Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Pengembangan Sistem Informasi Politeknik Negeri Bali, Menuju Tata Kelola yang Efektif dan Efisien

“Tertinggal bukan berarti membuat kita menyerah dan pasrah” adalah kalimat yang pantas diberikan pada civitas akademika Politeknik Negeri Bali (PNB). Diakui dalam usianya menjelang 30 tahun, PNB masih belum mampu menyejajarkan diri dengan PT lain dalam mengembangkan sistem informasi bagi kepentingan tata kelola yang akuntabel. Dengan komitmen dan semangat yang kuat dari segenap civitas akademika dan pimpinan institusi, geliat pengembangan sistem informasi PNB mulai tampak.

Tahun 2015 merupakan kebangkitan bagi Politeknik Negeri Bali untuk memulai upaya pengembangan dan penguatan sistem informasinya. Didukung oleh tenaga-tenaga pendidik muda yang handal dan penuh komitmen yang dimotori oleh Unit Sistem Informasi Manajemen, PNB telah memiliki Blue print pengembangan sistem informasi secara lengkap. Peningkatan alokasi anggaran yang diberikan lembaga cukup signifikan peningkatannya. Hal ini menjadi bukti kesungguhan Politeknik Negeri Bali dalam mewujudkan tata kelola yang efektif dan efisien melalui ketersediaan informasi yang memadai bagi pendukung pengambilan keputusan.

Implementasi blue print telah direalisasikan melalui pengembangan berbagai program atas kerjasama yang baik antara dosen, institusi dan mahasiswa prodi Manajemen Informatika. Sejak tahun 2016 sampai dengan Februari 2017, PNB telah memiliki Sistem Informasi Online Terintegrasi (SION) dengan beberapa modul yang sudah aktif diantaranya Sistem Informasi Perencanaan dan Anggaran (SIPERA), Sistem Informasi Aset (SI-ASET), Sistem Informasi Kepegawaian (Simpeg), dan saat ini dalam pengembangan Sistem Informasi Akademik (SIMAK) serta beberapa sistem informasi lainnya. Selain SION, PNB juga telah memiiiki Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian (SIMLITABMAS), Open Journal Systems, dan e-library.

Optimisme Politeknik Negeri Bali menuju pada daya saing internasional pada tahun 2025 mulai tumbuh. Peluang telah terbuka luas bagi PNB untuk mampu mewujudkan cita-citanya. Namun demikian, bagaimana mengelola, memelihara dan mengembangkan sistem informasi secara berkelanjutan  menjadi tantangan yang harus diatasi dengan bijak. (pma)

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, sistem informasi, SION

Go to top of page