Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Bekerja sama dengan Kemenristekdikti PNB Gelar Workshop Peningkatan Mutu Proposal Penelitian Dosen se-Bali 2017

Peningkatan Mutu Dosen

Kampus pencetak para profesional Politeknik Negeri Bali (PNB) bekerja sama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyelenggarakan workshop peningkatan mutu proposal riset untuk para dosen di lima belas perguruan tinggi yang ada di Bali, di Aston Hotel & Residence, 25-26 April 2017. Workshop dihadiri oleh 100 dosen/peneliti dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terbesar di Bali, seperti Universitas Udayana, Universitas Pendidikan Ganesha, Politeknik Negeri Bali, dan Universitas Warmadewa, serta menampilkan para pembicara nasional, yaitu Prof. Dr. Tien Muchtadi, MS (Institut Pertanian Bogor), Prof. Dr. Ir. Luqman Hakim, MS (Universitas Brawijaya, Malang), Dr. Ir. Eniman Yunus Syamsudin (Institut Teknologi Bandung), dan Prof. Drs. Agus Subekti, M.Sc., Ph.D. (Universitas Negeri Jember).

Para peserta  nampak antusias mengikuti workshop yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dosen/peneliti tentang kebijakan Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), meningkatkan pemahaman dosen/peneliti tentang skema-skema penelitian yang ada, dan meningkatkan kemampuan peneliti dalam menyusun proposal penelitian sesuai standar yang ditentukan, serta meningkatkan pemahaman dosen/peneliti tentang kebijakan Kemenristedikti tentang tingkat kesiapan teknologi (technology readiness level), roadmap (peta jalan) penelitian, kekayaan intelektual, dan perizinan penelitian asing.

Secara umum workshop menyimpulkan bahwa perguruan tinggi seyogianya secara berkesinambungan meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan tiga pilar tridharma perguruan tinggi Indonesia. Pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran untuk menghasilkan bibit unggul yang akan membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih maju. Namun demikian, semua itu harus didukung oleh komponen penelitian yang menyempurnakannya. Ketiganya tidak dapat dipisahkan begitu saja. Karenanya, di tengah semangat meningkatkan terus-menerus pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat, mutu penelitian juga harus ditingkatkan.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, Poltek Bali, Penelitian, P3M

Go to top of page