Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Sejarah Politeknik Negeri Bali

Pendidikan Politeknik didirikan pada tahun 1976 yang merupakan kerjasama antara ITB dengan pemerintah Swiss. Karena dinilai berhasil selanjutnya dikembangkan 6 (enam) rintisan politeknik di Indonesia dan dianggap berhasil. Politeknik merupakan satu bagian dari Sistem Pendidikan Nasional khususnya pendidikan tinggi diatur dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 12 tahun 2012 yang mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui jalur pendidikan vokasi. Pendidikan Politeknik membekali lulusannya dengan keterampilan yang didukung dengan pengetahuan dasar teoritis yang cukup dan sikap disiplin yang tangguh. Pada tahun 1984 pemerintah Indonesia mengembangkan kembali Politeknik di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Politeknik Universitas Udayana.

Ditetapkannya Ir. Ketut Kinog dan Drs. Abdullah Jawas sebagai pimpinan Politeknik, melakukan persiapan-persiapan dan setelah dianggap cukup siap maka tanggal 5 Oktober 1987 Politeknik Universitas Udayana memulai kuliah perdananya. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1990 tentang Perguruan Tinggi yang telah direvisi menjadi PP No. 57 tahun 1998, dinyatakan Politeknik seharusnya berdiri sendiri. Persiapan menjadikan Politeknik mandiri dilakukan sejak tahun 1994, yaitu dengan mempersiapkan Statuta, pembentukan Senat Politeknik, dan administrasi lainnya. Politeknik Negeri Bali (PNB) secara resmi dilembagakan pada tanggal 28 April 1997 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 081/O/1997 tentang Pendirian Politeknik Negeri Bali. Peresmian dan penandatanganan prasasti papan Politeknik Negeri Bali dilakukan tanggal 12 September 1997 oleh Sekretaris Jenderal Pendidikan Tinggi.

Politeknik Negeri Bali tidak hanya mengemban misi pendidikan, tetapi juga menerapkan Penelitian dan Tugas layanan sosial (pengabdian pada masyarakat), dengan memanfaatkan SDM yang ada. Khususnya PNB adalah penyelenggara pendidikan tinggi vokasi yang berfokus pada pengembangan keilmuan dan keterampilan pada bidang IPTEKS terapan. Sasaran pendidikan diarahkan pada pembangunan insan cerdas komprehensif dengan mengutamakan pada pembangunan sumberdaya manusia yang profesional, dengan memberikan pendidikan berdasarkan kebutuhan pasar dan industri. 

Go to top of page