Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Penandatangan Kontrak Penelitian dan Pengabdian PNB 2017

Kontrak penelitian dan pengabdian

Rabu, 19 April 2017, bertempat di gedung Widya Guna Politeknik Negeri Bali (PNB) telah berlangsung acara penandatanganan Kontrak Penelitian dan Pengabdian dengan sumber pembiayaan dana Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti dan DIPA PNB. Tampak hadir membuka acara saat itu Direktur Politeknik Negeri Bali, Kepala P3M PNB, Ketua Unit Penelitian dan Ketua Unit Pengabdian Politeknik Negeri Bali. Peserta yang hadir jajaran Pimpinan, pemenang hibah penelitian dan pengabdian baik dengan sumber dana DRPM dan DIPA PNB.

Acara dimulai dengan pemaparan laporan oleh ibu Dr. Ir. Lilik Sudiadjeng, M.Erg selaku Kepala P3M mengenai tingkat prestasi atas jumlah judul penelitian dan jumlah kegiatan pengabdian. Dalam laporannya ibu Lilik menyampaikan bahwa jumlah judul penelitian meningkat pada tahun 2017 yaitu sebanyak 131 dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berjumlah 83 judul. Sedangkan jumlah kegiatan pengabdian menurun dibandingkan dengan tahun lalu, meskipun demikian jumlah dana pengabdian untuk tahun ini meningkat. Berdasarkan data ini menjadikan tantangan untuk ditahun 2018 nanti yaitu jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat harus naik ≥ 20% dan jumlah publikasi nasional dan internasional harus naik. Beberapa upaya yang dilakukan adalah meningkatkan jumlah alokasi dana penelitian dan pengabdian serta publikasi nasional internasional dengan kerjasama antara pengelola jurnal Politeknik Negeri Se-Indonesia, dan kerjasama dengan pengelola jurnal internasional bereputasi (IOP-UK, ASL-USA, MATEC-FRANCE). Prestasi lain yang diperoleh adalah Peringkat Politeknik Negeri Bali pada tahun 2017 ini juga lebih tinggi dari Polban dan Polinema di bidang penelitian yaitu di peringkat 150 -162 diantara 4000 perguruan tinggi se-Indonesia. 

Setelah Kepala P3M, selanjutnya Ibu Dra. Ni Nyoman Aryaningsih, MM selaku Ketua unit Penelitian memaparkan mengenai penugasan penelitian. Bpk I Gede Nyoman Suta Waisnawa, SST,M.T. selaku Ketua unit Pengabdian menyampaikan materi mengenai penugasan pengabdian. Direktur PNB Ir Made Mudhina, M. T dalam pengarahannya menyampaikan bahwa Politeknik Negeri Bali yang sebelumnya hanya fokus pada dharma pengajaran kini mulai fokus pada dua dharma yang lain yaitu penelitian dan pengabdian. Adapun tantangan yang ingin dicapai di tahun 2018 adalah peningkatan sebanyak 20% pada jumlah penelitian dan pengabdian masyarakat. Mudah-mudahan kegiatan dua dharma ini dapat berjalan dengan baik demi meningkatkan citra PNB dengan semua sumbangsih dari Bapak dan Ibu dosen PNB. Disesi akhir acara dilakukan penandatanganan kontrak yang diwakili oleh para peneliti dari masing - masing skema. 

 

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, Poltek Bali, penelitian, pengabdian, P3M

Go to top of page