Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Berproses dan Berkreasi di Politeknik Negeri Bali

Sebagai lembaga pendidikan tinggi vokasi, Politeknik Negeri Bali (PNB) memiliki komitmen untuk mencetak lulusan siap pakai di dunia kerja. Memasuki dunia kerja mahasiswa dituntut memiliki hardskill yang memumpuni. Hardskill merupakan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Namun, menurut Ni Made Kariati hanya dengan berbekal hardskill tanpa memiliki softskill seseorang tidak akan mampu memenangkan kompetisi didunia kerja. “Tanpa softskill langkah untuk memenangkan kompetisi di dunia kerja akan menjadi berat,” papar Sekretaris Unit Pembinaan dan Pengembangan Kegiatan Kemahasiswaan (UP2KK) PNB tersebut.

Softskill sendiri merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri. Softskill dinilai mampu mengembangkan unjuk kerja secara maksimal. Dalam hal pengembangan softskill mahasiswa, PNB memiliki UP2KK sebagai tangan kanan Pembantu Direktur III dalam bidang kemahasiswaan. Menurut Kariati, UP2KK bertugas merencanakan, melaksanakan, mendampingi, dan mengevalusi kegiatan yang berkaitan dengan kemahasiswaan. “Kegiatan tersebut yakni kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kegiatan yang berkaitan dengan bidang kemahasiswaan itu sendiri,” tambah Kariati.

Kariati memaparkan proses pengembangan softskill di PNB sudah terimplementasikan dengan baik melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan dan program kerja yang dimiliki UKM setiap tahunnya. Selain UKM pengembangan softskill juga sudah dilakukan oleh masing-masing jurusan di PNB melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaannya. Lantas apakah resolusi UP2KK di tahun 2017 ini? Ditanya demikian, Kariati mengatakan bahwa UP2KK tengah mempersiapkan peningkatan kompetensi mahasiswa di bidangnya masing-masing sesuai dengan jurusan. Hal ini dilaksanakan agar hardskill maupun softskill dari mahasiswa semakin meningkat dan berimbang.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, lulusan siap pakai, softskill, kemahasiswaan

Go to top of page