Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

MENANGKAN BERBAGAI HIBAH DIRJEN VOKASI, PNB PERKUAT PROGRAM LINK AND MATCH DENGAN DUDI

MENANGKAN BERBAGAI HIBAH DIRJEN VOKASI, PNB PERKUAT PROGRAM LINK AND MATCH DENGAN DUDI

Program link and match sudah lama digemakan sejak adanya fakta kesenjangan antara kompetensi lulusan perguruan tinggi dengan kompetensi SDM yang dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) di tahun tujuhpuluhan, namun sempat mati suri dan saat ini kembali digemakan secara luas sejak adanya Direktorat Jenederal Vokasi di bawah Kemendikbud RI yang diantaranya memayungi Direktorat Perguruan Tinggi Vokasi dan Profesi dan Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI. Melalui kedua direktorat ini, berbagai hibah kompetitif diluncurkan yang kesemuanya bertujuan untuk memperkecil kesenjangan tersebut sehingga program link and match benar-benar terwujud.

Terkait dengan program hibah kompetitif 2020, Politeknik Negeri Bali (PNB) berhasil memenangkan 5 hibah unggulan yaitu hibah Program Peningkatan Perguruan Tinggi Vokasi (P3TV) Jurusan Pariwisata dan Jurusan Administrasi Niaga, Program Penguatan Kemitraan dengan UMKM, Program Penguatan Bursa Kerja Khusus, dan Program Kampus Pendamping Kemitraan antara Satuan Pendidikan Vokasi dengan DUDI dengan total nilai hampir 3 M. Disamping itu, PNB juga mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan pelatihan dan uji kompetensi bagi calon alumni 2020 dengan biaya sepenuhnya dari Kemendikbud RI. Melalui 5 hibah dan beberapa program tersebut, Politeknik secara intensif terus mengembangkan kemitraan dengan DUDI termasuk didalamya kerjasama dengan pemerintah daerah provinsi/kabupaten/kota se-Bali, baik dari segi jumlah maupun kualitas kemitraan, sehingga kompetensi lulusan PNB benar-benar menjadi idaman DUDI. Menyusul keberhasilan program kelas kerjasama PNB-The Apurva Kempinski Bali, saat ini PNB tengah bersiap meluncurkan Kelas kerjasama Bidang Teknologi Properti Manajemen yang digarap intensif dengan St. Regis Bali & Resort; dan kelas kerjasama bidang perpajakan bekerjasama dengan Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Perjanjian Kerjasama (MoA) sudah ditandatangani di Novotel Mandalika – Lombok Tengah pada tanggal 16 Oktober 2020, dihadiri oleh Learning & Development manager St. Regis Bali Resort Dewa Putrayadnya; Ketua IKPI Bali I Made Sujana, SE, M.Si., Ak, CA. BKP; Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M.eCom yang didampingi oleh Wadir IV Ir. I Wayan Arya, MT. dan Kepala Pusat Kerjasama, Pemberdayaan Aset dan Hubungan Internasional (PKPHI) Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg. Penandatanganan  MoA juga disaksikan oleh Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Bapak Ahmad Saufi. Tahap berikutnya adalah menyiapkan perangkat pembelajaran mulai dari penyelarasan kurikulum, penyiapan kolaborasi pengajar antara dosen PNB dengan praktisi DUDI (Team Teaching), penyusunan bahan ajar, dan diharapkan mulai tahun ajaran baru 2021-2022 sudah bisa menerima mahasiswa baru. Program kemitraan ini merupakan implementasi dari komitmen bersama yang dibangun melalui pakta integritas Forum Tetra Helix PNB yang dibentuk pada tanggal 17 Januari 2020 dan dihadiri oleh lebih dari 400 peserta DUDI Bali.

MENANGKAN BERBAGAI HIBAH DIRJEN VOKASI, PNB PERKUAT PROGRAM LINK AND MATCH DENGAN DUDI

Selanjutnya Direktur PNB menyampaikan bahwa kemaren, 21 Oktober 2020 Pimpinan PNB mendapatkan kesempatan untuk beraudiensi dengan Bapak Gubernur Bali sebagai Ketua Dewan Penyantun PNB untuk melaporkan kinerja dan capaian berbagai prestasi tersebut serta melaporkan tindaklanjut beberapa tugas yang percayakan oleh Bapak Gubernur kepada PNB, diantaranya pengembangan Teknologi Tepat Guna (TTG) pengolah arak Bali yang diharapkan mampu menghasilkan arak dengan rasa khusus yang berhasil menyentuh hati para wisatawan Bali sehingga mempunyai ikatan yang kuat dengan Pulau Dewata ini. TTG lainnya yang juga sedang digarap oleh PNB adalah Pengolah Sampah terpadu untuk menangani berbagai masalah persampahan dalam rangka mewujudkan visi Bali yaitu “NANGUN SAT KERTHI LOKA BALI”.

Tags: PNB, Politeknik Negeri Bali, Kampus Vokasi Terdepan

Go to top of page