PNB Gelar "Nikah Massal" Segitiga

PNB Gelar Nikah Massal Segitiga

Politeknik Negeri Bali (PNB) bertempat di condrad Bali Hotel menggelar 'nikah massal', Rabu (31/3). Selain industri, kali ini pelaksanaan program tersebut turut menggandeng sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dalam sambutannya, Direktur PNB I Nyoman Abdi, SE., M. eCom menjelaskan, 'pernikahan massal' adalah sebuah terminologi dari Link and Match. Yang kemudian, oleh PNB kembali diterjemahkan secara lebih konkret melalui kelas kerjasama.

Abdi memastikan, kolaborasi semacam itu akan terus diperkuat untuk ke depannya. Yakni bagaimana PNB sebagai lembaga pendidikan vokasi, berkolaborasi dengan Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja (DUDIKA).

Dalam peluncuran kelas kerjasama antara PNB dengan St Regis Bali Resort - Marriott Hotel Group, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia, dan Provinsi Bali, serta peluncuran program SMK D2 Fast Track. Abdi menegaskan, Link and Match atau kolaborasi, pada dasarnya adalah kunci dari penciptaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam Indonesia Maju. Ketika kolaborasi terjalin dengan kuat, dirinya meyakini bahwa PNB selaku lembaga pendidikan vokasi dapat menyumplai SDM berkompeten dan berkarakter dengan hard skill ataupun soft skill yang mumpuni.

PNB Gelar Nikah Massal Segitiga

Penjelasan soal 'nikah massal' juga disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto, ST. M. Sc Ph.D. Nikah massal, kata dia, merupakan istilah lain dari Link and Match. Dengan penggunaan istilah tersebut, diharapkan ada 8 aspek yang dipenuhi. Di antaranya adalah kurikulum, magang, guru tamu, serta pelatihan guru.

"Hari ini, di antara kebijakan nikah massal yang kami rilis, ada yang namanya Program SMK D2 Fast Track. Kenapa? Karena kita tidak ingin lagi SMK jalan sendiri, dan perguruan tinggi vokasi jalan sendiri. Jadi SMK dan perguruan tinggi vokasi itu sekarang dinikahkan, dengan tambahan satu peserta pernikahan.

#PoliteknikAhlinya
#politekniknegeribali
#PNB
#kemendikbud_ri
#dirjenvokasi
#linkandmatch
#nikahmassal