Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Menjelang Pengumuman Jalur UMPN Nasional

Selasa, 6 Juni 2017 adalah hari yang dinanti oleh para peserta Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) Nasional, karena pada hari tersebut adalah hari pengumuman kelulusan. UMPN Nasional adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan serentak oleh 43 Politeknik Negeri se-Indonesia. Jadwal, soal, waktu pelaksanaan ujian dan pengumuman kelulusan dilaksanakan serentak. Pendaftaran UMPN Nasional berlangsung sejak tanggal 17 April-18 Mei 2017. Politeknik Negeri Bali (PNB) sebagai kampus vokasi terdepan di Indonesia tahun ini memiliki jumlah pendaftar sekitar 1671 orang untuk jalur UMPN, dengan sebaran pilihan program studi seperti gambar dibawah. Disaat yang bersamaan PNB juga mengadakan seleksi mahasiswa baru jalur kelas kerjasama PLN dengan peserta 356 orang, demikian disampaikan oleh I Nyoman Suyasa Ketua Panitia UMPN Politeknik Negeri Bali. Bersamaan dengan pengumuman kelulusan jalur UMPN Nasional, PNB di hari yang sama membuka pendaftaran jalur UMPN Mandiri (jalur rekrutmen terakhir), cek panduannya >> panduan UMPN Mandiri.

Layanan pendaftaran online melalui http://sion.pnb.ac.id meningkatkan kemudahan akses bagi pendaftar. Seperti yang disampaikan oleh I Ketut Suja Ketua Unit Sistem Informasi Manajemen PNB, sebaran pendaftar berdasarkan wilayah terlihat merata di seluruh kabupaten di Bali dan bahkan pendaftar juga berasal dari 18 provinsi diluar Bali. Pendaftar kini tidak harus datang ke Bali pada proses pendaftaran, cukup hadir saat ujian tulis saja. Selain kemudahan dengan sistem online, PNB juga telah meningkatkan fasilitas dan layanan bagi calon mahasiswa baru diantaranya memberikan layanan informasi melalui email untuk menjawab pertanyaan dan masalah. Selain itu panitia UMPN PNB juga menyediakan komputer di kampus sebagai sarana pendaftaran bagi calon mahasiswa baru yang tidak memiliki akses internet. PNB memudahkan akses pendaftaran dengan mengizinkan penggunaan layanan ekspedisi untuk pengiriman dokumen yang diperlukan, serta pemberian informasi validasi status pada akun SION calon mahasiswa (seperti: dokumen tidak lengkap dan batasan waktu untuk melengkapinya). Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat membantu calon mahasiswa baru untuk mempermudah proses pendaftaran.

Ujian tulis UMPN Nasional telah dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2017. Ujian berjalan dalam waktu sehari dengan dua sesi, sesi 1 untuk Teknologi dan sesi 2 untuk Tata niaga. Daftar mahasiswa baru yang lulus ujian tulis ini akan diumumkan tanggal 6 Juni 2017. Sedangkan untuk kelas regular kerjasama PLN dilaksanakan pada hari ini, Minggu 21 Mei 2017 hanya dengan satu sesi. Kelulusan tes akademik kelas PLN telah diumumkan tanggal 29 Mei 2017. Mahasiswa yang lulus tes akademik akan mengikuti tahap-tahap selanjutnya yaitu psikotes, tes fisik, tes lab dan wawancara yang akan ditangani langsung oleh PLN.

UMPN

Tags: UMPN, PNB, Politeknik, Politeknik Negeri Bali, PNB, Kampus Vokasi Terdepan

Go to top of page