Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Webinar Series Magister Terapan Perencanaan Pariwisata 8 Juni 2020: Mencari Jalan Recovery Pariwisata 2020 Keluar dari Pandemi Covid 19

Program Magister Terapan Perencanaan Pariwisata (Tourism Business Planning) Politeknik Negeri Bali melakukan Webinar pada Senin, 08 Juni 2020 via aplikasi Zoom. Webinar series ini tercatat yang pertama di lingkungan PNB. 

Webinar series bertema “Strengthening the Role & Building Resilience toward Tourism Recovery 2020” ini merupakan respons positif program studi ini terhadap intens dan masifnya dampak Corona atau Covid 19 bagi pariwisata, dengan hampir tiadanya wisatawan yang sudi berkunjung dan nyaris matinya industri pariwisata yang ada. Dampaknya kepada masyarakat pariwisata Indonesia, bahkan masyarakat Indonesia secara keseluruhan, tak terhitung lagi. Karenanya, diperlukan segera dan sangat mendesak jalan keluar bagi recovery pariwisata Indonesia 2020, termasuk pariwisata Bali.Menurut Ketua Program Studi Perencanaan Pariwisata PNB I Gede Mudana, Webinar ini merupakan kegiatan sangat strategis bagi Prodi karena beberapa hal. Pertama, ini merupakan pembentukan image lembaga (PNB) yang sangat bagus di mata publik pariwisata nasional dan, secara agak khusus, menjadi promosi langsung maupun tidak langsung bagi Prodi yang berusia satu tahun ini. Dikatakan promosi karena pada saat ini Prodi sedang sibuk melakukan pemasaran dan promosi menuju Ujian Masuk Gelombang 2 yang pendaftaran online-nya di sion.pnb.ac.id ditutup pada 08 Agustus 2020. Kedua, terkait dengan hal tersebut, Prodi ingin menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan virtual dan digital, seperti halnya kelas-kelas online Prodi yang sudah berlangsung sejak awal semester genap ini (sejak Maret tahun ini) adalah sesuatu yang biasa. Artinya Prodi memang digitally friendly sesuai janjinya di awal. Ketiga, dalam konstelasi persaingan antar-Prodi sejenis di Indonesia, Prodi yang berakronim Matrappar (magister terapan perencanaan pariwisata) ini dengan demikian selangkah di depan (istilah kerennya seperti dalam iklan otomotif: semakin di depan) karena ternyata belum ada kompetitor yang tergerak untuk memikirkan Webinar.

Webinar menghadirkan sejumlah pejabat teras perbankan, industri pariwisata, dan asosiasi terkait yang sangat mumpuni di Bali. Mereka adalah Trisno Nugroho MBA (Head of Bank Indonesia Representative in Bali Province), IB Agung Partha Adnyana (Chairman of Bali Tourism Board), Levie Lantu MBA (CEO BaliCEB), IGA Agung Inda Trimafo Yudha (Ketua DPD PUTRI Bali), Gede Gunawan MBA (Senior Country Director Indonesia Agoda International), dan Bagus Ngurah CHA (GM Wyndham Garden). Direktur PNB I Nyoman Abdi SE MeCom akan hadir memberikan welcome remark. 

Beruntung Prodi ber-tagline The School of Managers in Tourism ini memiliki seorang mahasiswa andalan, mantan penyiar terkenal televisi, yang rupanya malang melintang di dunia Webinar. Erika Sedana adalah, meminjam istilah netizen, seorang “Ratu Webinar” karena seringnya tampil dan terutama kualitas yang dimilikinya dalam memandu seminar virtual yang hari-hari ini berlangsung sangat marak di Bali. Ketika ditanya bagaimana perasaannya memandu acara untuk Matrappar nanti, Direktur Moritz Logistics Indonesia ini mengaku sangat senang. “Ya, tentu sangat senang dan bangga bisa berbuat dan memajukan lembaga. Toh saya adalah lulusan PNB!”, seloroh perempuan lulusan Jurusan Pariwisata tahun 2000 ini.  

Selaku Ketua Panitia Webinar Series kali ini, Erika menjelaskan, ternyata begitu banyak peserta yang siap mengikuti acara ini. Dua puluh empat jam pertama (31 Mei 2020 pukul 21.15) dishare e-flyer-nya, 158 peserta yang mendaftar. Rian, Kezia, dan tim yang membantu sampai sangat kerepotan merespons pendaftar, di antaranya karena banyak yang menanyakan tentang informasi Webinar di samping juga nyambung tentang persoalan proses kuliah di Matrappar.  Diperoleh informasi bahwa tak sedikit di antaranya berdomisili di luar Bali, bahkan hampir dari semua pulau besar di Nusantara. 

Syukurlah, semoga acaranya berjalan lancar, dan lebih-lebih bisa menyumbang sesuatu yang signifikan dan bermakna serta benar-benar menyata (konkret) bagi perbaikan pariwisata Indonesia dan Bali yang nyungsep keras sejak merebaknya wabah Covid 19 [Mud]

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Go to top of page