Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Politeknik Negeri Bali Peduli Songan

songan.jpg

Bali baru saja berduka. Bagaimana tidak, Desa Songan yang terletak di Kec. Kintamani, Kab. Bangli baru saja mengalami bencana tanah longsor yang tidak hanya mengakibatkan warga kehilangan materi bahkan beberapa warga kehilangan nyawanya. Banyak masyarakat Bali yang bersimpati akan peristiwa ini seperti halnya Politeknik Negeri Bali (PNB) yang tergerak hatinya untuk melakukan aksi sosial turun ke jalan dalam rangka penggalangan dana demi membantu warga Songan.

Aksi penggalangan dana yang bertajuk “PNB Peduli Songan” dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Di hari pertama, Minggu, 12 Februari 2017 jumlah masa yang terlibat dalam aksi penggalangan dana adalah 25 orang. Bertempat di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, dengan keadaan cuaca yang saat itu hujan tidak menyurutkan semangat untuk melakukan aksi sosial yang dilakukan. Kemudian di hari kedua pada Senin, 13 Februari 2017 di tiga titik lokasi yaitu Traffic Light Benoa Square Kedonganan, Traffic Light McD/KFC Jimbaran, dan Traffic Light Taman Griya, aksi penggalangan dana kembali dilakukan dengan masa kurang lebih 100 orang. Dimana pada saat itu cuaca sedang hujan gerimis namun justru menambah semangat PNB yang melakukan aksi penggalangan dana dengan diiringi lagu Totalitas Perjuangan yang semakin membakar jiwa. Lalu pada hari ketiga, Selasa, 14 Februari 2017 aksi penggalangan dana dilanjutkan di dalam areal kampus yang pada saat itu jumlah masa yang terlibat tidak terlalu banyak karena suasana kampus yang tidak efektif sedang libur semester namun masih ada banyak mahasiswa yang pergi ke kampus dan pegawai yang tetap bekerja dimana mereka juga ikut memberikan donasi.

Rabu, 15 Februari 2017 aksi sosial dilakukan langsung di Desa Songan dengan waktu perjalanan yang ditempuh selama 3 jam untuk menuju ke lokasi bencana. Dimana mahasiswa PNB yang terlibat dalam aksi sosial tersebut berkumpul pada pukul 06.00 wita di padmasana PNB dan tiba di lokasi pukul 10.00 wita. Aksi sosial diawali bertemu dengan Kepala Desa Songan yang bernama Bapak Tirta kemudian pergerakan aksi sosial diarahkan di berbagai titik. Adapun aksi sosial yang dilakukan PNB mencakup bentuk sumbangan, yaitu sumbangan dana dari hasil penggalangan dana, sumbangan logistik berupa air mineral dan pakaian bekas serta sumbangan tenaga dengan terjun langsung ke rumah - rumah warga untuk membantu membersihkan rumah warga dan menghibur warga disana. Aksi sosial diakhiri pukul 16.00 wita ditandai dengan penyerahan donasi dari PNB kepada Bapak Tirta selaku kepala desa dengan harapan kejadian ini tidak terjadi kembali dan semoga para korban yang meninggal diterima disisi-Nya. “Semoga pula semangat adik-adik PNB sedikitnya dapat membantu mengurangi beban dan rasa duka dari para warga di Songan,” tuturnya.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, Songan

Go to top of page