Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Seputar Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Bali

Politeknik Negeri Bali adalah merupakan salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia dibawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (Kemristekdikti). Saat ini jumlah Politeknik Negeri yang ada di Indonesia berjumlah 43 politeknik, yang menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi pada berbagai bidang iptek terapan. Sesuai dengan amanat UU No.12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, bahwa penyelenggaraan pendidikan vokasi diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan terapan, keterampilan yang memadai, serta sikap profesional. Melalui proses penyelenggaraan pendidikan yang spesifik, politeknik mampu menghasilkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan industri (siap kerja). Seperti halnya universitas, Politeknik Negeri Bali dalam penerimaan mahasiswa baru menyelenggarakan tiga jalur penerimaan dalam setiap tahun akademiknya. Tiga jalur yang dimaksud adalah:

1. Jalur PMDK-PN, yaitu jalur penelusuran minat dan kemampuan. Jalur PMDK-PN adalah sistem penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan yang diselenggarakan secara nasional oleh 42 Politeknik Negeri di Indonesia. Proses pendaftarannya dilakukan secara on-line pada http://pmdk.politeknik.or.id. Seleksi calon berdasarkan pada kemampuan siswa dalam bidang akademik di sekolah dengan melampirkan raport SMA/SMK/MA dari semester I sampai dengan semester V, serta prestasi siswa dalam bidang iptek, seni-budaya dan olah raga tanpa melalui ujian tulis.

2. Jalur UMPN Nasional (Ujian Masuk satu Politeknik Negeri Nasional) Merupakan jalur seleksi secara tertulis yang diselenggarakan oleh 43 satu Politeknik Negeri secara serentak di seluruh Indonesia. Pelaksanaan pendaftaran dan seleksi tulis dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran secara online melalui http://sion.pnb.ac.id dan ujian tulis pada politeknik terdekat. Penyelenggaraan seleksi dilakukan setelah pengumuman kelulusan siswa.

3. Jalur UMPN-Mandiri Jalur mandiri merupakan jalur penerimaan yang diselenggarakan oleh politeknik masing-masing melalui ujian tulis. Pendaftaran UMPN Mandiri Politeknik Negeri Bali secara online melalui http://sion.pnb.ac.id dan proses seleksi dilakukan secara tertulis melalui Tes Bakat Skolastik (TBS). Masing-masing jalur penerimaan memiliki kuota jumlah calon mahasiswa yang diterima berbeda. Sesuai dengan Kepmenristekdikti, kuota penerimaan pada jalur nasional minimal 60% dari daya tampung Politeknik Negeri dan jalur mandiri tidak lebih dari 15% dari daya tampung. (pma)

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, penerimaan mahasiswa baru, Politeknik

Go to top of page