Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Politeknik Negeri Bali Meningkatkan Mutu Konten E-learning Melalui Kegiatan Workshop

situs kuliah pnb

Politeknik Negeri Bali mengadakan workshop “Pembuatan konten e-learning” dalam upaya peningkatan mutu konten e-learning yang dimilikinya. Situs e-learning http://kuliah.pnb.ac.id sudah aktif sejak semester Ganjil tahun ajaran 2016/2017. Sampai saat ini,pemanfaatan e-learning sebagai media pendukung pembelajaran masih harus ditingkatkan, baik dari sisi konten maupun aktivitas di dalamnya. Workshop ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 9-10 Maret 2017. Kegiatan tersebut mengundang seluruh dosen dari setiap jurusan di Politeknik Negeri Bali. Workshop bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kreatifitas dosen dalam menyelenggarakan pembelajaran berbasis elektronik.

Hari pertama workshop lebih difokuskan pada konten e-learning. Dimana pada hari pertama workshop, Politeknik Negeri Bali mengundang dua orang narasumber dari Universitas Pendidikan Ganesha. Kedua narasumber tersebut adalah Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.TI. dan Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd., M.S. Sesi pertama diisi oleh Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.TI. dengan pemaparan mengenai bagaimana e-learning dapat membantu pembelajaran dan sumber-sumber yang dapat dimanfaatkan secara bebas untuk mengisi konten dan melakukan aktivitas seperti penugasan dan quiz di dalam e-learning. Sesi kedua yang diisi oleh Luh Putu Putrini Mahadewi, S.Pd., M.S. lebih banyak membahas mengenai pengembangan konten e-learning yang sesuai dengan profil mahasiswa yang sedang mengambil matakuliah, sehingga konten yang disediakan tepat sasaran dan membantu dalam perkuliahan.

Pada workshop hari kedua, seluruh peserta diajak melakukan praktik dalam pengelolaan kelas dalam e-learning. Tim e-learning PNB memberikan tutorial sekaligus mendampingi pada praktik pengelolaan kelas di hari kedua. Pengelolaan yang dimaksud seperti mengunggah materi perkuliahan, memberikan dan memeriksan penugasan serta quiz, dan melihat log aktivitas mahasiswa di dalam kelas online. Peserta workshop berjumlah 120 orang tersebut sangat antusias langsung mempraktekkan pengelolaan e-learning sesuai dengan account masing – masing. Pada akhir kegiatan tim E-learning menyampaikan terimakasih atas antusias peserta dan menginformasikan bahwa pendampingan e-learning dilaksanakan di ruang unit SIM setiap hari kerja (Senin – Jumat) pukul 10.00 – 15.00.

 workshop e-learning

Tags: e-learning, pembelajaran online, situs kuliah PNB, PNB, Politeknik Negeri Bali

Go to top of page