Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Reformasi Layanan Informasi Politeknik Negeri Bali, Tepat Melayani Benar Menginformasi

Keterbukaan informasi publik mempunyai makna strategis dalam mendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good governance). Kelembagaan PPID di Politeknik Negeri Bali (PNB) baru terbentuk menjelang akhir tahun 2016. Sehingga pengelolaan informasi publik di Politeknik Negeri Bali secara umum belum terpusat dalam satu kelembagaan di PPID, data dan informasi publik masih tersebar pada masing-masing unit kerja masih lebih banyak dalam bentuk hard copy dibandingkan dengan informasi yang tersedia dalam bentuk soft copy. Dari sisi layanan Informasi, publik yang membutuhkan informasi dapat dilayani dengan kondisi yang sangat minim. Di tahun 2017 sebagai langkah baru reformasi layanan informasi PNB menggunakan motto "Tepat Melayani Benar Menginformasi".

Hasil evaluasi kinerja PPID PNB di tahun 2016 menunjukkan bahwa kecepatan dan akurasi layanan informasi publik belum secara maksimal mampu dilakukan oleh Politeknik Negeri Bali. Masih membutuhkan waktu yang relatif lama dalam memberikan informasi publik. Disamping itu pula, petugas pemberi layanan informasi belum ditetapkan secara pasti, hampir setiap bagian bisa memberikan informasi publik sesuai dengan permintaan. Dampak dari kondisi ini, akurasi dan validitas informasi masih sangat lemah.

Terkait hasil evaluasi penilaian keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan pada tahun 2016, dalam rangka memberikan layanan informasi yang baik kepada publik, PPID Politeknik Negeri Bali telah menyusun rencana aksi (Renaksi) tahun 2017, antara lain:

  • Penguatan kapabilitas anggota PPID dalam melaksanakan fungsi layanan informasi, pengelolaan sengketa/pengaduan, serta pengelolaan data dan informasi.
  • Update data informasi publik dan review informasi yang dikecualikan bersama-sama dengan unit-unit penyedia informasi
  • Penguatan kapasitas tata kelola kelembagaan PPID
  • Pengembangan layanan informasi publik berbasis website dalam kepentingan untuk mempermudah dan memperluas informasi yang dapat diakses oleh publik dan penyampaian pengaduan
  • Pengembangan sistem informasi dan infrastruktur pendukung dalam kepentingan untuk membantu operasional PPID.
  • Peningkatan mutu layanan PPID dengan mengusung motto “tepat melayani benar menginformasi

Tags: Politeknik Negeri Bali, PPID, PNB, Informasi Publik

Go to top of page