Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

PolySpeak, Uji Kompetensi Bahasa Inggris Di LKP Widya Mahottama Bangli

Uji Kompetensi

Senin, 24 April 2017 PolySpeak melaksanakan Uji Kompentensi Bahasa Inggris bertempat di Lembaga Kursus dan Pelatihan Widya Mahottama Jl. Tirta Pebini, Bangli. Peserta yang mengikuti uji kompetensi sebanyak 30 orang. Sebagian besar peserta adalah dari Program PKK (Pendidikan Kecakapan Kerja). Kegiatan Uji Kompetensi ini melalui 4 sesi yaitu Reading, Writing, Speaking, dan Listening dengan didampingi tim penguji 2 orang yaitu Bapak I Wayan Dana Ardika, S.S., M.Pd dan Bapak I Made Rai Jaya Widanta, S.S., M.Hum serta pantia 4 orang. 

PolySpeak merupakan salah satu inovasi Unit Lab Bahasa Pusat Politeknik Negeri Bali. Berbagai program yang sudah dibuat PolySpeak antara lain Pelatihan Bahasa Inggris, Pelatihan Bahasa Jepang, Pelatihan Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA), Pelatihan Bahasa Rusia, Pelatihan tes Bahasa Inggris, tes TOEFL, TOEIC dan Uji Kompetensi Bahasa Inggris. Salah Satu Program PolySpeak yang cukup laris adalah Uji Kompetensi Bahasa Inggris yang terdiri dari 3 (tiga ) level yaitu Survival English, Communication English, dan Advance Communication English. Uji kompetensi ini tidak hanya diikuti oleh intern Mahasiswa Politeknik Negeri Bali, tetapi juga dari pihak ekstern yaitu kalangan umum, mahasiswa dan siswa SMA. Beberapa kegiatan uji kompetensi yang sudah dilakukan yaitu kerjasama dengan SMA PGRI Denpasar, Poltekkes, Alfaprima, dan SMK Penerbangan.

Bapak I Nyoman Susila, S.Pd., M.Pd selaku Ketua LKP Widya Mahottama menyampaikan bahwa uji kompetensi ini dilaksanakan karena diwajibkan oleh pemerintah dan diharapakan lulusan – lulusan dari LKP ini berkompeten. Program – program yang dilaksanakan oleh LKP Widya Mahottama ini meliputi Kursus bahasa Inggris dan beberapa Bimbel (Bimbingan Belajar) bagi siswa SD, SMP, dan SMA. LKP Widya Mahottama memiliki beberapa prestasi antara lain; Prestasi Pengelola LKP meliputi Sebagai berikut :
- Tahun 2012 Juara II Tingkat Provinsi Bali
- Tahun 2013 Juara I Tingkat Provinsi Bali
- Tahun 2013 Peringkat ke – 5 di Nasional
Dan prestasi untuk lembaga yaitu tahun 2014 peringkat ke – 2 LKP se-Provinsi Bali, Tahun 2015 Peringkat ke – 3 LKP se-Provinsi Bali. Prestasi – prestasi di atas menjadikan salah satu indikator Lembaga Kursus dan Pelatihan Widya Mahottama lolos dalam Bantuan Sosial dari Pemerintah yang mendapat dana untuk pengelolaan LKP. 

Selain program Uji Kompetensi Bahasa Inggris ini, program lainnya yang sedang berlangsung di PolySpeak adalah Pendaftaran bagi mahasiswa – mahasiswa Politeknik Negeri Bali yang berminat untuk mengikuti kursus bahasa inggris dan bahasa jepang. Sejauh ini sudah 20 orang yang mengikuti tes penempatan kursus bahasa inggris dan 4 orang mendaftar kursus Bahasa Jepang. Bapak I Wayan Dana Ardika, S.S., M.Pd selaku Ketua Unit Lab Bahasa Pusat mengatakan bahwa program – progam PolySpeak untuk mendukung Politeknik Negeri Bali dalam mencapai Visi dan Misi PNB, serta PolySpeak menjamin Lulusannya memiliki daya saing internasional.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, Poltek Bali, Uji Kompetensi, Bahasa Inggris, PolySpeak

Go to top of page