Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Politeknik Negeri Bali Juara Umum National Polytechnic English Olympics V Tahun 2017

PNB Juara Umum NPEO V

National Polytechnic English Olympics V (NPEO) tahun 2017 dilaksanakan di Politeknik Negeri Banjarmansin tanggal 7 – 12 Mei 2017. Politeknik Negeri Bali (PNB) dinobatkan sebagai juara umum NPEO V. Hal ini merupakan prestasi luar biasa bagi PNB, setelah mahasiswa PNB meraih prestasi dibidang hibah pengabdian bina desa. Ada empat lomba yang diselenggarakan yaitu : Debate, News Casting, Speech, dan Story Telling. Dalam ajang ini PNB berhasil meraih juara 1 untuk kategori debate (peserta Cyntha Poppy Sugianto & Mika Sundari – Jurusan pariwisata) dan News Casting (I Pande Wayan Rino Pranata – Jurusan Akuntansi). Juara 3 Speech (ari astari) dan harapan 1 Speech (Rias Narayansi) serta masuk rangking 9 katoegor Novice story telling. Selain itu, tim PNB juga menyabet Best Speaker 1 atas nama Cyntha Poppy Sugianto dn Best Speaker 10 atas nama Mika Sundari. Dengan hasil ini PNB keluar sebagai Juara umum NPEO V 2017 dengan total point 79 dibandingkan Politeknik Negeri Bandung 58 Point. Ini adalah kedua kalinya PNB keluar sebagai juara umum NPEO setelah tahun 2014 menorehkan prestasi serupa. I Nyoman Rajin Aryana selaku pantia NPEO tiap tahunnya menyebutkan data peraih juara umum dari tahun 2013 diraih oleh Politeknik Negeri Semarang, 2014 : Politeknik Negeri Bali, 2015 : Politeknik Negeri Sriwijaya, 2016 : Politeknik Negeri Sriwijaya, dan 2017 : Politeknik Negeri Bali

Tahun ini peserta debate ada semacam kegairahan peserta untuk ikut dilihat bertambahnya peserta yaitu sebanyak 37 tim dari 37 Politeknik dan untuk peserta story, speech dan news casting 50 peserta tiap tahunnya. Karena ini lomba yang diadakan setiap tahun sudah tentu persaingan semakin meningkat, apalagi ditahun ini panitia menambahkan beberapa kategori, contoh di lomba debate bagi yang tidak lolos final tiap tim satu orang mengikuti lomba menulis essai, untuk kategori story, speech dan news casting ada namanya kategori Novice yaitu kategori pemula. Mereka yang ada di peringkat 11 – 20 ada dikategori Novice.

Sebagai persiapan mengikuti NPEO V ini, sebelumnya PNB melakukan open recruitment/audisi bagi seluruh mahasiswa PNB yang berminat mengikuti seleksi umum untuk berkompetensi diajang National Polytechnic English Olympics (NPEO) V mewakili PNB. Open recuretment ini baru pertama kali dilakukan, karena sebelumnya PNB mengadakan kompetisi internal, sehingga pemenang di kompetisi internal yang mewakili ajang NPEO. Persiapan untuk seleksi umum ini kurang lebih satu setengah bulan. Selaku Pembina tim NPEO PNB, Rajin Aryana mengatakan “open recruitment ini sebagai alat ke depan untuk melihat seberapa besar motivasi mahasiswa dalam mengikuti lomba, bukan melihat kemampuan tapi motivasi, itu dulu. Kalau mereka termotivasi masalah hasil menang atau kalah dalam mengikuti lomba, itu masih bisa dilatih ”.

“Upaya ke depan untuk NPEO 2018 nanti adalah memasyarakatkan dulu, artinya kita dari Pembina akan merekut di awal semester nanti siapa – siapa saja yang layak untuk bertanding mewakili PNB dan tidak menutup kemungkinan untuk mahasiswa semester awal, karena mahasiswa semester awal ini sebagai invetasi bibit – bibit unggul PNB” ujar Bapak Rajin selaku Pembina. Tim NPEO V PNB dibina oleh ibu Dyah Hudianingsih dan Bapak Nyoman Rajin Aryana. Untuk NPEO 2018 akan diselenggarakan di Politeknik Pos Indonesia, Bandung. Diharapkan PNB bisa menorehkan prestasi yang sama. Karena mempertahankan jauh lebih sulit dibandingkan merebut maka dari itu persiapan NPEO 2018 akan dilakukan dengan semaksimal mungkin dan diharapkan ada dukungan dari pihak intern kampus.

Tags: National Polytechnic English Olympics V, NPEO V, Politeknik Negeri Bali, PNB, Poltek Bali

Go to top of page