Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Kerjasama antar Pendidikan Vokasi Indonesia dan Malaysia

Politeknik Negeri Bali kedatangan tamu dari Atase Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, Bapak Mohd Mubarak Bin Shamsuddin, tanggal 16 April 2018. Beliau diterima di Ruang MICE, Jurusan Pariwisata oleh Pembantu Direktur IV Bidang Kerjasama Bapak Ir. I Gede Made Oka Aryawan, MT., Ketua Unit Kerjasama, Pemberdayaan Aset dan Hubungan Internasional (UKPAHI) Nyoman Indah Kusuma Dewi, SE., MBA., Ph.D. Ketua Unit Jurusan Pariwisata I Ketut Suarta, SE., M.Si., Sekretaris Jurusan Teknik Mesin Dr. Putu Wijaya Sunu, ST., MT dan 6 orang anggota UKPAHI.
Kedatangan Bapak Mohd Mubarak Bin Shamsuddin adalah untuk meningkatkan Kerjasama antar Pendidikan Vokasi Indonesia dan Malaysia yaitu antara Politeknik yang ada di Indonesia dan Malaysia.
Pintu kerjasama Internasional pendidikan vokasi yang di kenal dengan istilah T-VET (Technical dan Vocational Education & Training) di Malaysia baru saja dibuka sejak 2017 yang lalu. Beliau menjelaskan bahwa banyak program kerjasama yang dapat dilakukan antara lain student & teaching faculties mobility, research collaboration, joint publication, internship, short course and double degree.
Jumlah Politeknik di Malaysia adalah 36 buah, sedangkan di Indonesia jumlah Politeknik adalah 43 buah. Di Malaysia Politeknik hanya sampai jenjang D3 berbeda dengan Indonesia yang bisa hingga ke jenjang master terapan. Oleh karena itu yang paling mungkin untuk kerjasama khusunya double degree adalah untuk D3 yaitu 1,5 tahun di Indonesia dan 1,5 tahun di Malaysia. Ini adalah peluang yang sangat baik untuk dimanfaatkan oleh Prodi D3 yang ada di Politeknik Negeri Bali karena selama ini tawaran kerjasama untuk double degree hanya untuk Jenjang D4 seperti yang sudah dilakukan oleh Jurusan Pariwisata dan University of Angers maupun tawaran 2+2 dan universitas-universitas di Taiwan yaitu kuliah 2 tahun di Indonesia (semester 1 s.d. 4) dan dilanjutkan dengan 2 tahun di Taiwan (semester 5 s.d. 8) termasuk dengan internship di industri.
Bagi jurusan yang berminat untuk bekerjasama dengan Politeknik di Malaysia silahkan membuka website www.mypoliteknik.edu.my kami dari UKPAHI akan memfasilitasi untuk menghubungkan ke Politeknik yang di pilih untuk menjadi mitra kerjasama melalui Bapak Mubarak.
Semoga internasionalisasi di Politeknik Negeri Bali terlaksana di tahun 2025.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, kampus vokasi terdepan

Go to top of page