Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

PolySpeak - Master The Language, Conquer the World

PolyspeakPolySpeak salah satu inovasi di Politeknik Negeri Bali (PNB). PNB atau sering disebut dengan Poltek Bali tidak pernah berhenti untuk berupaya mencapai visi berdayasaing internasional. Bahasa internasional sangatlah diperlukan untuk mengembangkan wawasan dan pergaulan internasional. Dengan motto “Master the languages, conquer the worlds” diharapkan dengan penguasaan banyak bahasa generasi muda mampu menguasai dunia. PolySpeak dibentuk sebagai pusat pelatihan dan tes kebahasaan terlengkap di Bali. Berbagai program sudah dibuat PolySpeak antara lain, pelatihan bahasa inggris, pelatihan bahasa jepang, pelatihan bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA), pelatihan bahasa rusia, pelatihan tes bahasa inggris, tes TOEFL, TOEIC, dan uji kompetensi bahasa inggris. Bahkan lembaga ini juga menyediakan jasa terjemahan dalam bahasa inggris dan jepang, sehingga para dosen misalnya yang kesulitan dalam membuat jurnal asing dapat menghubungi kami. Harapannya kedepan, seluruh civitas akademika dan masyarakat umum dapat bekerjasama dan memanfaatkan lembaga ini dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya.

PolySpeak merupakan salah satu inovasi unit Lab Bahasa Pusat. Unit ini berusaha bergerak cepat membuat program-program demi tercapainya visi lembaga. PNB sendiri sampai saat ini memiliki cukup banyak Dosen bahasa yaitu 35 orang dengan bidang keahlian Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang. Karena minat dan pengalaman studi di luar negeri, bahkan beberapa orang Dosen tersebut menguasai bahasa lain secara aktif, seperti Bahasa Rusia dan Bahasa Prancis. Di tahun-tahun sebelumnya, unit lab bahasa pusat sudah melakukan berbagai workshop dan pelatihan bagi para dosen sehingga terbangun wawasan internasional. Pada tahun 2016, unit ini mulai menyusun program-program inovatif bagi civitas khususnya para mahasiswa yang merupakan target utama.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah English Camp di alam, yang pada waktu itu dilaksankan di Bedugul. Para mahasiswa lokal berbaur dengan mahasiswa asing yang ada di PNB untuk berdiskusi, ngobrol santai, dan diselingi berbagai macam permainan dilakukan selama tiga hari dan memakai bahasa inggris. Hal ini tampaknya sangat efektif karena dibawa dengan santai sehingga kesan yang awalnya mereka pikir memakai bahasa inggris itu menakutkan karena susah menjadi hilang. Salah satu saran yang mereka sampaikan pada akhir sesi adalah agar kegiatan English camp dapat dilakukan setiap tahun minimal bagi para mahasiswa.

Dengan pengalaman melakukan workshop dan pelatihan terhadap upaya internasionalisasi PNB tersebut, pada tahun 2017 unit lab bahasa pusat membentuk sebuah lembaga baru yang bernama PolySpeak. Lembaga ini saat ini sedang melalui proses verifikasi pengeluaran ijin operasional dari Dinas Pendidikan Kabupaten Badung. Ijin operasional berupa ijin kursus ini sangat diperlukan untuk meningkatkan kerjasama antara kedua lembaga, khususnya dalam pelatihan para pemuda sehingga berbagai program dapat diselaraskan atau dilakukan bersama-sama. Selain itu, permohonan ijin di Kabupaten Badung juga dikarenakan PNB berada di wilayah Kabupaten ini.

Tags: PolySpeak, Politeknik Negeri Bali, PNB,Poltek Bali, Internasional

Go to top of page