Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

A Step Forward dengan E-Learning PNB

Politeknik Negeri Bali (PNB) merilis media pembelajaran berbasis E-Learning. Globalisasi menjadi latar belakang dirilisnya media pembelajaran online ini, tentunya PNB tidak mau tertinggal dalam pesatnya arus kemajuan teknologi. Semenjak dirilis pada awal semester ganjil 2016/2017 lalu, E-Learning sudah dapat diakses pada situs kuliah PNB. Menurut Putu Indah Ciptayani selaku anggota pengelola E-Learning, media pembelajaran ini, memiliki tujuan utama khususnya dalam proses pembelajaran di PNB. Pertama, pengajar dapat memberikan materi secara digital yang bisa diakses langsung oleh mahasiswa. Kemudian, dengan E-learning pengajar dapat melaksanakan kelas online dan sekaligus memberikan tugas saat itu juga kendati tidak melakukan kegiatan tatap muka. Terakhir, pengajar dapat melakukan monitoring terhadap perkembangan pembelajaran mahasiswa secara berkala. “Akan dapat dilihat materi apa saja yang diakses, berapa kali, dan sudah sampai mana mahasiswa membaca materi tersebut,” tambahnya. Namun Indah menggarisbawahi bahwa E-Learning tidak akan mengurangi jam tatap muka dan peran pengajar dalam pembelajaran didalam kelas.

Semenjak tersedia pada situs kuliah PNB, E-Learning disambut baik oleh sebagian besar mahasiswa dan pengajar walaupun beberapa diantaranya merasa sedikit kesulitan dalam menggunakannya. Hal tersebut dinilai wajar oleh Indah karena E-Learning masih berada pada tahap sosialisasi. Salah satu pengajar yang sudah memanfaatkan E-Learning dengan maksimal dalam proses pembelajaran adalah Ni Wayan Dewinta Ayuni. Pengajar dari Jurusan Akuntansi ini mengakui bahwa E-Learning sangat memudahkannya dalam mengajar karena dinilai sangat efektif dan efisien. “Saya bisa memberi, mengumpulkan, dan mengoreksi tugas lewat smartphone saja,” imbuh Dewinta.

Selain pengajar, penggunaan E-learning sebagai media pembelajaran memberikan kemudahan dan dampak positif bagi mahasiswa. Menurut Putu Diah Dewantari, E-Learning memungkinkan mahasiswa mengakses tugas kapan dan dimanasaja serta bisa langsung mengerjakannya. Terlebih lagi Diah saat ini berada di semester VII Jurusan Administrasi Niaga, fleksibilitas dari E-Learning ini diakui sangat membantunya. E-Learning memiliki fitur dimana setiap dosen dapat menentukan batas waktu maksimal pengumpulan tugas, sehingga menurut Diah hal tersebut secara tidak langsung akan mendisiplinkan mahasiswa. “Kami sebagai mahasiswa dituntut untuk mengerjkan tugas dengan disiplin waktu yaitu tepat waktu menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen,” paparnya Diah.

 

Tags: e-learning, pembelajaran online, situs kuliah PNB, PNB, Politeknik Negeri Bali

Go to top of page