Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Realisasi Kerjasama PNB dengan HILTON WORLDWIDE

Politeknik Negeri Bali (PNB) telah menyelenggarakan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Hilton Worldwide. Kegiatan penguatan kerjasama ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 8 Desember 2016, di Gedung Widya Guna kampus Politeknik Negeri Bali. Hampir enam bulan setelah penandatangan kontrak, bagaimana realisasi kerjasama Politkenik Negeri Bali dengan Hilton Worldwide?

Rabu, 26 April 2017 bertempat di ruang Sekretaris Jurusan Pariwisata saat diwawancara I Ketut Budarma menjelaskan banyak hal mengenai realiasasi kerjasama Politeknik Negeri Bali dengan Hilton WorldWide. Kegiatan yang sudah berlaku adalah kelas industri secara rutin. Mahasiswa mendapat kuliah umum dari Hilton Worldwide. Pendekatannya ada dua yaitu mahasiswa ke Hilton atau pihak Hilton ke kampus. Bulan Mei ini akan ada kelas professional career development : bagaimana mahasiswa mengalami pembelajaran bintang lima.

Kegiatan yang telah terealisasi lainnya adalah yaitu pemilihan management trainee, Hilton mencari calon-calon manager yang akan dilatih selama 2 tahun dan begitu direkrut sudah mendapat gaji. Pada bulan Maret kegiatan ini telah dilakukan yaitu dengan mengadakan pembekalan langsung di Hilton. Kegiatan ini diikuti bukan hanya oleh mahasiswa jurusan Periwisata tapi juga jurusan Administrasi Niaga dan Teknik Elektro yang merupakan mahasiswa semester akhir maupun alumni yang belum bekerja.

Minggu lalu juga telah diadakan Mess Interview yang mana kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 4. Dengan melakukan interview untuk semester 5 nanti ditempatkan training di jaringan Hilton. Bulan Juni nanti juga ada 10 mahasiswa yang akan ditempatkan di Hilton Malaysia. Yang perlu dilihat adalah mahasiswa yang direkrut dididik untuk dikembangkan. Begitu anak training direkrut, selesai training akan direkrut jika dibutuhkan. Jika tidak, nama-nama mahasiswa training akan masuk di database sehingga jika Hilton membutuhkan staff atau tenaga kerja, Hilton akan memanggil nama-nama yang ada di database. Hilton Worldwide sudah mengangkat Politeknik Negeri Bali sebagai anak angkat satu-satunya di Indonesia. Hilton hanya boleh melakukan aliansi dengan satu sekolah di satu Negara yang ekslusif.

Hotel membutuhkan multiskill. Hilton Worldwide dapat memberikan kesempatan untuk mengisi seluruh jaringan di dunia. Saat ini Politeknik Negeri Bali baru akan mengirim peserta didiknya ke Hilton di Malaysia, kedepannya bisa jadi ke Saudi, atau Maldive.
Kerjasama dengan Hilton ini tidak hanya untuk jurusan pariwisata saja, tetapi semua jurusan di Politeknik Negeri Bali, hal ini yang membuat I Ketut Budarma mengharapkan agar semua ketua jurusan di PNB memanfaatkan fasilitas – fasilitas yang dibuat oleh Hilton, seperti contohnya kuliah industri, Hilton akan membagi ilmu dengan gratis kepada mahasiswa tentang seperti apa berkarir di industri hotel.

Tags: Politeknik Negeri Bali, Hilton Worldwide, Kerjasama, PNB

Go to top of page