA (mitra industry), Media dan Masyarakat . Sivitas akademika PNB ingin memiliki kemitraan terbaik untuk bisa mewujudkan visi PNB menjadi lembaga pendidikan vokasi terdepan, penghasil lulusan profesional berdaya saing internasional pada tahun 2025.

Pola kemitraan PNB akan diharapkan menjadi refrensi bagi lembaga pendidkan vokasi lainnya dan hal ini dilakukan untuk merespon kampus merdeka dan merdeka belajar ungkap Nyoman Abdi lebih lanjut.

Setelah acara pembukaan dies dilanjutkan  dengan simakrama kegiatan lembaga dengan satker ZI WBK dan BLU,  Lomba conten media sosial dan karaoke antar jurusan di lingkungan PNB.

Acara Simakrame Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBK WBBM) serta Persiapan Politeknik Negeri Bali menuju Badan Layanan Umum (BLU), bertempat di Gedung D4 Teknologi Politeknik Negeri Bali pada tanggal 7 Oktober 2020 dilaksanakan serangkaian dengan pelaksanaan Dies Natalis yang ke 33 Politeknik Negeri Bali. Kegiatan dilakukan secara live melalui official Account youtube Politeknik Negeri Bali dan secara daring live zoom. Peserta Kegiatan Simakrama adalah seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Bali, dengan Narasumber Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, S.E., M.eCom, Wakil Direktur II,   Drs.Ec I Ketut Sukayasa, M.Com, AK serta Ketua Tim BLU, Ir. Made Mudhina, ST.,MT.

PEMBUKAAN SEMARAK DIES NATALIS XXXIII POLITEKNIK NEGERI BALI

Acara Simakrama diawali dengan Pengantar umum oleh Diektur terkait Pembangunan ZI WBK dan WBBM serta Persiapan PNB menuju PK BLU, beliau menyampaikan bahwa Komitmen pimpinan yang tinggi dalam mendorong  percepatan Reformasi Birokrasi di Lingkungan Politeknik Negeri Bali. Perhatian terhadap budaya anti korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan Publik yang merupakan roh Pembangunan Zona Integritas. Selain ZI WBK yang juga menjadi perahatian PNB adalah semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga dengan semakin bertambahnyanya jumlah mahasiswa setiap tahunnya, sehingga memerlukan tata kelola yang handal baik tata kelola bidang Tridharma Perguruan Tinggi, Sumber Daya Manusia, Sarpras, kerjasama serta pengelolaan anggaran yang lebih efektif, efisien, akuntabel dan produktif. Kalau masih Pola Pengelolaan satker (PK-Satuan Kerja) maka akan sangat sulit meningkatkan kinerja organisasi. Maka dengan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) lembaga dapat mengelola dan menggunakan anggaran secara langsung tanpa terhambat oleh birokrasi keuangan. Dengan mnenjadi BLU akan dapat mengaskselerasi pencapaian visi PNB yaitu Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi terdepan Penghasil lulusan Profesional berdaya saing Internasional pada tahun 2025.

“Vokasi Kuat Menguatkan Indonesia” “Politeknik Kuat, Politeknik Maju” “PNB Maju”

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Semarak Dies Natalis 33 PNB - Hari ke-2

Semarak Dies Natalis 33 PNB - Hari ke-2.

Semarak Dies Natalis 33 PNB - Hari ke-2

Dies Natalis 33 PNB diisi dengan kegiatan webinar pembelajaran daring bersama Bapak I Made Andi Arsana, Ph.D, dilanjutkan lomba pembelajaran daring yang melibatkan dosen dari perwakilan jurusan,  pembukaan olimpiade Akuntansi, dan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dengan IDUKA,  Penyerahan SK Penerima dan Kartu Anggota Inkubator Bisnis, Pengabdian Masyarakat PNB, Perform Jurusan Administrasi Niaga, Teknik Mesin, Akuntansi, Pariwisata, Teknik  Elektro, Teknik Sipil dan Tendik.

Selesai acara penandatanganan MoU dengan IDUKA, Direktur PNB I Nyoman Abdi S.E., M.eCom menyampaikan keunggulan PNB dengan keberhasilan melakukan kemitraan tidak hanya melalui MOU, namun sudah diimplementasikan menjadi perjanjian kerjasama (PKS). PKS yang sudah dilakukan yakni pelaksanaan kelas kerjasama dengan PLN, Kemudian Kelas kerja sama jurusan pariwisata D3 perhotelan dengan The Apurva Kempinsky Bali, kerja sama kementerian ESDM dan Pemprov Bali terkait Prodi Energi Baru Tebarukan.

Sementara, kelas kerjasama yang akan dirancang selanjutnya adalah bersama Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) dan ikatan akuntan Indonesia (IAI), dalam bidang akuntansi perpajakan. dalam waktu dekat PNB juga akan menjalin kerjasama dengan Hotel ST Regis dalam membentuk Prodi Teknologi Manajemen Properties.

PNB juga bekerjasama dengan 176 SMK. Sehingga, sinergi antara PNB dengan SMK bisa mewujudkan SDM unggul, Indonesia maju.

Direktur Utama BPD Bali,I Nyoman Sudharma mengapresiasi kerjasama yang sudah terjalin antara PNB dan BPD. Pihaknya berjanji akan berupaya untuk terus meningkatkan kerjasama dalam berbagai hal, termasuk kerja sama pemberdayaan Bumdes dan UMKM.

Dewa Putrayadnya selaku Learning and Development Manager St Regis menyakpaikan terima kasih kepada PNB karena selama ini telah menjalin kerjasama. Dengan kerjasama ini, kami berharap bisa melahirkan SDM yang siap pakai dan mampu bersaing di Internasional. Kita siap mendukung program kedepan untuk memajukan pendidikaan di PNB.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Webinar Series 3 Magister Terapan Perencanaan Pariwisata Bahas COVID-19 dengan Pendekatan TUNA Scenario Matrix

Situasi pandemic Covid-19 yang sedang dihadapi bersama menuntut para pelaku usaha kepariwisataan merombak ulang strategi mereka dalam memberlakukan pariwisata keberlanjutan yang harus menyesuaikan standar protokol kesehatan dan gaya hidup new-normal. Karenanya Program Magister Terapan Peencanaan Pariwisata (Matrappar), Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali menggelar Matrappar Webinar Series 3, Selasa, 29 September 2020, pukul 14.00-16.00, via Zoom dengan tema “Strategic Reframing of Sustainable Tourism Industry During Covid-19 Pandemic: A foresight of TUNA Scenario Matrix”. Webinar yang dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi SE, M.Si ini dipandu moderator kenamaan Erika Sedana, mahasiswa Matrappar yang juga Direktur Utama Moritz Logistics Indonesia ini diikuti oleh dua ratusan peserta dari seluruh Indonesia dan negera tetangga, Malaysia dan Singapura, serta Australia.

   

Suzy Hutomo

Levie Lantu

 

Salah seorang pembicara Suzy Hutomo CEO of the Body Shop Indonesia, memaparkan dengan sangat baik bahwa isu pariwisata keberlanjutan pada era ini telah menjadi tren di kalangan para wisatawan. Berdasarakan survey yang dilakukan oleh Agoda dan Booking,com secara daring, sekitar 58% - 68% wisatawan memilih untuk tinggal di properti yang eco-friendly. Dalam sebuah press release oleh Agoda International Indonesia Country Director, Gede Gunawan, menyebutkan bahwa sekitar 40% wisatawan akan menghabiskan ekstra $10 per malam untuk tinggal di property yang memiliki konsep wisata berkelanjutan. Lebih lanjut, situs www.tourismtiger.com menyebutkan bahwa 60% wisatawan tidak keberatan untuk membayar lebih untuk brand property yang memiliki konsep wisata berkelanjutan yang menunjukkan komitmen dari brand itu kepada nilai sosial dan lingkungan.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Politeknik Negeri Bali hari ini melaksanakan Test CBT (Computer Based Test) bagi calon pegawai

Pnb Selasa 29 September 2020.

Politeknik Negeri Bali hari ini melaksanakan Test CBT (Computer Based Test) bagi calon pegawai

Politeknik Negeri Bali hari ini melaksanakan Test CBT (Computer Based Test) bagi calon pegawai, yang merupakan kelanjutan dari serangkaian Tes Kompetensi Bidang (SKB) CPNS secara online. Seleksi Kompetensi Bidang  terdiri dari SKB non computer based test (CBT). SKB dengan CBT secara daring dilaksanakan untuk mendapatkan Aparatur Sipil Negara yang berkualitas sesuai dengan peraturan pemerintah no 11 tahun 2017 tentang manajeman ASN, Test CBT secara online yang meliputi materi a) Literasi bidang pendidikan dan kebudayaaan, b) Kemampuan bahasa inggris c) penalaran dan pemecahan masalah ) dimensi psikologi. Tes CBT dilaksanakan di lab komputer pusat dengan jumlah peserta 23 orang.

Politeknik Negeri Bali hari ini melaksanakan Test CBT (Computer Based Test) bagi calon pegawai

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Pelaksanaan Tes Praktek Mengajar (Microteaching) CPNS secara online

PNB Selasa, 22 September 2020,

Pelaksanaan Tes Praktek Mengajar (Microteaching) CPNS secara online

Pelaksanaan Tes Praktek Mengajar (Microteaching) CPNS secara online, merupakan lanjutan dari test hari pertama, Penilaian Tes Microteaching bertujuan untuk menggali kompetensi teknis maupun terapan peserta, sesuai dengan latar belakang keilmuan serta implementasinya di tempat tugasnya. Diikuti oleh 15 peserta dari pelamar Dosen. Pelaksanaan tes berjalan sukses. Tes lanjutan akan dilaksanakan tgl 29 September 2029, yaitu tes CBT (computer base test).

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Tes Kompetensi Bidang dalam Tahun Anggaran 2019

PNB Senin, 21 September 2020.

Tes Kompetensi Bidang dalam Tahun Anggaran 2019
Bertempat di Lab Komputer Pusat Politeknik Negeri Bali, hari ini diselenggarakan Tes Kompetensi Bidang dalam Tahun Anggaran 2019. Politeknik Negeri Bali mendapatkan 8 formasi yang terdiri dari 5 formasi dosen dan 3 formasi tenaga kependidikan. Peserta yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB bidang wawancara sebanyak 24 peserta dan praktek mengajar 15 peserta). Pelaksanaan seleksi kompetensi Bidang (wawancara dan microteaching), dilaksanakan secara online dengan menggunakan 4 ruang laboratorium komputer Politenik Negeri Bali. Pelaksanaan Tes Wawancara berjalan dengan tertib dan lancar.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Penutupan PKKMB XXXI 2020 - Politeknik Negeri Bali

Pada hari ini Jumat 11/9/2020 di gedung Widya Graha Politeknik Negeri Bali (PNB) dilaksanakan acara penutupan PKKMB XXXI 2020 secara daring.

Penutupan PKKMB XXXI 2020 - Politeknik Negeri Bali

Direktur Politeknik Negeri Bali (PNB) I Nyoman Abdi, S.E., M.eCom dalam kesempatan ini menyampaikan pesan kepada mahasiswa baru PNB agar selalu mampu menjaga citra PNB melalui kesungguhan,  semangat, berjuang dan bekerja keras dalam proses pembelajaran baik di kelas, workshop maupun bengkel sehingga nantinya bisa meraih kesuksesan baik saat kuliah maupun setelah menamatkan pendidikan di PNB.

Penutupan PKKMB XXXI 2020 - Politeknik Negeri Bali

Disiplin, bertanggung jawab, kerja keras dan prestasi jangan pernah dilupakan karena itu adalah ciri dari mahasiswa PNB. Mari kita secara bersama sama berjuang agar bisa membawa PNB berdiri tegak. Generasi muda angkatan 2020 generasi yang kita andalkan untuk bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, sehingga visi PNB sebagai lembaga pendidian tinggi vokasi terdepan penghasil lulusan profesional berdaya saing internasional pada tahun 2025 akan bisa diwujudkan kata Bapak Direktur dalam mengakhiri sambutannya.

#pendidikanvokasi
#Politeknikpastiahlinya
#Politekniknegeribali
#pnb
#kamivokasi
#PKKMB2020"

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Dukung Politeknik Negeri Bali menuju Zona Integritas

Politeknik Negeri Bali

Dukung Politeknik Negeri Bali menuju Zona Integritas

Ayo Bersama Membangun Indonesia
Dukung Politeknik Negeri Bali menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dengan turut berpartisipasi dalam mengisi survey persepsi anti korupsi dan persepsi pelayanan publik. @rbkunwas

Dukung Politeknik Negeri Bali menuju Zona Integritas


#PoliteknikNegeriBaliMenujuZonaIntegritasWilayahBebasdariKorupsi
#ZIWBK
#politeknikPasti
#politeknikAhlinya
#terdepan
#profesional
#berdayasaingInternasion

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

PKKMB XXXI 2020 Politeknik Negeri Bali - Hari ke-3

Widya Graha PNB, Rabu 9 September 2020

PKKMB XXXI 2020 Politeknik Negeri Bali - Hari ke-3

Memasuki hari ketiga pelaksanaan PKKMB PNB secara daring menghadirkan pemateri bapak Wadir III, I Gusti Ngurah Bagus Catur Bawa, ST,M.Kom, yang  membidangi kemahasiswaan dan sering disebut “Bapaknya Mahasiswa PNB “. Pada sesi ini wadir III menyampaikan materi: Peran Perguruan Tinggi Dalam Mengembangkan Mahasiswa  Sebagai Aset Bangsa.  Pengembangan kemampuan intelektual, keseimbangan emosi dan penghayatan spiritual mahasiswa agar menjadi warganegara yang bertanggungjawab serta berkontribusi pada daya saing bangsa. Pengembangan mahasiswa sebagai kekuatan moral dalam mewujudkan masyarakat madani (civil society) yang demokratis, berkeadilan dan berbasis pada partisipasi publik jelas wadir III. Mahasiswa baru walaupun secara daring tampak antusias banyak sekali yang mengajukan pertanyaan krn materi ini mengena kepada mahasiswa sendiri, dimana wadir III menjelaskan Ormawa, Beasiswa, internet kampus, Bakat, Minat dan Kemampuan serta yang paling penting Hak dan Kewajiban Mahasiswa PNB.

Hari ketiga ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama Wadir III tentang kemahasiswaan dan sesi kedua diisi oleh UP2KK (Unit Pengembangan dan Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan), Ketua Unit UP2KK PNB, A. A. Putri Indrayanti.

Untuk hari keempat besok (10/9/2020) selanjutnya pelaksanaan PKKMB XXXI PNB akan terbagi ke jurusan masing-masing untuk pengenalan jurusan lebih dalam kepada mahasiswa baru. (red;ins)

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Di Tengah Suasana Pandemik, Matrikulasi Magister Terapan Perencanaan Pariwisata Bertaburan Bintang

Di Tengah Suasana Pandemik, Matrikulasi Magister Terapan Perencanaan Pariwisata Bertaburan Bintang

Kegiatan Matrikulasi Program Magister Terapan Perencanaan Pariwisata (Matrappar), Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali, yang dibuka Senin 07 September 2020 oleh Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi SE MeCom sungguh suasana yang agak berbeda. Matrikulasi online ini berlangsung hingga Sabtu 12 September 2020. Di tengah pandemi yang belum kunjung usai sejak awal tahun ini dan suasana di mana bisnis pariwisata sangat tidak normal, ternyata jumlah mahasiswa tidak terlalu berkurang dibandingkan tahun lalu (2019). Hal ini menandai Matrappar mulai mengena di hati masyarakat.

Mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 Matrappar mencapai 31. Matrappers (mahasiswa Matrappar) terdiri atas 15 laki dan 16 perempuan. Sebagaimana tahun lalu, mahasiswa angkatan kedua (Gen2) ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Lampung, Bandung, Bekasi, Jakarta, Surabaya, Lombok, Samarinda, dan Bali sendiri. Bahkan dua di antaranya lulusan luar negeri. Yang membuat bangga Matrappar, Jurusan Pariwisata, dan PNB adalah terdaftarnya ke dalam angkatan ini GM-GM serta manajer-manajer hotel bintang, terutama Bali dan Lombok. Ada juga CEO perusahaan-perusahaan besar di Bali. Tidak mengherankan, sejumlah pihak menyebut Matrappers tahun ini bertaburan “bintang”. Apalagi Matrappar sejak awal ber-image The School of Managers in Tourism dengan tagline: Learn-Link-Lead.

Di Tengah Suasana Pandemik, Matrikulasi Magister Terapan Perencanaan Pariwisata Bertaburan Bintang

Terkait dengan semua pencapaian bagus di atas, Nyoman Abdi dalam sambutannya mengapresiasi Jurusan Pariwisata dan Prodi Matrappar sedemikian tinggi. Matrappar adalah salah satu Prodi di Jurusan Pariwisata yang layak disertifikasi dan terakreditasi internasional. Bahkan menurutnya, tahun depan, setelah selesai mengadakan Akreditasi Program Studi 4.0 tahun 2020, Matrappar sangat pantas mengajukan program doktor (S-3) terapan. Bila ya, PNB akan bersaing dengan PENS (Surabaya) dan Polinema (Malang) menjadi lembaga politeknik negeri di Indonesia yang memiliki program doktor terapan pertama di Indonesia. Ini tugas berat dan menantang bagi Matrappar, Jurusan Pariwisata, dan PNB tetapi sangat menarik!

Menurut Ketua Panitia Matrikulasi Ni Gst Nym Suci Murni, yang didampingi tim panitia ini seperti Rian (sekaligus host acara pembukaan) dan Kezia, selain dosen-dosen Matrappar sendiri, kegiatan ini menampilkan Kepala Dinas Pariwisata Bali Ir I Putu Astawa MMA dengan Studium Generale “Geliat Kewirausahaan Bisnis dan Industri Pariwisata di Era Tatanan Kehidupan Baru” pada acara pembukaan. Bahkan di hari terakhir atau menjelang penutupan, ditampilkan kuliah umum industrial dari I Ketut Purna Wirananta SST.Par dengan “Strategi Bisnis Restoran Menyiasati Ketakpastian Masa Depan” (live di Youtube Matrappar). Purna adalah pengusaha sukses pemilik lima restoran yang tergabung dalam Taco Casa Group. Ia adalah Matrapper Gen1 yang direncanakan lulus tahun depan.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

PKKMB XXXI HARI KEDUA

Widya Graha PNB, Selasa 8 September 2020

PKKMB XXXI HARI KEDUA

Pada kegiatan PKKMB secara daring ini mulai pkl. 06.30 sd, 11.00 WITA, Pelaksanaan PKKMB XXXI Politeknik Negeri Bali, memasuki hari kedua, dengan pemateri pada sesi pertama Wadir I, A.A.Ngurah Bagus Mulawarman, ST.,MT, menjelaskan tentang Sistem Pendidikan Politekni Negeri Bali meliputi regulasi, jenis pendidikan, program pendidikan, beban belajar serta kompetensi lulusan Politeknik. Wabah pandemi Covid-19 membuat bangsa Indonesia terpaksa keluar dari zona nyaman.

Saat ini, mau tidak mau banyak orang yang menggunakan teknologi konferensi jarak jauh, (daring) Proses Pendidikan di Politeknik Negeri Bali dimasa Pandemi menggunakan system Pembelajaran Online dan Simulasi dengan Platform digital sesuai jurusan / Prodi masing-masing. "Ini adalah kesempatan pembelajaran bagi kita supaya menjadi lebih siap, wabah pandemi Covid-19 ini berdampak terhadap proses transformasi ke online learning yang lebih cepat. Masyarakat dinilai telah lebih cepat dan akrab dengan kondisi online learning jelas Wadir 1.

PKKMB XXXI HARI KEDUA

Pada sesi kedua yang sekitar 50 menit Wadir II, Drs. Ec.I Ketut Sukayasa,M.Com,Ak menjelaskan tentang Struktur Organisasi, Bidang Administrasi Umum, Keuangan dan Kepegawaian, yang ada di Politeknik Negeri Bali.

Pada sesi ketiga Wadir IV Ir. I Wayan Arya, M.T memaparkan bidang Kerja Sama Politeknik Negeri Bali, cukup banyak PNB telah melakukan kerjasama dengan Universitas lain baik dalam negeri maupun luar negeri meliputi: Kerja sama dengan kampus dalam negeri, Kerja sama dengan industri dan masyarakat dalam negeri, Kerja sama terkait pelatihan dan sertifikasi: LSP PNB, Kerja sama terkait Laboratorium Bahasa PNB, Kelas Kerja Sama.

PKKMB XXXI HARI KEDUA

Secara keseluruhan kegiatan berjalan lancar Walaupun dilaksanakan secara daring, mahasiswa baru sangat tinggi keingintahuan nya tentang sistem pendidikan Politeknik, Struktur Organisasi dan bidang kerjasama ditandai dengan banyaknya maba yg mengajukan pertanyaan pada hari kedua pelaksanaan PKKMB ini.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB XXXI) Politeknik Negeri Bali

Widya Graha, Senin 7 September 2020

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB XXXI) Politeknik Negeri Bali

PKKMB XXXI Politeknik Negeri Bali dilaksanakan secara daring melalui media ZOOM MEETING & Live Streaming Youtube, ditengah Pandemi Covid-19.

Menurut Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., PKKMB XXXI 2020 mengambil tema "Membangun generasi berkarakter Pancasila, yang produktif, inovatif dan bersinergi dengan revolusi industri 4.0, dalam memasuki kehidupan tatanan Era Baru".

Tujuan PKKMB ini adalah  untuk memberi wawasan kepada mahasiswa baru, sehingga  mereka harus siap menempuh pendidikan di perguruan tinggi Vokasi dan bisa mejadi insan yang mandiri, yang punya kedisiplinan, semangat untuk menata masa depan yang lebih baik. Termasuk juga memberi wawasan kebangsaan. Karena insan yang unggul ini harus memiliki karakter pancasila, semangat NKRI, dan semangat kebhinekaan. PKKMB tahun ini pelaksanaannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, walapun dilaksanakan secara daring tidak mengurangi makna serta tujuan dari dilaksanakan nya kegiatan ini.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB XXXI) Politeknik Negeri Bali

Wadir III PNB, I Gusti Ngurah Bagus Caturbawa, S.T., M.Kom, mendampingi Direktur menambahkan, situasi pandemi Covid-19 saat ini, aktivitas kampus terbatas untuk melakukan kegiatan secara langsung/tatap muka. Pelaksanaan PKKMB tahun ini, dari Kementerian sudah memberikan panduan untuk pelaksanaan secara daring. Baik itu melalui media webinar, maupun media lain melalui jaringan internet.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia, I Made Agus Putrawan, S.T., M.T., PKKMB di PNB tahun 2020 ini, diikuti oleh sebanyak 2145 orang peserta. Dengan rincian, sebanyak 2120 orang mahasiswa baru dan 25 orang mahasiswa yang tahun lalu belum lulus. Kegiatan PKKMB ini, dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 7-11 September 2020.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Tes SKB 2020

Gedung Widya Graha, 31 Agustus 2020

Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Tes SKB 2020

Dihadiri oleh Direktur, Wadir I, II, III, dan Panitia SKB. Acara dibuka oleh Bapak Direktur Politeknik Negeri Bali, I. Nyoman Abdi, SE., M.eCom. arahan beliau agar persiapan Tes SKB ini disiapkan dengan sebaik-baiknya dan maksimal, termasuk penyediaan infrastrukturnya,  dengan tetap mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Tes SKB 2020

Hal ini akan meningkatkan citra pelayanan PNB terhadap peserta tes SKB selaku penerima layanan. Pewawancara dan Penguji Tes Peraktek Mengajar wajib memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan wawancara, khususnya dalam menggali hard dan soft competency. Disamping itu pewawancara harus memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan aplikasi "confererence" yang akan digunakan, untuk menjaring calon PNS yang berkomitmen dan berkopentensi tinggi, dengan pelibatan pimpinan dan semua kajur yang mendapatkan formasi (Kajur Tenik Sipil, Kajur Teknik Mesin, Kajur Teknik Elektro, dan Kajur Akuntansi). Kegiatan Tes SKB (CBT), dan non CBT (wawancara dan Tes praktek Mengajar dilakukan secara online).

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Audiensi Jajaran Pimpinan Politeknik Negeri Bali dengan BEM KBM PNB

Widya Guna Senin, 31 Agustus 2020, Jajaran Pimpinan PNB Direktur beserta jajarannya melakukan audiensi dengan perwakilan mahasiwa yang diwakili oleh ormawa, BEM KBM PNB.

Audiensi Jajaran Pimpinan Politeknik Negeri Bali dengan BEM KBM PNB

Audiensi ini merupakan audiensi yang kedua kalinya dilakukan selama masa pandemi covid 19, untuk menjaring aspirasi mahasiswa dalam audiensi ini Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom berdiskusi secara kekeluargaan dimana mhsw adalah anak didik kita, segala "uneg-uneg", keluh kesah serta permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa kita selaku pengelola hrs cepat tanggap/respon akan permasalahan mahasiswa.

Audiensi kali ini memfokuskan pada pembiayaan perkuliahan hampir semua lapisan masyarakat terkena dampak nya lebih-lebih mahasiswa PNB merasa terkendala dalam pembayaran UKT untuk tahun ini, dalam auidensi ini tercapai kesepakatan sementara bahwa akan ada keringanan pembayaran UKT bagi mahsiswa PNB dengan skema penyesuaian besaran UKT sesuai prosentasse besaran UKT ujar direktur PNB sesuai ketentuan yang berlaku.

Audiensi Jajaran Pimpinan Politeknik Negeri Bali dengan BEM KBM PNB

Keringanan ini bkn berarti penghapusan UKT tetapi sesuai dengan kebijakan kampus tentunya juga mengacu pada peraturan Kemendikdub RI. I Gede Windu Wicaksana selaku Ketua BEM KBM PNB ditemui setelah audiensi berharap kepada temen-temen mahasiswa apapun permaslahannya silahkan sampaikan kepada kami selaku BEM KBM PNB merupakan Organisasi Kemahasiswaan yg mewadahi aspirasi/perpanjngan tangan mahasiswa dengan lembaga, mahasiswa jgn sampai mengadu ke pihak eksternal, krn PNB adalah kampus kita, manfaatkanlah saluran aspirasi temen-temen melalui Ormawa yg ada di PNB.

Mari kita bersama-sama mengawal aspirasi kita, saya mahasiswa, kita mahsiswa ayo kita perjuangkan aspirasi kita sesuai dengang kaidah yang berlaku  tambah I Putu Dede Pratama Putra salah satu wakil mahasiswa yang ikut audiensi. Diakhir diskusi perwakilan mahasiswa menyerakan dokumen berita acara kepada direktur PNB di dampingi bapak I Gusti Ngurah Bagus Caturbawa, S.T., M.Com. selaku wadir III Bidang Kemahasiswaan. (red-ins)

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Tes Serologi ECLIA

Politeknik Negeri Bali, Jumat, 28 Agustus 2020

Tes Serologi ECLIA

Sebanyak 223 Pegawai Politeknik Negeri Bali terdiri dari 147 Pegawai Negeri Sipil dan 76 tenaga kontrak dilakukan Tes Serologi ECLIA bertempat di Gedung Widya Padma, yang dibagi menjadi 3 Sesi, Sesi Pertama sebanyak 90 orang, Sesi kedua 90 orang, sedangkan untuk sesi ketiga sebanyak 43 orang. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19 dengan memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki ruangan dan menjaga jarak. 

Tes Serologi ECLIA antibodi SARS_Cov-2 berbasis lab bertujuan mendeteksi antibodi lgM dan lgG terhadap SARS-CoV-2 dalam darah. Hasil tes serologi ini bisa reaktif atau nonreaktif. Bila hasilnya nonreaktif, tandanya di tubuh kita belum ada antibodi SARS-CoV-2. Jika hasil tes reaktif berarti ditubuh kita terdapat antibodi SARS-CoV-2.

Tes Serologi ECLIA

Tes Serologi ECLIA ini juga dihadiri dan diikuti oleh Direktur Politeknik Negeri Bali dan jajaran pimpinan, dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa lembaga sangat konsen terhadap pencegahan, pengurangi penyebaran dan melindungi civitas akademik dari resiko Covid19, dengan melakukan langkah cepat, tepat, fokus, dan bersinergi untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

BUSINESS EXPO AN 2020, AJANG KREATIFITAS WIRAUSAHA MAHASISWA

Badung (16/08).

BUSINESS EXPO AN 2020, AJANG KREATIFITAS WIRAUSAHA MAHASISWA

Sebagai salah satu Jurusan yang fokus dalam meningkatkan kualitas mahasiswa dalam berwirausaha, Jurusan Administrasi Niaga melaksanakan Business Expo 2020 @anbusinessexpo yang berada di Jurusan Administrasi Niaga PNB. Hari pertama dilakukan sesi pembukaan pada tanggal 14 Agustus 2020 yang dibuka langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Bali, serta diikuti oleh kunjungan stand oleh masing - masing dosen pembimbing. Menurut Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., acara ini diharapkan memacu kreatifitas mahasiswa di tengah pandemi Covid 19, " Saya berharap kepada seluruh adik adik mahasiswa keluarkan kreatifitas".

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti sebanyak 40 stand mahasiswa yang masing masing didampingi oleh para dosen pembimbing. Di akhir acara, 16 Agustus 2020, dilakukan acara penutupan di 61 Coffe yang sekaligus menjadi peserta stand mahasiswa yang mendapatkan dua kemenangan di kategori yang berbeda dalam rangkaian Business Expo tahun ini. Ketua Jurusan Administrasi Niaga, Dr. I Ketut Santra, M.Si mengapresiasi kegiatan ini walaupun di tengah keterbatasan , " Saya berharap semangat ini jangan pernah pudar walaupun jaman cepat berubah, selamat untuk panitia dan peserta stand acara berjalan dengan lancar" ujarnya.

BUSINESS EXPO AN 2020, AJANG KREATIFITAS WIRAUSAHA MAHASISWA

Business Expo dilaksanakan pada 14-16 Agustus 2020.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Kunjungan Internalisasi Inspektorat Jenderal Kemdikbud ke Politeknik Negeri Bali

Kamis, 13 Agustus 2020, bertempat di Gedung Widya Guna Politkenik Negeri Bali

Kunjungan Internalisasi Inspektorat Jenderal Kemdikbud ke Politeknik Negeri Bali

Acara dihadiri oleh Itjen Kemdikbud, Direktur Politeknik Negeri Bali beserta Jajaran Pimpinan, para Manajer Area Perubahan dan seluruh anggota Tim Zona Integritas.

Acara dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Bali, menyatakan bahwa komitmen Pimpinan PNB sangat kuat dalam mendorong upaya-upaya pembangunan Zona yang menyangkut 6 area perubahan (Penguatan Manajemen Perubahan, Penguatan Ketatalaksanaan, Penguatan SDM Aparatur, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas pelayanan Publik). Beberapa program-program perubahan telah dilaksanakan PNB, diantaranya internalisasi program ZI-WBK melalui Penunjukan figur-figur yang bisa dijadikan panutan sebagai agen perubahan sesuai dengan tata nilai yang diusung PNB yang diperkuat dengan Surat Keputusan Direktur Nomor Nomor 327/PL8/OT/2019 tentang  Agen of Change, telah dilakukan pengelolaan media/aktivitas interaktif yang efektif untuk menginformasikan pembangunan ZI kepada  internal dan stakeholder secara berkala, Komitmen Pimpinan berperan sebagai role model dalam pelaksanaan Pembangunan WBK/WBBM, menuju “New Normal PNB”, Komitmen pimpinan dalam memperluas kerjasama dengan dunia Industri.

Kunjungan Internalisasi Inspektorat Jenderal Kemdikbud ke Politeknik Negeri Bali

Selanjutnya Inspektur Jendral I Kemdikbud (Bapak Sutoyo) didampingi Tim Itjen Ibu Vinny dengan jabatan fungsional auditor Muda Itjen Kemdikbud, menyampaikan kesan pertama memasuki Politeknik Negeri Bali mempunyai aura yang sangat baik dan terkesan dengan komitmen pimpinan yang begitu kompak. Hal ini akan mendorong  reformasi yang menyeluruh mulai dari tingkat satuan pengamanan, cleaning service, pegawai, dosen sampai dengan tingkat pimpinan mempunyai pemahaman yang sama, perubahan pola pikir, budaya kerja yang penuh dengan jiwa pelayanan yang tinggi.

Sebagai pesan terakhir dari Inspektur Jenderal agar PNB terus berbenah diri dengan melakukan komunikasi dan kedekatan yang intensif dengan pengguna layanan/stakeholder sehingga mengurangi terjadinya gap antara harapan pengguna layanan dengan kinerja layanan yang diberikan.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

POLITEKNIK NEGERI BALI GELAR FGD PENYUSUNAN MASTERPLAN PENYEDIAAN AIR BERSIH DI BALI

Bukit Jimbaran.

POLITEKNIK NEGERI BALI GELAR FGD PENYUSUNAN MASTERPLAN PENYEDIAAN AIR BERSIH DI BALI

Politeknik Negeri Bali (PNB) menggelar Focus Group Discussion (FGD) terkait Penyusunan Masterplan Penyediaan Air Bersih di Provinsi Bali, Rabu (12/8). Bertempat di Gedung Widya Guna kampus setempat, FGD ini bertujuan untuk menyiapkan strategi bagaimana menyikapi kondisi air bersih di Bali.

Menurut Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., FGD ini merupakan tindak lanjut kerjasmama PNB dengan Pemprov Bali. "Ini dalam rangka ikut memberikan kontribusi, apa yang perlu diantisipasi dalam rangka penyediaan air bersih. Seperti diketahui, potensi air bersih di Bali masih memang memadai. Namun antisipasi kedepan kalau tidak direncanakan dengan baik, tentu potensi sumber daya air (SDA) yang ada, akan tidak bisa menyuplai dalam jangka panjang.

Untuk itu lanjut direktur PNB, harus ada kolaborasi dari hulu ke hilir. Bagaimana penyiapan air bersih, sehingg Bali bisa selamat dan bisa mengelola air bersih dengan baik. Ini kata dia juga sebagai bentuk dukungan terhadap program besar Gubernur Bali, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang sebagian besar memerluka program pendukung.

POLITEKNIK NEGERI BALI GELAR FGD PENYUSUNAN MASTERPLAN PENYEDIAAN AIR BERSIH DI BALI 2

Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali I Made Gunaja yang hadir pada FGD ini sebagai bagian dari kajian atau penelitian penyusunan masterplan penyediaan air bersih di Bali, yang mana, Pemprov Bali bekerjasma dengan PNB. Disamping lima program prioritas dari Pemprov Bali, tentu juga dibutuhkan adanya program penunjang. Salah satunya adalah, bagaimana menyediakan infrastruktur kebutuhan air di Bali. "Itulah yang kini dikembangkan, supaya Bali dengan pertumbuhan wisatawan mancanegara 3,3 persen pert ahun. wisdom hampir 10 persen, tentu ini mejadi perhatian," katanya.

Dengan pertumbuhan wisatawan dan juga pertumbuhan hotel yang cukup tinggi, Bali tentu membutuhkan pasokan air bersih yang cukup. Ini kata dia, harus di rancang betul, bagaimana menyediakan air, supaya pertumbuhan  penduduk dan pariwisata, bisa terpenuhi. "Jangan sampai ada isue kalau di Bali terjadi krisis Air bersih," ucapnya.

Sementara, salah seorang anggota tim Penyusunan Masterplan Air Bersih, Ir. Made Mudhina, MT., kerjasama yang dilakukan PNB dengan pemerintah Provinsi Bali melalui badan riset dan inovasi berbicara tentang masterplan air beraih. Mengingat, persoala di Bali selama ini, terjadi kesenjangan antara ketersediaan dan kebutuhan. Potensi air selama ini kata dia, tidak tersebar secara merata. Ada kawasan tertentu bisa berlebihan dan kawasan tertentu bisa kekurangan. "Untu itu diperlukan integrasi pengelolaan sumber daya air. Sehingga tata kelolanya menjadi satu wadah. Dengan adanya wadah ini nantinya akan terintegrasi antar wilayah di Bali," ujarnya.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Webinar Nasional dan Training of Trainer (TOT) tema Link and Match Politeknik Negeri Bali dengan SMK se-Indonesia untuk mewujudkan SMK Unggul dalam Bingkai Rumah Vokasi

PNB - Senin 3 Agustus 2020.

Webinar Nasional dan Training of Trainer tema Link and Match Politeknik  Negeri Bali dengan SMK se-Indonesia untuk mewujudkan SMK Unggul dalam Bingkai Rumah Vokasi

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali (PNB), kembali menggelar kegiatan Web Seminar (Webinar) Nasional dan Training of Trainer (TOT). Seminar ini mengambil tema "Link and Match Politeknik  Negeri Bali dengan SMK se-Indonesia untuk mewujudkan SMK Unggul dalam Bingkai Rumah Vokasi".

Webinar dibuka oleh Direktur SMK Kemendikbud RI, Bapak Dr. Ir. M. Bakrun, MM dan sebagai keynote speaker 1 Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI, Dr. Ahmad Saufi, S.Si., M.Sc. Keynote Speaker 2 Dr. Made Gede Wirakusuma, SE., M.Si., Ak., CA selaku Ketua IAI Wilayah Bali.

Selaku pembicara Dosen Jurusan Akuntansi PNB, Ketut Arya Bayu Wicaksana, SE., M.Si., AK., dan Dr. Nyoman Darmayasa, BKP., Ak., CA., CADE., CAAT., CPMA., CPA. Webinar Nasional ini, diikuti sebanyak 731 peserta, yang sebagian besar adalah Guru SMK berasal dari seluruh wilayah Indonesia.

Webinar Nasional dan Training of Trainer tema Link and Match Politeknik  Negeri Bali dengan SMK se-Indonesia untuk mewujudkan SMK Unggul dalam Bingkai Rumah Vokasi

Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., dalam sambutannya mengatakan  Webinar ini dilakukan  untuk mendukung  program  "Nikah Masal" atau dalam artian link and match  antara dunia pendidikan  dengan dunia industri.   SDM unggul bisa diraih dengan baik, dengan tidak mengesampingkan SMK dan guru gurunya tanpa terkecuali,"

Sementara itu, Ketua panitia Webinar Nasional, I Ketut Parnata, SE. MMA, CA, CADE, CAAT. mengatakan,  webinar  Nasional  ini bertujuan supaya guru-guru SMK ter-upgrade  ilmunya, terutama  di bidang perpajakan  dan akuntansi pemerintahan.  Sehingga apa yang disampaikan pad a siswanya nanti akan berguna dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Pelaksanaan Ujian UMPN Mandiri TBS (Test Bakat Scolastik) - PNB berjalan dengan lancar dan sukses

Politeknik Negeri Bali, 01 Agustus 2020.

Pelaksanaan Ujian UMPN Mandiri TBS (Test Bakat Scolastik) - PNB berjalan dengan lancar dan sukses

Astungkare, pelaksanaan Ujian UMPN Mandiri/TBS (Test Bakat Scolastik) berjalan dengan lancar dan sukses. Pelaksanaan ujian diikuti oleh sekitar 900an calon mahasiswa tentunya dengan tetap mentaati protokol kesehatan covid-19, dimana setiap peserta wajib mnggunakan masker,serta APD lainnya dan sebelum memasuki area kampus dilaksanakan pengecekan suhu tubuh. Kepada yg datang ke PNB tanpa kecuali, peserta yang tidak memenuhi syarat kita pulangkan, dan kapasitas ruangan hanya diisi 15 orang peserta uajar Pak Agung selaku Wadir I, diahrapkan dengan kegiatan tersebut kita menghindari penyebaran virus corona. Test UMPN Mandiri berlangsung mulai pkl. 09.00 sd. 11.30 WITA. Wadir 1 PNB A.A Ngurah Mulawarman, ST. MT. mengucapkan terima kasih kepada calon mahasiswa, Pengawas serta panitia yg telah bekerjasama demi suksesnya kegiatan Ujian Mandiri ini.

Pelaksanaan Ujian UMPN Mandiri TBS (Test Bakat Scolastik) - PNB berjalan dengan lancar dan sukses

Lebih jauh Direktur PNB I Nyoman Abdi, S.E., M.eCom, mengaatakan Test Ujian Mandiri ini yang kita sebut TBS/Test Bakat Scolastik, bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana, sampai sedalam mana calon mahasiswa atas peminatan terhadap prodi-prodi yang di inginkan, dari hasil test ini akan berhubungan dengan kesuksesaan mahasiswa tersebut jika nnti kuliah di PNB. Test TBS ini sesungguhnya untuk membantu calon mahasiswa akan minat yang diinginkan, sehingga nanti sukses kuliah di PNB dan sesungguhnya kesuksesan ini akan di bawa ke dunia kerja.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

POLITEKNIK NEGERI BALI - THE APURVA KEMPINSKI BALI MENGUATKAN KOMITMEN BERSAMA MEMBANGUN SDM UNGGUL BIDANG PARIWISATA

POLITEKNIK NEGERI BALI - THE APURVA KEMPINSKI BALI MENGUATKAN KOMITMEN BERSAMA MEMBANGUN SDM UNGGUL BIDANG PARIWISATA

Memasuki era tatanan kehidupan Bali baru, Politeknik Negeri Bali (PNB) dan the Apurva Kempinski Bali kembali menguatkan komitmen bersama membangun SDM Unggul bidang pariwisata, yang ditandai dengan penandatanganan Surat Perjanjiann Kerjasama (MoA) pada tanggal 29 Juli 2020 di Pala Restaurant – the Apurva Kempinski Bali – Nusa Dua.

Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M.eCom didampingi oleh jajaran pimpinan PNB menyampaikan bahwa kerjasama kedua belah pihak ini sudah dimulai sejak tahun 2019 dalam bentuk penyelenggaraan kelas khusus setara D1 Perhotelan selama 2 semester. Untuk tahun 2020 ini, kerjasama ditingkatkan menjadi program D3 Perhotelan selama 6 semester dengan target mahasiswa sebanyak 120 orang. Melalui kerjasama ini kedua belah pihak sepakat menyatukan potensi (resource sharing) dalam bentuk SDM dan Sarana-prasarana pembelajaran.

Lebih jauh Wadir Bidang Akademik A.A. Bagus Mulawarman, ST., MT. menyampaikan bahwa Proses pembelajaran akan dibagi menjadi dua, yaitu penyampaian teori selama 3 semester di PNB dan praktek kerja selama 3 semester di Kempinski. Baik dalam pelaksanaan pembelajaran teori maupun praktek, mahasiswa diajar dan dibimbing oleh tim dosen dari PNB dan tenaga professional dari Kempinski. Setelah menyelesaikan masa studi, lulusan akan memperoleh ijazah D3 Pariwisata dari PNB dan sertifikat kompetensi bertaraf internasional dari Kempinski.

Sementara itu GM the Apurva Kempinski Vincent Guironnet menyampaikan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk komitmen Kempinski untuk ikut membangun SDM Unggul – Indonesia maju. Beberapa keistimewaan dari program ini, mahasiswa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan ilmu teori dan praktis baik dari dosen PNB maupun dari para professional Kempinski. Mahasiswa memiliki pengalaman praktek dengan sarana prasarana berstandard internasional dan up to date untuk hotel bintang 5 yang belum tersedia di PNB. Selama masa parktek di Kempinski, mahasiswa akan diberikan uang saku oleh Kempinski dan setelah selesai studi, lulusan akan masuk ke dalam data base Professional in Hospitality dalam jaringan Kempinski. Dengan membawa nama PNB dan Kempinski, lulusan memiliki peluang besar untuk meniti karir dengan daya saing internasional di bidang hospitality. 

Kerjasama PNB-Kempinski ini sangat sejalan dengan kebijakan Kemdikbud RI Tentang Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Wadir Bidang Kerjasama Ir. I Wayan Arya, ST., MT. menambahkan bahwa PNB memberikan apresiasi yang tinggi bagi para industri yang memiki komitmen untuk ikut membangun SDM Unggul seperti yang dilakukan oleh kempinski. Kedepannya diharapkan lebih banyak lagi unsur dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang tergugah dan mengikuti langkah kempinski, tidak hanya di bidang pariwisata, tetapi juga bidang tata niaga lainnya seperti bidang administrasi niaga dan akuntansi serta bidang teknologi baik teknik sipil, elektro, maupun teknik mesin. Semakin banyak DUDI yang peduli maka program Bapak Presiden Jokowi dalam membangun SDM Unggul untuk Indonesia maju akan dapat segera terwujud.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Seleksi Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Bali, Senin 27 Juli 2020.
Seleksi Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah Politeknik Negeri Bali

Sebanyak 6 orang Aparatur Sipil Negara mengikuti ujian dinas secara daring (online) yang dilaksanakan  pada hari Senin, 27 Juli 2020 bertempat di Laboratorium komputer pusat Politeknik Negeri Bali.

Masing-masing peserta ujian diberikan username dan password untuk bisa login dan mengerjakan soal Ujian Dinas  melalui laman http://ujiandinas.sdm.kemdikbud.go.id/ selesai mengikuti ujian dilanjutkan mengisi form evaluasi dan monitoring peserta ujian dinas.

Pelaksanaan ujian dinas berlangsung tertib, semua peserta berhasil mengikuti ujian sampai selesai.

Seleksi Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Ijazah Politeknik Negeri Bali

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Magister Terapan Perencanaan Pariwisata Terima Pendaftaran Online Calon Mahasiswa Baru 2020/2021 hingga 20 Agustus 2020

Program Magister Terapan Perencanaan Pariwisata (Tourism Business Planning) Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali menerima pendaftaran online calon mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 hingga batas akhir tanggal 20 Agustus 2020. Hal ini ditegaskan oleh ketua program studinya Dr. I Gede Mudana, M.Si, beberapa waktu lalu. Menurut Mudana, angkatan ini akan menjadi generasi kedua (Gen2) di mana Gen1 (angkatan tahun akademik 2019/2020) mau memasuki semester III (ganjil). Ujian masuknya yang terdiri atas tes tulis, wawancara, dan tes kepribadian dilaksanakan pada 26 Agustus 2020. Bila situasi pandemi Covid-19 (Corona) tidak membaik, tentu semua jenis ujian ini dilaksanakan online.

            Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui sion.pnb.ac.id dengan terlebih dahulu meng-upload scan bukti pembayaran pendaftaran Rp. 600 ribu ke rekening atas nama BPN 037 Politeknik Negeri Bali dengan nomor rekening 035.01.21.00008-4 (BPD Bali). Setelah itu, prosesnya sangat sederhana yakni dengan hanya mengunggah scan ijazah S1/D4 (boleh dari semua bidang ilmu) dan transkrip nilai terkait, serta scan KTP dan pasfoto. Karena suasananya masih pandemik, syarat-syarat lainnya bisa diurus belakangan.

            Diperoleh informasi, sepanjang semester ini (genap) atau sejak pertengahan Maret 2020 sampai saat ini, kuliah-kuliah di Program Magister Terapan Perencanaan Pariwisata atau Matrappar berlangsung online penuh karena situasi pandemi Covid-19 yang belum selesai. Meskipun demikian, berbagai program unggulan terpenting yang dicanangkan tetap jalan. Misalnya, Matrappar saat ini hampir setiap bulan menjalankan Webinarnya dengan dukungan host kenamaan Erika Sedana yang adalah mahasiswa Matrappar sendiri. Webinar Matrappar yang untuk pertama kali berlangsung Senin, 08 Juni 2020, bahkan menjadi yang pertama di lingkungan Politieknik Negeri Bali. Demikian juga, program studi bermoto LEARN-LINK-LEAD ini sedang menyiapkan lima mahasiswa (Matrappers) Gen1 menuju keberangkatan ke University of Angers, Perancis, tahun ini juga untuk kegiatan Double Degree-nya.

            Informasi pendaftaran calon mahasiswa baru Matrappar dapat diperoleh melalui komunikasi email matrappar@pnb.ac.id dan mobile 081239997510 sedangkan hal-hal lainnya berkenaan dengan sepak terjang The School of Managers in Tourism dan kegiatan pembelajarannya selama ini (sebelum Covid-19) dapat ditemukan di media-media sosial resmi Matrappar (website, FB, IG, dan YouTube) (Mud).

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

“VIRTUAL GRADUATION” Perpisahan Darmasiswa Politeknik Negeri Bali Secara Online

Politeknik Negeri Bali, Senin, 20 Juli 2020.

“VIRTUAL GRADUATION” Perpisahan Darmasiswa Politeknik Negeri Bali Secara Online

Masa pandemi pandemi Covid-19, PNB sebagai Institusi, Darmasiswa dan pihak terkait tidak mengurangi kegembiraan dan kebanggaan kita semua dalam melaksanakan acara perpisahan/kelulusan Darmasiswa PNB secara Darinng/online.  Acara “Virtual Graduation” ini menjadi alternatif acara perpisahan Darmasiswa PNB di tengah pandemi virus Corona.

 

Acara diawali sambutan Ketua Program Darmasiswa, Kadek Dwi Cahaya Putra, S.Pd., M.Sc.

Untuk tahun 2019/2020, ada 9 orang peserta dari 2 benua yaitu Asia dan Eropa atau dari 7 negara yaitu; dari Asia ada 2 orang, dari India. Dari benua Eropa, diwakili oleh 5 negara yaitu Rusia (2 orang), dan dari Turki, Polandia, Hungaria, Slowakia, dan Kazakshtan masing-masing sebanyak 1 orang.

Program Darmasiswa di PNB adalah Program Bahasa Indonesia. Jadi, mahasiswa belajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk penutur Asing) sebanyak 4 tingkat yaitu A1, A2, B1, dan B2. Selain BIPA, mahasiswa juga belajar budaya. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan di Unit Bahasa, selama 3 kali dalam 1 minggu masing-masing selama 4 jam pembelajaran, ditambah dengan kelas budaya yang dilaksanakan selama 1 bulan sekali. Pembelajaran berlangsung dari awal September 2019 sampai dengan akhir Juni, 2020.

Yang menjadi ciri khas dari program Darmasiswa di PNB adalah program Sit-in di Jurusan yaitu mahasiswa mengikuti beberapa mata kuliah sesuai dengan latar belakang Pendidikan, pengalaman, dan minat mereka. Adapun pembagiannya adalah 4 orang di Jurusan Pariwisata, dengan dosen pembimbing Bapak Ketut Budarma, 2 orang di jurusan Administrasi Niaga dengan dosen pembimbing Bapak Wayan Edi Arsawan dan I Wayan Wirga, 1 orang di Jurusan Akuntansi dibimbing oleh Pak Sudiarta, pak Suandi, dan pak Ambara, di Teknik Elektro oleh Bapak Candra Wineta, dan di Teknik sipil oleh Bapak Sudiasa.

Selain belajar di kelas, mahasiswa asing juga terlibat aktif di beberapa kegiatan di kampus seperti ikut menyumbangkan tari kreasi kelompok pada acara Dies Natalis dan Gathering tetra Helix. Mahasiswa asing yang berasal dari Turki, Busra, juga ikut menjadi salah satu MC waktu Tetra Helix. Selain itu, mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan Pengabdian masyarakat / Community Services, kolaborasi PNB dengan MSU Malaysia; penanaman Mangrove, kunjungan ke Pusat penangkaran Penyu, & Panti Asuhan.

Akan tetapi, seperti kita ketahui dan alami bersama, akibat dampak global dari pandemic Covid-19, ada beberapa mahasiswa yang memutuskan untuk pulang lebih awal ke negara masing-masing yaitu Saudari Lucia (Slowakia), Diana (Hungaria), Kasia (Polandia), dan Madiyar (kazaksthan), dan terakhir Elena Barinova dari Rusia. Jadi, sampai sekarang ada 4 orang mahasiswa yang masih tinggal di Indonesia atau Bali.

Terima kasih Albina, Busra, Vj, dan Rj, untuk tetap tinggal di Bali. Akibat dari Pandemi Covid-19 ini, tahun ini juga tidak ada program Darmasiswa atau dibatalkan. Dan kegiatan perpisahan nasional yang rencananya diadakan di Jawa juga tidak bisa dilaksanakan. Mudah-mudahan tahun depan atau 2021, kita sudah bisa menerima mahasiswa Darmasiswa seperti biasa.

Tidak lupa kami dari tim pengelola Darmasiswa, menghaturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan dari Bapak/Ibu pimpinan Lembaga, di PKPHI, ketua Jurusan, Unit Bahasa, Tim pengajar Bahasa, budaya, & pembimbing program Sit-In, dan tentunya rekan2 di PKPHI. Demikian sambutan ketua Program Darmasiswa PNB.

“VIRTUAL GRADUATION” Perpisahan Darmasiswa Politeknik Negeri Bali Secara Online

Direktur Politeknik Negeri Bali, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom.

Kosep Program Darmasiswa ini, meskipun suasana pandemi covid-19, inilah yg terbaik, PNB sudah bisa menyelenggarakan dgn baik, terbukti sampai saat ini masih ada yang tetap bertahan di PNB meskipun sebagian ada yg meninggalkan Bali. Kita berharap tahun-tahun kedepan bisa lebih baik lagi mlkasnakan prgram ini, pengalaman ini kita jadikan pelajaran, cepat atau lambat PNB akan berhadapan dgn international student.

Terima kasih kepada peserta program Darmasiswa yang telah berkontribusi kepada PNB selama berada di PNB. Mudah-mudahan memori ini mnjadi album cantiknya PNB, dan album itu akan menjadi sejarah yang tidak kami lupakan.  Selamat berkakrir di negara masing2, pengalaman indah di bali, khususnya Kampus PNB adalah kampus yg nyaman untuk belajar, semoga alumni Darmasiswa PNB bisa mempromosikan PNB di negara nya masing-masing, "Walaupun telah resmi lulus, PNB akan tetap menjadi rumah dan selalu terbuka untuk semuanya." demikian pesan Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M.eCom. dalam sambutannya.

Selanjutnya Direktur membacakan Kelulusan masing-masing peserta Program Darmasiswa Politeknik Negeri Bali. SELAMAT & SUKSES.

"Virtual Graduation ini merupakan hadiah terindah bagi peserta program Darmasiswa PNB, kurang lebih 1 tahun kebersamaan akhirnya dapat ditutup dengan perpisahan yang sangat berkesan melalui virtual graduation," (humas)

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan, Darmasiswa

Read more

UJIAN DINAS DAN UJIAN KENAIKAN PANGKAT PENYESUAIAN IJAZAH

Widya Graha PNB, Selasa 21 Juli 2020.

UJIAN DINAS DAN UJIAN KENAIKAN PANGKAT PENYESUAIAN IJAZAH

Kenaikan pangkat merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil terhadap Negara, serta sebagai dorongan kepada Pegawai Negeri Sipil untuk lebih meningkatkan prestasi kerja dan pengabdiannya. Disamping harus dipenuhi persyaratan umum diperlukan persyaatan khusus yaitu mengikuti dan lulus ujian Dinas.

Ujian Dinas bagi Pegawai Negeri Sipil yang telah menduduki Pangkat Pengatur Tingkat I golongan ruang II/d untuk memperoleh kenaikan pangkat menjadi Penata Muda, golongan ruang III/a wajib mengikuti dan lulus Ujian Dinas Tingkat I. Bagi Pegawai Negeri Sipil yang telah menduduki Pangkat Penata Tingkat I golongan ruang III/d, untuk memperoleh kenaikan pangkat menjadi Pembina, golongan ruang IV/a wajib mengikuti dan lulus Ujian Dinas Tingkat II.

Pelaksana Ujian dilaksananan secara daring (online) melalui laman http://ujiandinas.sdm.kemdikbud.go.id/ Yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2020. Sebagai persiapan pelaksanaan ujian dinas dilakukan sosialisasai ujian Dinas yang dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2020 kepada peserta Ujian untuk memahami mekanisme pelaksanaan ujian dinas yang diikuti oleh 6 peserta. Hal tersebut dilaksanakan mengikuti prosedur dari kementerian pendidikan dan kebudayaan dalam menghadapi era Industri 4.0

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Workshop Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kependidikan Dalam Menyongsong Politeknik Negeri Bali Menuju Satuan Kerja Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi (Zi Wbk)

PNB-Senin, 20 Juli 2020.

Workshop Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kependidikan Dalam Menyongsong Politeknik Negeri Bali Menuju Satuan Kerja Zona Integritas Wilayah Bebas Dari Korupsi (Zi Wbk)

Bertempat di Gedung Widya Guna lantai II, PNB melaksanakan workshop Pelayanan Prima Bagi Tenaga Kependidikan, dengan pemateri dari lingkungan PNB sendiri:

  1. Ibu Kadek Eni Marhaeni, S.E., M.M, Dosen pengampu Mata Kuliah Mice, Hospitality Management
  2. Dr. I Ketut Budarma, M.Par., MMTHRL, Dosen pengampu Mata Kuliah Komunikasi Bisnis dan Outbond Tour, serta sebagai staf ahli Direktur Bidang Kerjasama.

Kegiatan Workshop dibuka oleh Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE. M.eCom. sangat mengapresiasi kegiatan ini dan belaiu berpesan Politeknik Negeri Bali telah dipilih sebagai Satuan Kerja Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sudah diajukan ke MENPAN untuk memperoleh sertifikat WBK.

Untuk pelaksanaan pembangun Zona Integritas di PNB Pimpinan telah berkomitmen melaksanakan Pencanangan Zona Integritas dan Pimpinan sebagai Role model dalam pembangunan Zona Integritas melalui penguatan 6 area perubahan antara lain 1). Manajemen Perubahan, 2) Penataan Ketatalaksanaan, 3) Penataan Sistem Manajmen SDM, 4) Penguatan Akuntabilitas, 5) Penguatan Pengawasan, 6) Penguatan Kualitas Pelayanan Publik. Salah satu upaya yang ditempuh adalah melalui Worshop Pelayanan Prima bagi Tenaga Kependidikan dalam memperkuat kuaitas layanan pelayanan Publik. Kemudian Komitmen Pimpinan juga telah disambut dengan dukungan dari ASN di dalam melaksanakan Pembangunan Zona Integritas.

Ibu Kadek Eni Marhaeni, S.E, M.M., Dosen Politeknik Negeri Bali, Pengampu Mata Kuliah Mice dan Hospitality Management dengan materi Pelayanan Prima dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Tentang tata cara Geeting, grooming, Handling complaint, Work Etict yang sangat berguna dalam meningkatkan citra positif PNB. Kegiatan ini sesuai dengan Program Subbagian Kepegawaian yaitu Pengembangan Kompetensi bagi ASN khususnya yang menangani fungsi Pelayanan seperti tenaga Satpam, Staf unit, Staf Jurusan, Staf Akedemik, Staf Keuangan dan Kepegawaian yang merupakan garda terdepan dalam peningkatan kualitas pelayanan Publik.

Bapak Dr. I Ketut Budarma, M.Par., MMTHRL, Dosen Politeknik Negeri Bali pengampu Mata Kuliah Komunikasi Bisnis dan Outbond Tour Jurusan Pariwisata. Staf ahli Direktur Bidang Kerjasama dengan Materi Service Excellent, Pelayanan Prima dalam membangun komunikasi dengan memperkuat 6 skils bagi pelayan Publik seperti (Atitude, Ramah, melakukan koumikasi efektif, memiliki pengetahuan kerja, bekerja sesuai SOP, Memegang Rahasia lembaga dan memiliki kemampuan memotivasi diri. Hal ini sesuai dengan Program subbagian kepegawaian terkait Pengembangan soft kompetensi Pegawai.

Kegiatan diikuti oleh perwakilan perwakilan setiap Unit yang ada di PNB. Output dari Kegiatan Workshop Pelayanan Prima dapat bermanfaat bagi peserta dan kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. Berbagai macam upaya dan program yang telah dilaukan dalam merancang dan meningkatkan eksistensi dibidang pendidikan profesional. Upaya yang dilakukan adalah dalam memberikan pelayanan prima kepada Mahasiswa/stackholder,diperlukan keterlibatan semua elemen pada PNB menyongsong penetapan PNB sebagai Satker menuju Zona Integeritas Wilayah bersih dari Korupsi (ZI-WBK).

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan, Zona Integritas, Bebas Korupsi

Read more

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2020 - Teknik Elektro - PNB

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 2020 - Teknik Elektro - PNB

Salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu: Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), oleh sivitas Teknik Elektro PNB, Kamis 16 juli 2020 di Br. Dajan Sema Desa Lumbung, Selemadeg Barat Tabanan Bali. Pemasangan PLTS dan penghangat air otomatis untuk kolam benih ikan. PKM dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. baik sdm, peralatan maupun protokol khusus.

Dalam kesempatan itu para dosen dibantu oleh mahasiswa kelas PLN melakukan pemasangan sistem PLTS berkapasitas 4x100 Wp yang akan dipergunakan untuk mensuplai sistem pemanas kolam pembibitan ikan gurami. Jenis ikan sangat sensitif terhadap perubahan suhu, sehingga suhu air kolam harus dijaga stabil agar diperoleh bibit yang sehat.

Instalasi terdiri dari 4 unit solar panel, panel kontrol, 2 unit baterai dan unit pemanas. Dengan sistem ini diharapkan suhu air kolam dapat dipertahankan konstan berkat adanya sensor thermostat yang mengatur nyala sistem pemanas secara otomatis.

Penggunaan sistem PLTS, selain bebas biaya listrik juga ramah lingkungan.  Bagi masyarakat instalasi ini diharapkan dapat menjadi contoh bagimana pemanfaatan energi surya dalam kehidupan sehari hari.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan, Pengabdian Masyarakat

Read more

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Pendampingan dari Ditjen Kemendikbud

PNB. Kamis 16 Juli 2020.

Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Pendampingan dari Ditjen Kemendikbud.

Politeknik Negeri Bali memiliki Komitmen cukup tinggi menuju Satker Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK). Sejak PNB ditetapkan sebagai Unit Kerja ZI-WBK oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, PNB telah diajukan ke MENPAN RB sebagai Unit/Satker ZI-WBK pada tanggal 13 Juni 2020. Menindaklanjtuti hasil Pendampingan Penyiapan Politeknik Negeri Bali menuju ZI-WBK yang dilaksanakan oleh Sekretrariat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud, Ketua Tim ZI PNB yang juga Pudir II (Drs. EC. I Ketut Sukayasa, M.Com., Ak), beserta beberapa anggota Tim ZI langsung menindaklanjuti secara cepat, mengadakan koordinasi dgn unit-unit terkait yang ada di PNB.

Beberapa masukan dari Seditjen Diksi antara lain:

  1. Data Dukung yg disampaikan ke Kemenpan RB itu sudah sesuai dg riil di PNB, data dukungnya harus dipersiapkan dengan baik, pelayanan harus selalu ditingkatkan dan prima untuk meningkatkan citra positif lembaga.
  2. Pemasangan banner-banner himbauan dilingkungan kampus untuk menunjukkan keseriusan PNB untuk menyambut ZI WBK. didesain lebih menarik agar dibaca sivitas akademika dan tamu-tamu.
  3. Disetiap sudut ruangan berisi pesan-pesan terkait kejujuran, integritas, akuntabilitas, responsibilitas dan budaya kerja yang membangun semangat untuk menwujudakan Politeknik Negeri Bali menuju Zona Integritas Wilaya Bebas dari Korupsi.

Demikian arahan ketua tim ZI-WBK Pnb dalam rapat koordinasi dengan unit2 terkait.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Pendampingan Penyiapan Satuan Kerja menuju Zona Integritas Wilayah Bersih dari Korupsi

Pendampingan Penyiapan Satuan Kerja menuju Zona Integritas Wilayah Bersih dari Korupsi

Politeknik Negeri Bali Selasa, 14 Juli 2020. Acara Pendampingan Penyiapan Satuan Kerja menuju Zona Integritas Wilayah Bersih dari Korupsi (ZI WBK) Pokiteknik Negeri Bali oleh Bapak I Made Yudi, S.Pd dan Ibu Ni Made Oka Tyastiari dari Ditjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan,  pendampingan terkait dengan kelengkapan Bukti Pendukung LKE PMPZI, kiat2 pelibatan pegawai saat visitasi Menpan. Kegiatan pendampingan ini bertujuannya utk mewujudkan:

  1. Birokrasi yang bersih dan Akuntabel.
  2. Birokrasi yang Kapable.
  3. Meningkatkan kualitas pelayanan publik yang prima.

DIHARAPKAN sivitas akademika untuk mendukung pelaksanaan program Zona Integritas dan   mempunyai komitmen untuk mendorong perubahan dalam birokrasi, demi terwujudnya ZI dan WBK Politeknik Negeri Bali. (ins)

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Workshop Pembahasan Renstra PKPHI 2021 – 2025

Workshop Pembahasan Renstra PKPHI 2021 – 2025

Kegiatan ini di laksanakan oleh Pusat Kerjasama, Pemberdayaan Aset dan Hubungan Internasional Politeknik Negeri Bali.

Workshop ini sangat penting bagi lembaga sebagai acuan kerja di bidang kerjasama kedepannya. Workshop yang di laksanakan secara online ini, membahas target target yang dicantumkan dalam renstra serta capaiannya, rencana kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, Selasa dan Rabu, dengan nara sumber yang mapan di bidang nya; Dr. Danang Sri Handoko, M.Sc. (UGM)., Dr. Luchis Rubianto, LRSC, MMT. (Polinema)., I Nyoman Abdi, SE, M.eCom (Direktur PNB).

Hasil renstra yang dibahas nantinya mencerminkan dari kondisi PNB yg sesungguh nya, serta apa yg di capai untuk mendukung visi misi PNB, yaitu "Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi Terdepan, Penghasil Lulusan Profesional Berdaya Saing Internasional pada tahun 2025", semoga workshop ini memberi manfaat bagi lembaga, sebagai acuan dalam bekerja ujar Ir. I Wayan Arya, MT. Selaku Pudir IV, Bidang Kerjasama PNB.

Lebih lanjut Nyoman Indah Kusuma Dewi, SE., MBA., Ph.D. selaku Ketua Unit Hubungan Internasional PKPHI PNB mengatakan, dalam penyusunan Renstra PKPHI 2021-2025 yg penting adalah sinergi antara PKPHI dan Jurusan/prodi. Keberlanjutan program kerjasama adalah saling menguntungkan (mutual benefit). Tak kalah pentingnya adalah peranan alumni dalam pelaksanaan kerjasama DN dan LN. Harus ada pedoman kerjasama dan SOP kerjasama yg mengatur kerjasama ditingkat prodi, Jurusan dan PNB yg dipatuhi.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Klinik Konsultan Bisnis Jurusan Administarsi Niaga PNB bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) Area Denpasar 2, gelar WEBINAR

Klinik Konsultan Bisnis Jurusan Administarsi Niaga PNB bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) Area Denpasar 2

Sebagai konsultan bisnis yang salah satunya fokus meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian masyarakat, Klinik Konsultan Bisnis yang berada di Jurusan Administrasi Niaga PNB, bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) Area Denpasar 2 melaksanakan WEBINAR dengan Tema “Tantangan dan Peluang UMKM Dalam Menghadapi New Normal”. WEBINAR dilaksanakan padapada hari Rabu 10 Juni 2020 mulai pukul 09.00- 12.30. Pada WEBINAR kali ini, narasumber yang dihadirkan dalam kesempatan ini adalah Dr. I Ketut Santra, M.Si dengan materi Membangun Jiwa Kewirausahaan dalam Membangun UMKM pada New Normal. Narasumber kedua berasal dari PT Pegadaian, yang sekaligus selaku Deputy Bisnis Pegadaian Area Denpasar 2, Bapak Made Suwandana dengan materi Skema Pendanaan bagi UMKM Era New Normal. 

WEBINAR kali ini diikuti oleh 313 orang peserta yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera, Bandung, Semarang, Samarinda dan Manokwari Papua. Dalam pemaparannya, Narasumber Dr. I Ketut Santra, M.Si menyatakan Jiwa entrepreneur-lah yang mampu bertahan dalam new normal, sehingga sangat penting untuk memupuk jiwa entrepreneur pada setiap orang.

Menurut Made Suwandana, bahwa PT Pegadaian siap membantu para UMKM melalui transformasi program-program yang telah disiapkan kepada masyarakat untuk menghadapi new normal. 

Acara WEBINAR dibuka oleh Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom, yang pada sambutannya berharap bahwa kegiatan ini sebagai salah satu bukti nyata dalam mewujudkan kerjasama dalam konsep “nikah Massal” antara Lembaga pendidikan khususnya PNB dengan instansi lain dan juga DUDI (Dunia Usha dan Dunia Industri). Kegiatan WEBINAR ini merupakan implementasi/langkah nyata dari penandatanganan MoU PNB dengan PT Pegadaian (Persero) Area Denpasar 2, yang telah dilaksnakan secara online pada hari senin 8 Juni 2020.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Jurusan Administrasi Niaga PNB dengan PT Pegadaian (Persero) Area Denpasar 2

Kerjasama (MoU) PT. Pegadaian dengan Jurusan Administrasi Niaga PNB

Dalam rangka terus meningkatkan hubungan kerjasama antara Lembaga pendidikan dan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), hari Senin 8 Juni 2020, Jurusan Administrasi Niaga (AN) PNB melaksanakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (MoU) secara virtual atau video conference.

Dengan penandatanganan MoU ini diharapkan bisa segera direalisasikan dalam bentuk kegiatan nyata yang menguntungkan kedua belah pihak.

Menurut Deputy Bisnis PT Pegadaian (Persero) Area Denpasar 2, Made Suwandana "Pegadaian selalu hadir untuk mengatasi permasalahan masyarakat, sehingga dengan kerjasama ini semakin mendekatkan proses untuk hadir mengatasi masalah yang ada di masyarakat". Dari sambutan Direktur PNB, I Nyoman Abdi, SE., M.eCom., "PNB akan terus berusaha menjalin kerjasama yang bermanfaat dan menguntungkan kedua belah pihak, sehingga visi PNB untuk menjadi Lembaga pendidikan terdepan segera terwujud".

Salah satu bentuk kerjasama dalam waktu dekat akan melaksanakan webinar bersama dengan tema "Tantangan dan Peluang UMKM dalam Menghadapi New Normal", dengan host webinar yaitu Klinik Konsultasi Bisnis Jurusan Administrasi Niaga PNB. Webinar akan dilaksanakan pada hari Rabu 10 Juni 2020.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Webinar Series Magister Terapan Perencanaan Pariwisata 8 Juni 2020: Mencari Jalan Recovery Pariwisata 2020 Keluar dari Pandemi Covid 19

Program Magister Terapan Perencanaan Pariwisata (Tourism Business Planning) Politeknik Negeri Bali melakukan Webinar pada Senin, 08 Juni 2020 via aplikasi Zoom. Webinar series ini tercatat yang pertama di lingkungan PNB. 

Webinar series bertema “Strengthening the Role & Building Resilience toward Tourism Recovery 2020” ini merupakan respons positif program studi ini terhadap intens dan masifnya dampak Corona atau Covid 19 bagi pariwisata, dengan hampir tiadanya wisatawan yang sudi berkunjung dan nyaris matinya industri pariwisata yang ada. Dampaknya kepada masyarakat pariwisata Indonesia, bahkan masyarakat Indonesia secara keseluruhan, tak terhitung lagi. Karenanya, diperlukan segera dan sangat mendesak jalan keluar bagi recovery pariwisata Indonesia 2020, termasuk pariwisata Bali.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Ujian Masuk Online Magister Terapan Perencanaan Pariwisata 2020/2021 Berlangsung Lancar, Kini Dibuka Gelombang 2

 

Program Studi Perencanaan Pariwisata (Tourism Business Planning), Program Magister Terapan, Jurusan Pariwisata, Politeknik Negeri Bali (PNB) yang didirikan berdasarkan Surat Keputusan Menristekdikti No. 1246/KPT/I/2018 berhasil melaksanakan Ujian Masuk 2020/2021 dengan sistem online pada tanggal 17 Mei 2020 pukul 09.00 hingga 13.00 Wita dengan lancer tanpa hambatan. Jumlah calon mahasiswa pelamar yang mengikuti ujian virtual adalah 17. Mereka tersebar berasal dari sejumlah wilayah Nusantara, mulai dari Palembang, Jakarta (2 orang), Sidoarjo, Lombok, Sumbawa, dan Samarinda, serta Bali (Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan, dan Buleleng). Bahkan ada di antara mereka lulusan S-1 luar negeri.

Sebagai ujian daring, para calon mahasiswa Gen 2 (angkatan kedua) atau 2020/2021 Magister Terapan Perencanaan Pariwisata PNB (Matrappar) ini saat ujian masuk berlangsung berada di rumah atau tempatnya masing-masing. Soal-soal dikirimkan secara online dan dijawab secara real-time dan demikian juga tes wawancaranya berlangsung “digital face-to-face”. Astungkara, semua berjalan lancar dan tidak ada kendala sistem maupun yang lainnya, meskipun sebagian besar calon mahasiswa berada di luar Bali, yakni di lokasi yang puluhan, ratusan, dan ribuan kilometer jauhnya dari Pulau Dewata. Kelancaran ini masuk akal karena Matrappar sudah berpengalaman menjalankan kuliah daringnya sejak awal tahun ini.

Mahasiswa baru angkatan kedua Matrappar ini akan memulai kuliah perdananya pada 07 September 2020 yang diawali dengan kegiatan kuliah matrikulasi mulai akhir Agustus. Kuliah matrikulasi yang intinya merupakan penyamaan persepsi mahasiswa tentang ilmu terapan dan perencanaan pariwisata yang bersifat kompleks, multidimensional, dan interdisipliner ini diberikan karena mahasiswa berasal dari berbagai disiplin ilmu, baik lulusan S-1 (sarjana) keilmuan dari universitas, institut, dan sekolah tinggi maupun dari lulusan D-4/S-1 terapan politeknik.

Menurut Ketua Panitia Ujian Masuk Online Matrappar Dr I Ketut Budarma, M.Par, MMTHRL, bila pandemi Covid 19 sudah hilang dan kondisinya sudah normal, seijin pimpinan, Matrappar akan tetap menjalankan kuliah-kuliah onlinenya sebanyak 33% dari keseluruhan kuliahnya. Jadi satu dari tiga hari kuliahnya dalam seminggu (Rabu, Kamis, dan Jumat setiap pukul 17 hingga 21) akan digilir online. Dalam hal ini, tatap muka langsung tetap dibutuhkan agar tercapai keidealan pembelajaran karena Matrappar adalah program magister terapan dan bukan program magister keilmuan seperti di universitas, institut, dan sekolah tinggi. “Bila pandemi corona terus berlanjut tentu akan digelar kuliah-kuliah online, seperti yang sudah dijalankan saat ini sejak mulainya pandemi global ini!”, ujar dosen senior lulusan salah satu universitas di Perancis ini.

Menurut Budarma, berdasarkan keberhasilan menjalankan ujian masuk online dan pengalaman kuliah-kuliah daringnya, Matrappar yang ber-tagline The School of Managers in Tourism ini langsung membuka Gelombang 2-nya. Untuk itu, berikut adalah persayaratan pendaftaran calon mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 Gelombang 2 dan tanggal-tanggal pentingnya: 

 Persyaratan Umum:

  • Pendaftar merupakan WNI yang memiliki ijazah dan transkrip nilai D4/S1 atau WNA yang memiliki ijazah D4/S1 dan memperoleh izin belajar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  • Pendaftar memiliki surat keterangan berkelakukan baik dari kepolisian (syarat ini ditangguhkan bila pandemi Covid 19 masih berlanjut).
  • Pendaftar memiliki surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah/puskesmas (syarat ini ditangguhkan bila pandemi Covid 19 masih berlanjut).
  • Pendaftar mengirimkan pasfoto berwarna terbaru ukuran 3x4 dan 4x6 dengan latar belakang merah masing-masing 4 lembar.
  • Pendaftar mengirimkan kuitansi/bukti pembayaran pendaftaran (Rp. 600.000,00) (enam ratus ribu Rupiah) di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, dengan nomor rekening: 035.01.21.00008-4, nama nasabah: BPN 037 POLITEKNIK NEGERI BALI.

Tanggal-tanggal penting:

  • Pendaftaran online: 25 Mei - 07 Agustus 2020 (di pnb.ac.id).
  • Tes tulis, tes wawancara, tes kepribadian: 16 Agustus 2020.
  • Pengumuman kelulusan: 19 Agustus 2020 .
  • Pembayaran SPP dan lainnya serta pendaftaran kembali: 19-21 Agustus 2020.
  • Matrikulasi: 31 Agustus-05 September 2020.
  • Kuliah dimulai: 07 September 2020.

Informasi pendaftaran dan ujian masuk serta pengumuman kelulusan calon mahasiswa baru Matrappar 2020/2021 dapat dilihat di s2pariwisata.pnb.ac.id, Facebook: magister terapan perencanaan pariwisata, dan Instagram: @matrappar atau email: matrappar@pnb.ac.id dan WA 081239997510.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Read more

Go to top of page