Call us: 0361-701981 | E-mail: poltek@pnb.ac.id

pnb Terdepan, Profesional, Berdaya Saing Internasional

Student Mobility Program

Politeknik Negeri Bali (PNB) melalui Unit Kerjasama, Pemberdayaan Aset, dan Hubungan Internasional (UKPHI) telah melakukan upaya internasionalisasi dengan melakukan kerjasama dengan institusi/lembaga di luar negeri. Student mobility program adalah salah satunya. Program ini meliputi kegiatan:

  1. program alih kredit (transfer credit);
  2. pertukaran mahasiswa (student exchange);
  3. magang (internship).

Program alih kredit (transfer credit) dilakukan dengan mitra kerjasama PNB yaitu University of Angers, Angers, Perancis. Program ini antara Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata Jurusan Pariwisata dengan Jurusan Pariwisata University of Angers (ESTHUA). Program ini dimulai sejak tahun 2016, setiap tahunnya mahasiswa yang mengikuti program ini sejumlah maksimum 5 orang masing-masing dari PNB dan ESTUA. Proses seleksi rekrutmen mahasiswa dilakukan oleh Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata bekerjasama dengan UKPHI pada sekitar bulan Maret setiap tahunnya. Program sejenis juga dilakukan oleh Program Studi Manajemen Bisnis Internasional Jurusan Administrasi Niaga dengan International Business Study Program dari Rajamangala University of Phra Nakorn (RMUTP), Bangkok, Thailand.

Pertukaran mahasiswa (student exchange) dilakukan dengan mitra kerjasama dalam hal ini institusi pendidikan. Program ini berupa kegiatan pertukaran mahasiswa berprestasi dari setiap jurusan di PNB. Program ini bertujuan untuk memberikan wawasan internasional kepada mahasiswa PNB dengan tujuan setibanya kembali ke PNB akan menularkannya kepada yang lain. Program ini telah dilakukan dengan RMUTP, Bangkok, Thailand, University of Windesheim, Zwolle, Belanda , dan University of Angers.

Magang (internship) adalah program magang industri di luar negeri dengan memanfaatkan kerjasama dengan mitra di luar negeri. Hal ini telah dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Pariwisata yang melakukan magang di Bangkok dengan difasilitasi oleh RMUTP. Sedangkan PNB menerima mahasiswa ESTIA (Teknologi) University of Angers untuk magang industri di perusahaan mitra PNB di Bali.

Go to top of page