Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Lulusan Teknik Mesin PNB Mampu Membuka Lapangan Kerja Sendiri

Teknik Mesin

Politeknik Negeri Bali (PNB) atau yang dikenal juga dengan Poltek Bali memiliki Jurusan Teknik Mesin yang menyelenggarakan pendidikan profesional berkeahlian terapan di bidang mesin dan energi berkelanjutan yang didukung oleh keilmuan dan mengedepankan hands on experience (praktek) serta melibatkan kegiatan di laboratorium, bengkel – kerja dan industri. Mahasiswa Program studi Teknik Mesin disiapkan untuk menjadi calon – calon tenaga yang mampu meguasai teknik perawatan dan perbaikan berupa perbaikan dan perawatan mesin – mesin industri serta otomotif, sehingga setelah lulus dapat bekerja di semua sektor industri. Demikian juga bagi mahasiswa program studi Teknik Mesin Pendingin dan Tata Udara, mereka diberikan keterampilan mengenai mesin pendingin dan tata udara (TPTU) yang saat ini sangat diperlukan oleh berbagai industri. Lulusan Program Studi TPTU memiliki peluang kerja yang sangat luas, karena semua sektor industri memerlukan mesin – mesin pendingin, sehingga tenaga ahli yang profesional dalam bidang mesin pendingin dan tata udara sangat dibutuhkan di Industri.

Para Lulusan Jurusan Teknik Mesin bukan hanya disiapkan untuk bekerja di Industri, tetapi mereka juga disiapkan sebagai Enterpreneur yang mana mampu menciptakan tenaga kerja sendiri dengan membuka usaha. Hal ini dikarenakan lulusan jurusan teknik mesin juga dibekali materi dan praktik kewirausahaan. Lulusan Teknik Mesin juga disiapkan memiliki kualifikasi kompetensi di bidang pemesinan sehingga mampu bersaing di dunia industri. Beberapa keahlian lebih yang dimiliki seperti: membuat design dan produksi peralatan plat logam; melakukan pengujian bahan teknik dan pengukuran industri; membuat design hidrolik; pelaksanaan pengawasan pemasangan, perawatan, dan perbaikan otomotif; analisis gangguan pada mesin otomotif; mengoperasikan, menganalisis gangguan pompa dan kompresor; dan mengoperasikan. Menganalisis gangguan mesin – mesin pendingin domestik (refrigerasi) dan mesin tata udara (AC) selain itu juga dibekali keterampilan di bidang Teknologi Informasi (TI) serta kemampuan pengelasan baja atau material lainnya.

Dengan kompetensi tersebut jurusan teknik mesin Politeknik Negeri Bali mampu menghasilkan Sumber Daya Manusia yang handal dan profesional dibidang permesinan. Sehingga siap untuk bersaing di industri sebagai pekerja atau pun enterpreneur yang mampu membuka usaha sendiri sehingga membuka lapangan kerja bagi orang banyak.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, Poltek Bali, Teknik Mesin, Teknik Mesin Pendingin dan Tata Udara

Go to top of page