Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

UPT Bahasa PNB Sebagai Pusat Pelatihan dan Tes Kebahasaan di Bali

Terdepan, profesional, dan berdaya saing internasional merupakan visi dari Politeknik Negeri Bali (PNB). Visi hanya akan menjadi mimpi jika tidak diwujudkan dalam bebagai bentuk usaha. Penjaminan salah satu visi yakni berdaya saing internasional dilakukan dengan menyediakan lab bahasa di setiap gedung jurusan dan lab bahasa pusat yang dibangun tahun 2009 lalu. Menurut I Wayan Dana Ardika, UPT Bahasa akan menjadi wadah bagi dosen, staf, mahasiswa, dan masyarakat umum dalam mengembangkan kemampuan berbahasa nasional dan internasional. “Segenap civitas akademika PNB akan dilatih di lab bahasa sehingga mampu berdaya saing internasional,” tambah Ketua UPT Bahasa PNB tersebut. 

UPT Bahasa memiliki fasilitas berupa satu ruangan multimedia yang salah satunya terletak di gedung D4 Tata Niaga Politeknik Negeri Bali lantai 2 dan dua ruang di gedung Lab Bahasa. Menurut Ardika lab bahasa harus ada karena sangat membantu civitas akademika dalam berbahasa khususnya meningkatkan kompetensi mendengarkan. “kompetensi mendengarkan perlu ditingkatkan agar kompetensi lainnya tidak terganggu, disamping juga belajar bahasa di dalam lab akan lebih menyenangkan,” paparnya.

UPT Bahasa PNB tidak hanya dimanfaatkan oleh intern kampus saja, namun juga pihak luar sebagai pusat pelatihan dan tes kebahasaan di Bali. Sebagai pusat tes kebahasaan di Bali, UPT Bahasa PNB memiliki lima program. Program tersebut yakni program kursus bahasa Inggris, bahasa Jepang, BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) dan Institusional TOEFL PNB yang bersertifikat UPT Bahasa. Kemudian TOEFL ITP yang bersertifikat IIEF Jakarta dan Uji Kompetensi Bahasa Inggris yang bersertifikat Kementerian Pusat Jakarta. Terakhir menyelenggarakan tes BIPA yang bersertifikat Balai Bahasa. Selain program-program tersebut, UPT Bahasa PNB saat ini tengah menjalankan short course bahasa Inggris, Jepang dan Indonesia serta melaksanakan english camp yang diikuti mahasiswa lokal dan asing.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, pusat pelatihan, TOEFL

Go to top of page