Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Seputar Penerimaan Mahasiswa Baru PNB 2017

Jumat, 21 April 2017. Jumlah pendaftar mahasiswa baru Politeknik Negeri Bali jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) sejauh ini telah terdaftar total 4.406 pendaftar yang memilih PNB dan sebanyak 3.363 orang sebagai pilihan pertama. Jalur PMDK diadakan serentak oleh 42 Politeknik Negeri se-Indonesia berlangsung sejak tanggal 7 Februari- 25 April 2017, sehingga jumlahnya dapat bertambah hingga tanggal akhir pendaftaran. Hasil ini sudah melebihi target yang diharapkan yaitu 3000 mahasiswa. Dari data yang didapat pendaftar PNB tidak hanya dari pulau Bali saja, namun berasal dari seluruh Indonesia yaitu dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Hal ini tentu saja karena kemudahan akses melalui sistem pendaftaran online yang telah disediakan.

Kemudahan akses pendaftaran online juga diselenggarakan pada pendaftaran jalur UMPN (Ujian masuk Politeknik Negeri) se-Indonesia dan Jalur Kerjasama PLN yang berlangsung sejak tanggal 17 April-18 Mei 2017. Adapun teknisnya yaitu akan dilaksanakan ujian tulis pada tanggal 20 Mei 2017 untuk UMPN, sedangkan untuk kelas kerjasama PLN 21 Mei 2017.

Mengenai kerjasama Politeknik Negeri Bali dengan PLN pusat, Pembantu Direktur I, Bapak I Putu Mertha Astawa, SE, MM menjelaskan bahwa Politeknik Negeri Bali ditunjuk oleh PLN pusat untuk divisi regional Bali berdasarkan SPK (Surat Perjanjian Kerjasama). SPK ini telah ditandatangani sejak tahun 2016 dengan kuota 50 orang. Dari 317 orang yang mengikuti seleksi, 225 orang yang lolos tes akademik sampai pada tahap akhirnya hanya 39 orang yang lolos karena harus melalui 6 tahapan seleksi. Seleksi yang ditugaskan oleh PLN kepada Politeknik Negeri Bali adalah pada administrasi akademisnya yaitu ujian tulis. Kemudian ada tes kesehatan, tes fisik, wawancara, psikotes yang dilakukan oleh PLN sendiri.

Putu Mertha Astawa berharap dengan semakin banyaknya jumlah pendaftar mahasiswa baru, kompetisi akan semakin baik sehingga kita mendapatkan input-input yang lebih baik. Progress-nya sekarang sudah sangat bagus dari sebelumnya pendaftar hanya 1900, tahun 2016 sekitar 2300an dan sekarang mencapai 3363 melebihi batas target yaitu 3000. Beberapa yang menjadi prodi favorit tahun ini adalah S1 Terapan Akuntansi Manajerial sekitar 800 pendaftar, kemudian S1 Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata dan S1 Terapan Manajemen Bisnis Internasional.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, UMPN, PMDK, Kerjasama PLN

Go to top of page