Penguatan Akuntabilitas

Sistem Akuntabilitas Kinerja:

  1. Renstra PNB 2020-2024 - View
  2. Rencana Kinerja Tahunan (RKT) 2020 - View
  3. Penetapan Perjanjian Kinerja 2020 - View
  4. Rencana Aksi 2020 - View
  5. Laporan Kinerja (LAKIN) 2020 - View
  6. Nilai SAKIP - View
  7. Prosedur Perencanaan Kegiatan dan Anggaran PNB - View

Keterlibatan Pimpinan dalam pelaksanaan Akuntabilitas Kinerja

Prosedur operasional usulan kegiatan dan anggaran di Politeknik Negeri Bali dimulai dari Penginputan data usulan draf kegiatan dan anggaran pada SIPERA oleh sub-satuan kerja (Jurusan/Unit/Bagian) dan Pengumpulan bukti cetak usulan draf program kerja (KAK/ToR) sub-satker pada sub-bagian Perencanaan dan SIM. Penetapan kebijakan dan pendistribusian pagu anggaran sub-satker oleh pimpinan dalam Rakorbang (Rapat Koordinasi dan Pengembangan). Revisi usulan kegiatan dan anggaran pada SIPERA oleh sub-Satker.

Pengumpulan bukti cetak usulan kegiatan sub satker pada sub bagian Perencanaan dan SIM dilanjutkan dengan proses penelaahan (reviu) usulan program kerja (KAK/ToR) sub satker oleh Tim Perencanaan (anggota UP dan subag Perencanaan). Dilaksanakan perbaikan usulan sesuai hasil reviu pada SIPERA kemudian melakukan validasi usulan kegiatan (KAK/ToR) sub satker oleh Pimpinan, Tim Perencanaan dan SPI melalui sidang Pleno.

Pengumpulan data dukung sesuai usulan kegiatan sub satker pada sub-bagian Perencanaan dan SIM dilanjutkan verifikasi dokumen dan penyusunan berita acara penetapan usulan kegiatan sub-satker. Menyusun laporan dan penyerahan berita acara oleh Tim Perencanaan kepada Direktur (KPA) melalui Wadir II. Melakukan kompilasi dan finalisasi dokumen institusi (RKA K/L) dilanjutkan dengan Review Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud-ristek).

Dalam hal penyusunan perjanjian kinerja (PK), melalui penjabaran Renstra PNB 2020-2024, Indikator Kinerja Umum (IKU) PNB yang selaras dengan IKU Kemdikbud-ristek dan arah kebijakan pimpinan lembaga. Dilanjutkan dilakukan sosialisasi perjanjian kinerja. Dilakukan penetapan perjanjian kinerja (PK) dengan Eselon I Kemdikbud-ristek dan perjanjian kinerja (PK) dengan sub-satker PNB (Jurusan/Bagian/Unit)

Pengelolaan Akuntabilitas Kinerja

Pengelolaan akuntabilitas kinerja dimulai dengan menyusun rencana, menyusun perjanjian dan membuat rencana aksi berdasarkan target kinerja dari perjanjian kinerja (PK). Pemantauan terhadap target-target IKU yang ditetapkan Renstra PNB dilakukan setiap tahun. Pengukuran kinerja melalui target-target IKK sesuai dengan PK, dilanjutkan dengan pengiriman dokumen ke sistem e-Kinerja.

Hasil pengukuran kinerja disusun dalam bentuk Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (Lakin/LAKIP) pada setiap akhir tahun. Hasil evaluasi kinerja termasuk pemantauan serapan fisik dan anggaran dengan pengiriman bukti laporan ke sistem Simproka. Capaian kinerja masing-masing indikator kinerja di-input per triwulan. Kelengkapan pelaksanaan akuntabilitas kinerja dinilai dengan target rata-rata predikat SAKIP. Peningkatan mutu dokumen SAKIP dilakukan secara terukur dan berkesinambungan.

Politeknik Negeri Bali secara periodik/pertahun juga mengirim dokumen SAKIP seperti : Renstra, IKU, Renja/RKT, Perjanjian Kinerja, Rencana Aksi, dan Laporan Kinerja ke sistem aplikasi e-SAKIP REVIU Kementererian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokarasi ( Laman : www.esr.menpan.go.id ) sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan Akuntabilitas kerja instansi pemerintah dan sarana penyampaian laporan kinerja secara online.

PROGRAM DAN INOVASI AKUNTABILITAS KINERJA

1. Bimtek SDM Akuntabilitas Kinerja. Pelatihan Penyusunan LAKIP.

Sebagai upaya penguatan kompetensi tenaga pengelola akuntabilitas kinerja di Politeknik Negeri Bali, maka dilaksanakan program pelatihan penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) sebagai bagian dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Pada tahun 2020, SAKIP Politeknik negeri Bali mendapatkan predikat A (Memuaskan, Memimpin Perubahan, Berkinerja Tinggi, dan Akuntabel) dengan nilai 80,37.

Bimtek SDM

sakip

 

2. Sistem Perencanaan dan Penganggaran (SIPERA) (https://sion.pnb.ac.id)

Politeknik Negeri Bali berkomitmen melakukan reformasi belanja negara dalam rangka penguatan efisiensi untuk belanja kebutuhan dasar, efektivitas belanja prioritas dengan penekanan pada pelaksanaan anggaran berbasis pada hasil (result based) serta penguatan kapasitas kebijakan perencanaan dan penganggaran yang baik. Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan pengembangan Sistem Perencanaan dan Penganggaran (SIPERA).
Sub-satker PNB (Jurusan/Bagian/Unit) juga diharapkan dapat merumuskan informasi kinerja dengan tepat, sehingga evaluasi kinerja dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Hasil evaluasi kinerja anggaran nantinya dapat dimanfaatkan, salah satunya untuk pemberian penghargaan bagi sub-satker. Seperti diketahui, Indikator Kinerja, Standar Biaya, dan Evaluasi Kinerja merupakan syarat Penganggaran Berbasis Kinerja.

 

 

 

 

 

KEGIATAN TERKAIT PENGUATAN AKUNTABILITAS