Kemahasiswaan

Mahasiswa merupakan peserta didik yang terdaftar pada salah satu jurusan di lingkungan Politeknik Negeri Bali. Sebagai bagian civitas akademika Politeknik Negeri Bali, mahasiswa disamping mendapatkan kegiatan kurikuler juga ekstrakulikuler yang bertujuan mengembangkan bakat dan kepribadiannya di masa mendatang. Untuk menjalankan kegiatan kemahasiswaan tersebut dibutuhkan suatu wadah atau organisasi kemahasiswaan. Nama wadah kemahasiswaan di Politeknik Negeri Bali adalah Keluarga Besar Mahasiswa Politeknik Negeri Bali yang selanjutnya disingkat KBM PNB.

KBM PNB merupakan suatu wadah formal tertinggi dan legal yang menaungi semua organisasi dan aktivitas kemahasiswaan Politeknik Negeri Bali yang bertujuan untuk pengembangan diri, memperluas wawasan, dan meningkatkan profesionalisme mahasiswa. Seluruh mahasiswa Politeknik Negeri Bali adalah anggota KBM PNB yang selanjutnya terbagi menjadi Fungsionaris dan Anggota Fungsionaris. Bentuk organisasi kemahasiswaan Politeknik Negeri Bali meliputi organisasi kemahasiswaan MPM, BEM, HMJ, dan UKM. 

STRUKTUR ORGANISASI KELUARGA BESAR MAHASISWA PNB

Kelengkapan Organisasi

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa

Majelis Permusyawaratan Mahasiswa adalah organisasi perwakilan mahasiswa yang mempunyai fungsi serta kekuasaan legislatif dan yudikatif tertinggi di Politeknik Negeri Bali, yang selanjutnya disingkat MPM. Struktur organisasi MPM KBM PNB terdiri dari pengurus inti dan anggota-anggota komisi. Adapun pengurus inti MPM KBM PNB terdiri atas Pimpinan MPM KBM PNB yaitu Ketua Umum dan Sekretaris Umum serta Ketua dan Sekretaris Komisi yang terbagi menjadi Komisi A, Komisi B, Komisi C, dan Komisi D.

 (Instagram @mpm_kbm_pnb)

Link: https://www.instagram.com/mpm_kbm_pnb/

Badan Eksekutif Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan yang mempunyai fungsi serta kekuasaan eksekutif tertinggi di Politeknik Negeri Bali, yang selanjutnya disingkat BEM. Struktur organisasi BEM KBM PNB terdiri dari pengurus inti dan anggota-anggota bidang. Adapun pengurus inti terdiri atas Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris Umum, Sekretaris 1, Bendahara Umum, Bendahara 1, serta Ketua dan Sekretaris Bidang yang terbagi ke dalam Bidang Penalaran dan Keilmuan, Bidang Minat dan Bakat, Bidang Pengabdian Masyarakat, dan Bidang Kesejahteraan Mahasiswa.

(Instagram @bemkbmpnb)

Link: https://www.instagram.com/bemkbmpnb/

Himpunan Mahasiswa Jurusan

Himpunan Mahasiswa Jurusan adalah organisasi kemahasiswaan eksekutif ditingkat jurusan yang dibentuk oleh mahasiswa masing-masing jurusan di Politeknik Negeri Bali, yang selanjutnya disingkat HMJ. Struktur organisasi HMJ KBM PNB terdiri dari pengurus inti dan anggota-anggota bidang. Adapun pengurus inti terdiri atas Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris Umum, Sekretaris 1, Bendahara Umum, Bendahara 1, serta Ketua dan Sekretaris Bidang yang terbagi ke dalam Bidang I (Penalaran dan Keilmuan), Bidang II (Minat dan Bakat), dan Bidang III (Pengabdian Masyakarat dan Kesejahteraan Mahasiswa). Di Politeknik Negeri Bali terdapat 6 (enam) organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan yang terdiri atas:

  1. HMJ Administrasi Niaga

Instagram @himjani_

Link: https://www.instagram.com/himjani_/

  1. HMJ Akuntansi

Instagram @hmjak_pnb

Link: https://www.instagram.com/hmjak_pnb/

  1. HMJ Pariwisata

Instagram @hmjpariwisata

Link: https://www.instagram.com/hmjpariwisata/

  1. HMJ Teknik Elektro

Instagram @hmjte

Link: https://www.instagram.com/hmjte/

  1. HMJ Teknik Mesin

Instagram @hmjteknikmesin_

Link: https://www.instagram.com/hmjteknikmesin_/

  1. HMJ Teknik Sipil

Instagram @sipil_pnb

Link: https://www.instagram.com/sipil_pnb/

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Unit Kegiatan Mahasiswa adalah organisasi kemahasiswaan eksekutif untuk menyalurkan serta mengembangkan minat dan bakat dari mahasiswa Politeknik Negeri Bali, yang selanjutnya disingkat UKM. Struktur organisasi UKM KBM PNB sekurang-kurangnya terdiri dari pengurus inti dan anggota-anggota UKM dengan susunan pengurus inti lebih lanjut akan diatur kembali oleh masing-masing UKM KBM PNB. Adapun pengurus inti terdiri atas Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, Sekretaris Umum, Sekretaris 1, Bendahara Umum, Bendahara 1, dan Divisi-divisi. Di Politeknik Negeri Bali terdapat 19 (Sembilan belas) organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa yang terdiri atas:

1. UKM Band

UKM Band merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat bermusik yang dimiliki oleh setiap mahasiswa di lingkungan Politeknik Negeri Bali.

Instagram @ukmband_pnb

Link: https://www.instagram.com/ukmband_pnb/

2. UKM Basketball

UKM Basketball merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali khususnya dalam bidang olahraga basket.

Instagram @ukmbasketballpnb_

Link: https://www.instagram.com/ukmbasketballpnb_/

3. UKM Bulutangkis

UKM Bulutangkis merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali khususnya dalam bidang olahraga bulutangkis.

Instagram @bulutangkispnb

Link: https://www.instagram.com/bulutangkispnb/

4. UKM Catur

UKM Catur merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali khususnya dalam bidang catur.

Instagram @ukmcaturpnb

Link: https://www.instagram.com/ukmcaturpnb/ 

5. UKM Computer Club

UKM Computer Club merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang komputer khususnya teknologi informasi. UKM Computer Club terdiri atas 4 (empat) divisi yaitu Divisi Office, Divisi Creative Design, Divisi Web, dan Divisi Game.

Instagram @ukmcomputerclub

Link: https://www.instagram.com/ukmcomputerclub/

6. UKM English Club

UKM English Club merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang tata bahasa khususnya Bahasa Inggris.

Instagram @ukmenglishclubpnb

Link: https://www.instagram.com/ukmenglishclubpnb/

7. UKM Jepang

UKM Jepang merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang budaya dan tata bahasa khususnya Jepang.

Instagram @ukm_jepangpnb

Link: https://www.instagram.com/ukm_jepangpnb/

8. UKM Jurnalistik

UKM Jurnalistik merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang pers.

Instagram @redaksimandiri

Link: https://www.instagram.com/redaksimandiri/ 

9. UKM Karawitan

UKM  Karawitan merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang seni tradisional bali khususnya di bidang seni karawitan bali.

Instagram @ukmkarawitanpnb

Link: https://www.instagram.com/ukmkarawitanpnb/

10. UKM Kesenian Daerah

UKM  Kesenian Daerah merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang seni tari khususnya tari bali.

Instagram @kesda_pnb

Link: https://www.instagram.com/kesda_pnb/

11. UKM Kesenian Nasional

UKM  Kesenian Nasional merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang bidang seni khususnya dalam seni modern seperti seni suara, seni teater, dan seni tari atau dance melalui berbagai kegiatan yang kreatif dan inovatif.

UKM Kesenian Nasional dibagi menjadi 3 Divisi yaitu Divisi Seni Suara atau Gita Dewata yang terdiri atas sub paduan suara, accapela, dan menyanyi solo. Divisi Dance atau Bastapoda yang terdiri atas sub modern dance dan k-pop dance cover. Divisi Teater atau Teater Titik Dalam Koma yang terdiri atas sub monolog, puisi, drama modern, pantoret, operet, dan musikalisasi puisi.

Instagram @keseniannasional_pnb

Link: https://www.instagram.com/keseniannasional_pnb/

12. UKM KSR-PMI Unit PNB

UKM  KSR-PMI Unit PNB merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang kemanuasiaan dan kesehatan.

Instagram @ksr_pmi_pnb

Link: https://www.instagram.com/ksr_pmi_pnb/

13. UKM Pecinta Alam

UKM  Pecinta Alam merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali yang bergerak di alam bebas, pada bidang petualangan, lingkungan hidup dan konservasi alam, dan pendidikan maupun kemanusiaan. UKM Pecinta Alam terbagi menjadi 3 Divisi yaitu Divisi Hutan Gunung, Divisi Panjat, dan Divisi SAR.

Instagram @mapala_cakrabhuwana

Link: https://www.instagram.com/mapala_cakrabhuwana/

14. UKM Perisai Diri

UKM  Pecinta Alam merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang bela diri.

Instagram @ukmperisaidiri.pnb

Link: https://www.instagram.com/ukmperisaidiri.pnb/

15. UKM Photonity

UKM Photonity merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang photography, videography dan modeling. UKM Photonity dibagi menjadi 3 Divisi yaitu Divisi Photography, Divisi Videography, dan Divisi Modeling.

Instagram @ukmphotonity

Link: https://www.instagram.com/ukmphotonity/

16. UKM Robotika

UKM Robotika merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang robotika.

Instagram @ukmrobotikapnb

Link: https://www.instagram.com/ukmrobotikapnb/

17. UKM Sepak Bola

UKM Sepak Bola merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang olahraga sepak bola.

Instagram @ukmsepakbolapnb_

Link: https://www.instagram.com/ukmsepakbolapnb_/

18. UKM Tenis Meja

UKM Tenis Meja merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang olahraga tenis meja

Instagram @tenismeja_pnb

Link: https://www.instagram.com/tenismeja_pnb/

19. UKM Volleyball

UKM Volleyball merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa yang memiliki tujuan sebagai wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa/I Politeknik Negeri Bali di bidang olahraga bola voli.

Instagram @ukm_volleyball_pnb

Link: https://www.instagram.com/ukm_volleyball_pnb/