Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Workshop Pembuatan Pedoman Akademik Master Terapan Pariwisata PNB

magister terapan

Kampus pencetak para profesional Politeknik Negeri Bali (PNB) menyelenggarakan “Workshop Pembuatan Pedoman Akademik Master Terapan Pariwisata” di Aula Multimedia Jurusan Pariwisata, Kamis, 13 April 2017. Workshop yang berlangsung meriah ini dihadiri oleh 60 peserta, di antaranya dosen-dosen Jurusan Pariwisata dan para calon dosen master terapan pariwisata PNB yang berasal dari seluruh jurusan di PNB.

Workshop ini merupakan realisasi dari kerjasama PNB dengan ADB melalui PIU-PEDP yang tahun ini (2017) berhasil menelorkan satu program studi baru, sebuah program pascasarjana pertama dan sementara ini satu-satunya di PNB, yakni Program Studi Pariwisata, Program Magister Terapan (PSP PMT). PSP PMT juga dikenal sebagai program magister terapan pariwisata pertama di Indonesia ini, setidaknya di lingkungan pendidikan politeknik. Program ini di banyak kalangan PNB akrab disebut “Magister Terapan Pariwisata” yang disingkat “MaTraPar”.

Tujuan workshop ini adalah mempersiapkan perangkat kelengkapan bagi penyelenggaraan PSP PMT yang sebagaimana diketahui sudah mendapat persetujuan melalui Silemkerma, 19 Januari 2017. Pedoman akademik adalah salah satu perangkat pendidikan yang sangat penting, lebih-lebih di wilayah baru yang bernama “terapan”/applied. Sampai saat ini PSP PMT sudah memiliki grand design kurikulum yang fixed dan kesiapan tenaga pengajar yang mumpuni baik yang berasal dari Jurusan Pariwisata, dari luar Jurusan Pariwisata di PNB, dari luar PNB (Universitas Udayana), dan dari industri pariwisata. Bahkan gedung PSP PMT sudah disediakan PNB, yaitu di sisi barat kampus yang pintu masuknya melalui Jalan Raya Uluwatu.

Workshop menampilkan tiga narasumber yang merupakan pakar di bidangnya masing-masing. Pertama, Dr. Ni Made Ary Widiastini SST.Par., M.Par adalah dosen pendidikan kepariwisataan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja. Kedua, Dr. Anak Agung Rai Sita Laksmi, M.Si., merupakan Sekretaris Program Pascasarjana Universitas Warmadewa Denpasar. Ketiga, I Putu Krisna Arta Widana, SST.Par., M.Par tidak lain lulusan Jurusan Pariwisata PNB tahun 2012 dan alumnus Program Studi Magister Kajian Pariwisata Universitas Udayana sekaligus pelaku industri pariwisata, khususnya bidang transportasi udara.

Secara umum seluruh narasumber, dari perspektif, kepentingan, dan pengalamannya masing-masing, memaparkan relevansi dan signifikansi serta benang merah entitas pedoman akademik dalam penyelenggaraan pendidikan kepascasarjanaan terapan bidang pariwisata. Ketiganya bersepakat, pedoman akademik tidak saja penting bagi mahasiswa tetapi juga bagi tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (staf pegawai). Pedoman akademik yang baik akan menuntun keberhasilan proses pendidikan. Pedoman akademik mutlak dibutuhkan untuk mengarahkan dan memberikan guidance mengenai berbagai kewajiban, tugas, hak, hingga reward dan punishment atas apa yang sudah, sedang, dan akan atau harus dilakukan seluruh pilar pembelajaran, lebih-lebih para mahasiswa.

Dalam sambutan pembukaan workshop, Ketua Jurusan Pariwisata PNB yang diwakili oleh Dr. I Ketut Budarma, M.Par., MMTHRL selaku sekretaris jurusan menyatakan bahwa kehadiran Program Studi Pariwisata, Program Magister Terapan, PNB, hendaknya dijadikan upaya untuk berkolaborasi di era global penuh keterbukaan ini tidak saja antarjurusan di PNB tetapi juga dengan berbagai pihak di luar lembaga. Terkait dengan asal narasumber workshop, kolaborasi telah dilakukan dengan pihak Undiksha Singaraja dan Universitas Warmadewa, lebih-lebih dengan industri pariwisata. Dikatakannya, antarpenyelenggara pendidikan tinggi tidak perlu takut bersaing karena pada dasarnya masing-masing punya posisi, kekuatan, dan keunikannya tersendiri. “Yang penting adalah bagaimana berkolaborasi…,” pintanya secara tegas. Atas penyelengaraan workshop sehari ini, ketua panitia penyelenggara I Gede Mudana, atas nama panitia, dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada segenap pimpinan PNB, utamanya Direktur dan PD I, pimpinan Jurusan Pariwisata, segenap tim PIU-PEDP, serta para dosen Jurusan Pariwisata dan calon dosen PSP PMT yang berkesempatan hadir dan berpartisipasi hingga acara usai.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, Master Terapan, Magister Terapan, Pasca Sarjana Terapan, Pariwisata

Go to top of page