Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Dokumen HKI Politeknik Negeri Bali

Dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi, Politeknik Negeri Bali (PNB) berkomitmen untuk meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Termasuk dalam fasilitasi perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari hasil riset dosen PNB. Perlindungan HKI sebagai wujud perlindungan terhadap Kekayaan Intelektual, mutlak harus didukung, difasilitasi dan dipermudah oleh semua pihak. Melalui kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Dokumen Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Poltek Bali mengundang Dr. Ir. Edi Mulyadi, S.U., dari UPN Veteran, Jawa Timur, dan Prof. Ir. I Nyoman Arya Thanaya, M.E.,Ph.D. dari Sentra HKI Universitas Udayana, Universitas Udayana, Denpasar. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Selasa, 28 Februari 2017 di gedung Widya Guna PNB.

Pada kegiatan tersebut pembicara Dr. Ir. Edi Mulyadi, S.U., menyatakan bahwa para dosen sebaiknya menyempurnakan dan menindaklanjuti hasil penelitian ke pengajuan HKI. Tidak lagi berhenti pada publikasi di jurnal saja. Menurut Direktur Inkubator Bisnis dan Technopark UPN Veteran yang tercatat pemegang 40 paten desain produk industri maupun paten ini, berdasarkan pengalaman nyatanya, keberhasilan meraih hak cipta merupakan penghasilan tambahan yang sangat berarti. Dapat diistilahkan, HKI adalah ATM seumur hidup. Karenanya, para dosen PNB seharusnya mulai melirik wilayah yang satu ini. Pembicara lainnya Prof. Ir. I Nyoman Arya Thanaya, M.E.,Ph.D. dari Sentra HKI Universitas Udayana dalam makalahnya “Hak Kekayaan Intelektual: Penelusuran dan Drafting Paten” menjelaskan berbagai hal mengenai HKI. Para dosen sudah seharusnya mulai menguasai HKI, hak cipta sebaiknya didaftarkan agar terhindar dari sengketa hukum. Terutama kalau hal itu menyangkut kehidupan orang banyak.

Direktur PNB Ir. Made Mudhina, M.T., menyampaikan bahwa PNB telah memiliki kebijakan penganggaran untuk P3M yaitu sebagai salah satu program prioritas PNB di tahun 2017. Selain menyiapkan dana penelitian, PNB melalui P3M juga memberi fasilitas pendampingan, klinik proposal, dll, dengan tujuan dosen-dosen memiliki semangat yang menggeliat dalam penelitiannya. Sejalan dengan itu, Kepala P3M PNB, Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg., menyatakan bahwa acara pendampingan ini merupakan wahana untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan serta menjadi sarana membuka motivasi untuk perolehan HKI terkait dengan keberhasilan di tahun 2017 PNB memenangkan hibah penelitian sejumlah 49 judul (meningkat 12,5%) dan delapan judul program pengabdian kepada masyarakat (naik 25%) dari tahun sebelumnya. Ke depan, dosen-dosen Poltek Bali harus siap dengan HKI setelah keberhasilannya di bidang penelitian.

Tags: Politeknik Negeri Bali, PNB, Poltek Bali, Hak Kekayaan Intelektual, HKI, P3M

Go to top of page