Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Kemahasiswaan

Mahasiswa merupakan peserta didik yang terdaftar pada salah satu jurusan di lingkungan Politeknik Negeri Bali. Sebagai bagian civitas akademika Politeknik Negeri Bali, mahasiswa disamping mendapatkan kegiatan kurikuler juga ekstrakulikuler yang bertujuan mengembangkan bakat dan kepribadiannya di masa mendatang. Untuk menjalankan kegiatan kemahasiswaan tersebut dibutuhkan suatu wadah atau organisasi kemahasiswan.

Organisasi kemahasiswaan merupakan wadah yang dibentuk berdasarkan azas dari, untuk, dan oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler. Setiap mahasiswa Politeknik Negeri Bali adalah anggota Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Politeknik Negeri Bali. Di Politeknik Negeri Bali organisasi kemahasiswaan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

 

STRUKTUR ORGANISASI KELUARGA BESAR MAHASISWA PNB

Kemahasiswaan

Unsur Organisasi Kemahasiswaan

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan sebagai lembaga legislatif dan yudikatif tertinggi yang mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan organisasi kemahasiswaan di Politeknik Negeri Bali. Dalam melaksanakan tugas - tugasnya MPM dibagi menjadi beberapa komisi yaitu Komisi A : Keilmuan dan Penalaran, Komisi B : Minat dan Bakat, Komisi C : Pengabdian Masyarakat, dan Komisi D : Kesejahteraan Mahasiswa. 

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Eksekutif Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan sebagai lembaga eksekutif tertinggi di Politeknik Negeri Bali. Dalam melaksanakan tugas - tugasnya BEM dibagi menjadi beberapa bidang yaitu Bidang 1 : Keilmuan dan Penalaran, Bidang 2 : Minat dan Bakat, Bidang 3 : Pengabdian Masyarakat, dan Bidang 4 : Kesejahteraan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah organisasi mahasiswa di tingkat jurusan yang melaksanakan kegiatan penalaran dan keilmuan sesuai dengan bidang ilmu jurusan masing-masing. Di Politeknik Negeri Bali terdapat 6 HMJ yaitu Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pariwisata, Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Niaga, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa adalah organisasi pelaksana dalam bidang minat dan bakat. Di Politeknik Negeri Bali sampai saat ini telah berdiri 19 UKM yaitu :

  1. Unit Kegiatan Mahasiswa Junalistik
  2. Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Nasional
  3. Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Daerah
  4. Unit Kegiatan Mahasiswa Karawitan
  5. Unit Kegiatan Mahasiswa Band
  6. Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela (KSR)
  7. Unit Kegiatan Mahasiswa Mapala
  8. Unit Kegiatan Mahasiswa Catur
  9. Unit Kegiatan Mahasiswa Robotika
  10. Unit Kegiatan Mahasiswa English Club
  11. Unit Kegiatan Mahasiswa Jepang
  12. Unit Kegiatan Mahasiswa Komputer
  13. Unit Kegiatan Mahasiswa Sepakbola
  14. Unit Kegiatan Mahasiswa Basket
  15. Unit Kegiatan Mahasiswa Perisai Diri
  16. Unit Kegiatan Mahasiswa Bulu Tangkis
  17. Unit Kegiatan Mahasiswa Tenis Meja
  18. Unit Kegiatan Mahasiswa Voli
  19. Unit Kegiatan Mahasiswa Photonity

Go to top of page