PERKUAT PROGRAM LINK & MATCH PNB GANDENG POLNES DAN DUDI KALIMANTAN TIMUR

Samarinda, 22-23 November 2020.

PERKUAT PROGRAM LINK & MATCH PNB GANDENG POLNES DAN DUDI KALIMANTAN TIMUR

Sejak didirikan tahun 1987, Politeknik Negeri Bali (PNB) secara terus menerus selalu berupaya untuk memperkuat Program Link & Match yang merupakan ciri khas pendidikan vokasi. Direktur PNB I Nyoman Abdi menyampaikan bahwa Program Link & Match ini sangat penting untuk terus dikembangkan dan dikuatkan sehingga tujuan pendirian Politeknik di Indonesia yaitu terciptanya lulusan dengan kompetensi yang selaras dengan kebutuhan industri sehingga angka pengangguran terdidik dapat ditekan. Program ini sudah digemakan sejak tahun delapanpuluhan dan secara konsisten dan berkelanjutan PNB terus mengembangkan dan menguatkannya melalui berbagai pola kerjasama. Hingga saat ini PNB sudah memiliki lebih dari 400 Mitra strategis nasional dan internasional dengan berbagai bentuk kerjasama sesuai dengan potensi dan keunggulan yang dimiliki.  Dengan adanya Direktorat Jenderal Vokasi dibawah Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nadhim Makarim, kembali program Link & Match ini didengungkan secara luas dengan mengusung Pernikahan Masal antara Perguruan Tinggi Vokasi dengan Dunia Industri, Dunia Usaha dan Dunia Kerja (DUDI). Tentu saja hal ini menambah semangat PNB untuk mengepakkan sayapnya lebih kuat lagi, tidak hanya di Bali, tetapi juga di luar Bali seperti dengan Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dan DUDI di Kalimantan Timur, bahkan juga dengan DUDI yang berskala Internasional, tambahnya.

Sementara itu Wakil Direktur Bidang Kerjasama I Wayan Arya didampingi Kepala Pusat Kerjasama, Pemberdayaan Aset, dan Hubungan Internasional Lilik Sudiajeng menyampaikan bahwa berbagai pola kerjasama telah dikembangkan oleh PNB dengan tujuan utamanya untuk menyesuaikan dengan pergerakan DUDI dan perkembangan teknologi. Pola kerjasama pertama yang dikembangkan adalah pembentukan Dewan Penyantun PNB dimana secara ex-officio di ketuai oleh Gubernar Bali, Wakilnya adalah Bupati Badung dan anggotanya adalah para ketua asosiasi profesi di berbagai bidang serta praktisi industri. Selanjutnya pembentukan Professional Advisory Council & Quality Assurance yang melibatkan world class industries seperti Hilton World Wide, dan Pola yang dikembangkan di awal tahun 2020 ini adalah Tetra Helix Forum dengan menghadirkan 416 DUDI di Kampus PNB, tepatnya pada tanggal 17 Januari 2020 yang ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas bersama untuk membangun SDM unggul Indonesia Maju. 

PERKUAT PROGRAM LINK & MATCH PNB GANDENG POLNES DAN DUDI KALIMANTAN TIMUR

Untuk pengembangan kemitraan dengan Polnes dan DUDI Kaltim, Ketua Unit Kerjasama dan Pemberdayaan Aset PNB Putu Hermawati didamping oleh Ketua  Pelaksana I Gusti Agung Mas Krisna Komala menyampaikan bahwa program ini merupakan salah satu kegiatan Hibah Kampus Pendamping Kemitraan dari Direktorat Kemitraan dan penyelarasan DUDI Kemendikbud RI. PNB diberikan kepercayaan untuk menularkan praktik baik dalam membangun kemitraan dengan DUDI. Dalam pelaksanaannya, PNB menggandeng 5 Satuan Pendidikan Vokasi, yaitu Polnes, Politeknik Nasional Denpasar, SMKN 1 Tejakula, SMKN 1 Sukasada, dan SMK 4 Denpasar. Khusus untuk kegiatan di Samarinda, hadir unsur DUDI Ketua IHGMA Indonesian Hotels General Managers Association IHGMA Kaltim Adith Raharjo didampingi seluruh GM Hotel di area Samarinda, diantaranya GM swiss-belhotel, aston hotel, bumi senyiur resort, mercure-ibis hotel, dan grand kartika hotel. Dari Bali hadir GM The One Legian Hotel dan Branch Manager Golden Rama Tour and Travel. Puncak acara kegiatan ini adalah penandatangan Perjanjian Kerjasama (MoA) di bidang magang industri untuk mahasiswa maupun dosen, dosen tamu serta penguatan kurikulum dan bahan ajar.