Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

UNIT PERENCANAAN DALAM KEGIATAN PENELAAHAN (REVIEW) USULAN PROGRAM KERJA PNB TAHUN ANGGARAN 2019

review usulan program kegiatan

Perencanaan adalah merupakan tahap awal dalam pelaksanaan proses manajemen suatu institusi. Setiap awal tahun anggaran, Politeknik Negeri Bali (PNB) satker (satuan kerja) Kemenristek-dikti menyusun perencanaan program/kegiatan tahun anggaran (TA) berikutnya dengan alur perencanaan dari atas ke bawah (top to down) terkait kebijakan/program lembaga, dan dari bawah ke atas (down to top atau bottom up) terkait usulan kegiatan tingkat unit-unit kerja.

Pelaksanaan perencanaan di lingkungan PNB dikoordinasikan oleh Unit Perencanaan dan SPI (Satuan Pengawas Internal) yang ditugaskan oleh Direktur selaku Kuasa Pengguna Anggaran(KPA) melalui surat penugasan selaku Tim Perencanaan. Tim Perencanaan melaksanakan koordinasi dengan Pembantu Direktur (PD) I terkait dengan perencanaan program/kegiatan dan PD II selaku Pejabat Pembuat Komitmen(PPK) terkait perencanaan anggaran.

Perencanaan program/kegiatan untuk pelaksanaan TA 2019 diawali dari turunnya kebijakan PNB yang disampaikan Direktur pada rapat Pimpinan (Rapim) tanggal 4 Januari 2018. Tim Perencanaan menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan menyampaikan kepada unit-unit kerja di lingkungan PNB untuk menyusun draft usulan program/kegiatan serta meng-input usulannya pada aplikasi SIPERA (sistem informasi perencanaan dan penganggaran). Pada tanggal 2 Pebruari 2018, Tim Perencanaan melaksanakan verifikasi atas draft usulan tersebut sesuai tupoksi masing-masing. Unit Perencanaan memverifikasi draft usulan terkait kesesuaian program/kegiatan dengan : visi-misi PNB melalui target kinerja pada Renstra 2015-2019, kebijakan PNB tahun 2019, mekanisme dan rancangan kegiatan, produk/luaran, outcome serta arah pengembangan lembaga ke depan. SPI melaksakan verifikasi terkait kesesuaian atau kepatuhan draft usulan anggaran dengan aturan yang berlaku serta pagu anggaran (pagu indikatif).

Hasil verifikasi atas draft usulan tersebut ditindaklanjuti kembali pada acara Rakorbang (rapat koordinasi pengembangan) yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Pebruari 2018 di Hotel Shanti Denpasar. Draft usulan program/kegiatan unit-unit kerja tersebut dibahas dan dikoordinasikan bersama-sama jajaran Pimpinan PNB sebelum ditetapkan menjadi usulan program/kegiatan TA 2019 tingkat lembaga yang akan disampaikan ke Kemenristek-dikti sekitar bulan Maret/April 2018.

Tags: Perencanaan kegiatan

Go to top of page