36 Mahasiswa Baru Matrappar Ikuti Matrikulasi 2021

Sebanyak 36 mahasiswa baru Matrappar (Magister Terapan Perencanaan Pariwisata) Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Bali menjalani Matrikulasi dan Kuliah Umum 2021 yang berlangsung full online tanggal 02 hingga 07 September mulai pukul 17.00 hingga 21.00 Wita.

Matrikulasi melalui Zoom ini dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Bali I Nyoman Abdi SE, MeCom yang tampak baru saja mengikuti acara penting lainnya di PNB. Dalam sambutannya Nyoman Abdi menekankan perlunya semua potensi SDM PNB bergerak maju bersama, sehingga dengan demikian PNB menjadi kekuatan yang andal untuk benar-benar menjadi terdepan, profesional, dan berdaya saing internasional. Direktur yang tahun ini berhasil membawa PNB ber-BLU dan lembaganya mencapai 10 besar politeknik di Indonesia ini merasa bangga bahwa sejak Gen-1 para mahasiswa Matrappar sebagiannya adalah GM-GM industri pariwisata.

Ketua Jurusan Pariwisata Prof Ni Made Ernawati MATM, Ph.D Dalam pidato sambutan selamat datangnya menyambut baik hadirnya anggota baru Matrappers. Apalagi mereka datang dari berbagai wilayah di Nusantara, dari Sabang sampai Merauke. Menurut guru besar lulusan magister di Inggris dan doktor di Australia ini, matrikulasi tidak lain adalah proses penyamaan persepsi ilmu terapan kepariwisataan level magister (KKNI jenjang 8) yang multi-, inter-, dan transdisipliner di antara mahasiswa. Fakta membuktikan, para mahasiswa Matrappar sejak dulu datang dari berbagai ragam latar pendidikan sebelumnya.

Matrikulasi diberikan oleh para dosen Matrappar di mana dua di antaranya sudah menjadi guru besar (profesor). Studium generale diberikan secara teoretis-keilmuan oleh Prof Dr Nengah Dasi Astawa SE, MSi, Ketua LLDikti Wilayah 8 Bali-NTB dengan materi “Tourismpreneurship, managementship, leadership” sementara secara praktikal-implementatif oleh Ratu Agung Bagus Ngurah Putra SST.Par, CHA, CHE, GM Wyndham Garden bertajuk “Strategi bisnis hotel menyiasati ketakpastian masa depan: perencanaan, implementasi, dan hasilnya”.

Para mahasiswa Matrappar yang populer disebut Matrappers tahun ini berasal dari semua pulau-pulau besar di Indonesia, dari ujung barat (Sumatera) sampai ujung timur (Papua). Seorang di antaranya adalah lulusan S-1 di Australia. Seluruh mahasiswa angkatan tahun akademik 2021/2022 ini selanjutnya disebut Matrappers Gen3. Mereka adalah generasi ketiga Matrappar.

Sampai saat ini Matrappar sudah meluluskan 23 orang. Semuanya dari Matrappers Gen1 (Angkatan 2019 sebagai generasi pertama). Di luar yang sudah lulus, ada lima mahasiswa yang masih harus melanjutkan program double-degree-nya di Angers University di Perancis. Sementara Matrappers Gen2 di mana tiga di antaranya segera mengikuti double-degree di Perancis saat ini, sambil kuliah, sedang sibuk mempersiapkan pembuatan applied research atau pembuatan projek bisnis untuk kelulusannya tahun depan. [mud]